Detik-Detik Menegangkan Mesin Pesawat Terbakar Saat di Udara Terekam Kamera, Puing-Puing Berjatuhan

Reporter : Sugiono
Selasa, 27 September 2022 16:34
Detik-Detik Menegangkan Mesin Pesawat Terbakar Saat di Udara Terekam Kamera, Puing-Puing Berjatuhan
Selain percikan api berkali-kali, pesawat tersebut juga menjatuhkan beberapa puing berukuran cukup besar dalam kondisi terbakar.

Dream - Sebuah kejadian menegangkan dialami penerbangan United Airlines sesaat setelah lepas landas dari Bandara Newark, Amerika Serikat.

Akibat kejadian tersebut, penerbangan dari Newark, New Jersey, ke Sao Paulo, Brasil, itu terpaksa dibatalkan karena sangat membahayakan.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Twitter @FlightEmergency tampak detik-detik pesawat United Airlines terpaksa putar balik ke bandara keberangkatan.

1 dari 6 halaman

Terlihat dalam video, pesawat dengan nomor penerbangan UA149 itu terbang sesaat setelah lepas landas pada pukul 11.24 malam waktu setempat.

Pesawat keluarkan percikan api di mesin sebelah kiri.© Cuplikan Video Twitter

Namun baru sekitar satu setengah jam terbang di udara, pesawat jenis Boeing 777 itu membatalkan perjalanan dan memilih kembali ke bandara asal.

Itu karena pesawat mengalami masalah ketika berada di udara. Dalam video berdurasi 19 detik, terlihat percikan api keluar dari mesin pesawat sebelah kiri.

2 dari 6 halaman

Setelah mengeluarkan percikan api, pesawat tersebut terus terbang sebelum akhirnya terlihat seperti berbelok ke arah ia berangkat.

Pesawat keluarkan percikan api di mesin sebelah kiri.© Cuplikan Video Twitter

Percikan api itu begitu terlihat jelas dari bawah sehingga membuat khawatir fotografer penerbangan Murtalla Mbacke yang merekam insiden menegangkan itu.

" Oooh! Ya Tuhan!" terdengar teriakan Murt saat menyaksikan percikan api keluar dari pesawat tersebut.

3 dari 6 halaman

Selain percikan api berkali-kali, pesawat tersebut juga menjatuhkan beberapa puing berukuran cukup besar dalam kondisi terbakar di atas landasan.

Pesawat keluarkan percikan api di mesin sebelah kiri.© Cuplikan Video Twitter

Akibat percikan api tersebut, pesawat United Airlines segera memutar balik untuk kembali ke Bandara Newark.

4 dari 6 halaman

Penyelidikan awal dari Federal Aviation Administration (FAA) menunjukkan bahwa masalahnya terkait dengan salah satu pompa hidrolik yang gagal berfungsi.

" Setelah mengalami masalah mekanis tak lama setelah lepas landas, pesawat tetap terbang untuk membakar bahan bakar sebelum mendarat dengan selamat.

" Penumpang telah turun menuju gate keberangkatan lain, dan pesawat baru dijadwalkan berangkat pagi ini (22 September)," lapor juru bicara United Airlines.

5 dari 6 halaman

Kejadian munculnya percikan api di bagian mesin pesawat saat terbang di udara itu membuat netizen ketar-ketir.

Bagaimana tidak? Mereka sangat khawatir percikan api yang cukup besar itu memicu ledakan. Apalagi penerbangan tersebut mengangkut 279 orang.

" Kalau aku berada di pesawat itu, ya Tuhan, aku langsung pingsan karena panik!"

Sumber: The National News

6 dari 6 halaman

Beri Komentar