Lafal Doa Qunut Subuh Sendiri beserta Keutamaannya, Amalan Sunah yang Penuh Pahala

Reporter : Arini Saadah
Senin, 23 Januari 2023 08:03
Lafal Doa Qunut Subuh Sendiri beserta Keutamaannya, Amalan Sunah yang Penuh Pahala
Menurut madzhab Syafi’i dan Maliki, membaca doa qunut subuh hukumnya sunah.

Dream - Sebagian umat Islam melaksanakan qunut saat menunaikan ibadah sholat subuh. Doa ini sunah dibaca pada saat menjalankan salah satu dari sholat fardhu itu sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad, " Rasulullah SAW senantiasa membaca qunut ketika sholat subuh sehingga beliau wafat.” (HR. Ahmad)

Qunut artinya doa, yaitu doa yang dibaca saat menjalankan sholat subuh. Tepatnya setelah i'tidal sebelum sujud pada rakaat kedua.

Hukum membaca qunut saat sholat subuh masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Para pengikut madzhab Syafi’i dan Maliki berpendapat membaca doa qunut subuh hukumnya sunah. Sementara Imam Nawawi menyebutkan hukum membaca doa qunut adalah sunah muakkad.

Jadi, berdasarkan pendapat Imam Nawawi tersebut apabila doa qunut subuh ditinggalkan, maka tidak akan membatalkan sholat dan dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi, baik ditinggalkan secara sengaja atau pun tidak.

Jika sholat subuh berjamaah, makmum hanya membaca amin saat imam melafalkan doa qunut subuh. Akan tetapi ketika sholat subuh munfarid, maka Sahabat Dream harus melafalkan doanya sendiri. Lantas bagaimana bacaan doa qunut subuh sendiri? Mari simak doa qunut subuh sendiri selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Doa Qunut Subuh Sendiri

Terdapat sedikit perbedaan antara bacaan doa qunut subuh sendiri dengan berjamaah. Agar lebih jelasnya, langsung simak lafal doa qunut subuh sendiri berikut ini:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa 'aafinii fii man 'aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu man waalaiit.

Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“ Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

2 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Doa Qunut Subuh Sendiri

Meskipun sholat subuh munfarid, Sahabat Dream disunahkan membaca doa qunut subuh sendiri. Karena doa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Doa Agar Diberi Petunjuk

Keutamaan membaca doa qunut subuh sendiri yang pertama adalah sebagai doa agar diberi petunjuk oleh Allah SWT. Hal ini karena di dalam bacaan doa tersebut ada yang berbunyi: 'Allahummahdinii fii man hadaiit.' Doa ini sebagai ungkapan permintaan petunjuk seorang hamba kepada Allah SWT.

2. Doa Agar Mendapatkan Perlindungan

Doa qunut subuh sendiri juga berisi doa agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Sebagaimana lafal berikut ini: wa’aafinii fii man ‘afaiit yang artinya 'kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang sudah diberikan keselamatan.'

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Nikmat dan Rasa Syukur

Doa qunut subuh sendiri juga dibaca sebagai harapan agar Allah SWT meningkatkan nikmat dan rasa syukur kepada hamba-Nya. Permohonan ini tersimpan pada kalimat 'wabaariklii fiimaa a’thoiit' yang artinya 'berkahilah aku apa yang telah Engkau kasih.'

4. Doa Agar Terhindar dari Penyakit

Selanjutnya, keutamaan doa qunut adalah juga sebagai doa agar kita terhindar dari penyakit. Sebagaimana terdapat dalam kalimat yang berbunyi wa’aafini fii man hadait yang artinya 'berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan'.

Demikian itulah bacaan doa qunut subuh sendiri beserta keutamaannya. Semoga bermanfaat!

4 dari 5 halaman

Bagaimana Jika Sholat Subuh Tanpa Doa Qunut?

Penggunaan bacaan qunut dalam sholat subuh terdapat perbedaan di kalangan ulama. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, menurut madzhab Syafi’i dan Maliki membaca doa qunut saat sholat subuh adalah hal yang dianjurkan. Pandangan tersebut berdasar pada hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik berikut ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad).

Kemudian dari sudut pandang madzhab Hanbali dan Hanafi, membaca doa qunut saat sholat subuh tidaklah dianjurkan. Pandangan ini dengan berdasar pada hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut:

Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut ketika shalat fajar (shalat Subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum.” (HR Muslim).

Lalu ada juga hadis lainnya yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad saw membaca doa qunut selama satu bulan. Hal ini bertujuan untuk mendoakan satu kelompok dari Bani Sulaim. Dan kemudian beliau tidak melakukannya lagi. Berikut adalah hadisnya yang diriwayatkan oleh Bukhari:

Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi.”

5 dari 5 halaman

Tata Cara Doa Qunut Subuh Sendiri dan Jamaah

Dalam membaca doa qunut subuh tentunya harus dilakukan secara benar. Baik itu saat sholat sendiri atau munfarid maupun secara berjamaah. Cara yang dilakukan haruslah sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Berikut adalah tata cara doa qunut subuh sendiri dan jamaah yang perlu sahabat Dream perhatikan:

Tata Cara Doa Qunut Subuh Sendiri

Berikut adalah tata cara doa qunut subuh sendiri yang perlu sahabat Dream ketahui:

  • Bacaan doa qunut subuh dilafalkan pada saat rakaat kedua.
  • Doa qunut subuh dibaca setelah gerakan rukuk dengan mengangkat kedua tangan seperti seseorang sedang berdoa.
  • Doa qunut sebaiknya dibaca dengan suara yang pelan.
  • Dalam bacaannya menggunakan lafal “ ihdini” yang berarti “ berilah aku petunjuk”.

Tata Cara Doa Qunut Subuh Berjamaah

Berikut adalah tata cara doa qunut subuh berjamaah yang perlu sahabat Dream ketahui:

  • Bacaan doa qunut subuh dibaca pada saat rakaat yang kedua setelah gerakan rukuk.
  • Imam dan makmum sama-sama mengangkat kedua tangan saat membaca doa qunut layaknya seseorang sedang berdoa.
  • Imam membaca doa qunut subuh dengan suara yang pelan, tetapi masih bisa didengarkan oleh makmum.
  • Makmum hanya perlu mengaminkan saja doa qunut yang dibaca oleh imam.
  • Dalam bacaan doa qunut secara berjamaah menggunakan lafal “ ihdina” yang berarti “ berilah kami petunjuk”.

Demikian itulah bacaan doa qunut subuh sendiri beserta keutamaannya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar