Macam-Macam Ikhfa beserta Contohnya agar Bisa Membaca Quran dengan Benar

Reporter : Arini Saadah
Senin, 22 Agustus 2022 10:47
Macam-Macam Ikhfa beserta Contohnya agar Bisa Membaca Quran dengan Benar
Membaca Al-Quran sesuai dengan ilmu tajwid hukumnya fardlu 'ain.

Dream - Setelah menguasa cara membacanya, setiap muslim sangat dianjurkan melafalkan Al-bacaan Quran dengan benar dan tepat. Pengucapan yang salah akan menyebebkan arti atau makna dari surat yang dibaca bisa keliru.

Salah satu cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar adalah dengan belajar ilmu tajwid serta makhraj huruf atau pelafalan huruf hijaiyah yang benar.

Ilmu tajwid merupakan suatu ilmu yang isinya mempelajari cara mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam Al-Quran. Menguasai ilmu tajwid diperlukan agar bacaan Al-Quran yang kamu ucapkan terhindar dari kesalahan. Pengucapan ayat Al-Quran yang keliru bisa menyebabkan perubahan makna yang fatal.

Untuk mereka yang sudah mahir membaca Al-Quran, hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardlu kifayah. Sementara membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid hukumnya fardlu ain.

Salah satu hukum dalam ilmu tajwid adalah ikhfa. Tidak hanya satu, macam-macam ikhfa ada banyak. Dalam artikel kali ini Dream akan mengulas tentang macam-macam ikhfa. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Macam-Macam Ikhfa

Macam-macam ikhfa merupakan hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang tak kalah penting untuk dipelajari. Sebab macam-macam ikhfa tidak hanya ada satu, melainkan ada beberapa yang pengucapannya pun tentu saja berbeda.

Secara bahasa, ikhfa artinya samar atau menyamarkan atau menyembunyikan huruf tertentu ke dalam huruf sesudahnya dan dibaca ghunnah atau dengung. Lantas apa saja macam-macam ikhfa?

1. Ikhfa Haqiqi

Macam-macam ikhfa yang pertama adalah ikhfa haqiqi yang merupakan bagian dari hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Terdapat 15 huruf dalam pembahasan ikhfa haqiqi. Artinya apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu dari ke-15 huruf tersebut, maka disebut hukum bacaan ikhfa haqiqi.

Apabila kamu mendapati hal demikian, maka nun sukun atau tanwin itu harus dibaca secara samar antara bacaan izhar dan idgham.

2. Ikhfa Syafawi

Selain ikhfa haqiqi, macam-macam ikhfa yang kedua adalah hukum bacaan ikhfa syafawi. Berbeda dengan jenis ikhfa sebelumnya, ikhfa syafawi merupakan bagian dari hukum bacaan mim sukun. Huruf ikhfa syafawi pun hanya ada satu, yaitu ba’. Sehingga apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf ba’ maka cara membacanya samar-samar pada bibir sekaligus didengungkan. Artinya, kalimat ini termasuk hukum bacaan ikhfa syafawi.

2 dari 5 halaman

3. Ikhfa Kubra atau Ikhfa Aqrab

Selanjutnya ada yang dinamakan hukum bacaan ikhfa kubra atau ikhfa aqrab, yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih dekat pengeluarannya pada huruf hijaiyahnya, dengan makhraj huruf nun. Huruf-huruf ikhfa kubra antara lain ta', dal, tha'. Suara yang dihasilkan dari bacaan ikhfa kubra ini nantinya mendekati bunyi N dan suara berdengung lalu ditahan dua ketukan.

4. Ikhfa Sughra atau Ikhfa Ab’ad

Tak hanya ikhfa kubra, ada pula hukum bacaan yang dinamakan ikhfa sughra, yaitu jika ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yang lebih jauh pengeluaran huruf hijaiyahnya dari huruf nun.

Huruf-huruf yang termasuk ke dalam ikhfa sughra ini adalah qof dan kaf. Hukum Ikhfa Sughra dibaca dengan berdengung tetapi dengan ukuran pendek. Biasanya bacaannya akan mengarah kepada bunyi “ ng”.

3 dari 5 halaman

5. Ikhfa Wusta atau Ikhfa Ausat

Macam-macam ikhfa yang terakhir adalah ikhfa wusta atau disebut juga ikhfa ausat. Pengertiannya yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa yang tidak jauh serta tak dekat dengan huruf nun.

Bacaan ikhfa wusta akan mengarah kepada bunyi “ n-ng” sedangkan huruf fa akan mengarah kepada bunyi “ m-f”. Deretan huruf yang tergolong ikhfa wusta yaitu Ta', Jim, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Zha, Fa'.

Demikian itulah penjelasan tentang macam-macam ikhfa. Berikutnya kita pelajari contoh-contohnya:

4 dari 5 halaman

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Semua contoh berikut ini dibaca dengan samar dan mendengung.

1. Nun sukun bertemu dengan huruf dal.

وَ مِنْ دُوْنِهِمَا جَنَّتٰنِ

Waminng duunihimaa jannataan

 

2. Tanwin bertemu dengan huruf tsa’.

مَا ءً ثَجَّا جًا

Maa-anng tsajjaajaa

 

3. Nun sukun bertemu dengan huruf kaf.

اِنْ كُنْتُمْ

In kunngtum

 

4. Tanwin bertemu dengan huruf jim.

عَيْنٌ جَارِيَةٌ

‘aynunn-jaariyah

5 dari 5 halaman

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Agar lebih jelas memahami pengertian dan cara bacanya, perhatikan baik-baik contoh bacaan ikhfa syafawi berikut ini:

1. Surat An-Nazi’at ayat 14

فَاِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِۗ

Faidzaahumm-bissaahirah

Mim sukun dibaca mendengung dan samar membentuk bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 hingga 3 ketukan.

2. Surat At-Takwir ayat 22

وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُوْنٍۚ

Wamaa shaahibukummm-bimajnuun

Mim sukun dibaca mendengung dan samar membentuk bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 sampai 3 ketukan.

3. Surat Al-Ghasyiyah ayat 22

لَّسْتَ عَلَيْهِمْ بِمُصَيْطِرٍۙ

Lasta ‘alaihimmm-bimushaithirin

Mim sukun dibaca mendengung dan samar mengeluarkan bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 sampai 3 ketukan.

Beri Komentar