Asmaul Husna Ada 99, Mengapa Dipilih Ar Rahman Ar Rahim dalam Basmalah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 14 Februari 2019 20:00
Asmaul Husna Ada 99, Mengapa Dipilih Ar Rahman Ar Rahim dalam Basmalah?
Ar Rahman dan Ar Rahim bermakna Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Dream - Setiap kali memulai sesuatu, kita dianjurkan untuk membaca basmalah. Lafal lengkapnya yaitu 'bismillahir rahmanir rahim'.

Basmalah merupakan lafal yang menjadi pertanda kita melakukan segala sesuatu dengan menyebut nama Allah SWT. Harapannya, apa yang kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Allah sendiri memiliki 99 nama yang kita kenal dengan Asmaul Husna. Setiap nama mewakili sifat yang dimiliki Allah.

Dalam basmalah sendiri termaktub dua nama Allah yaitu Ar Rahman dan Ar Rahim. Lantas, mengapa dua nama ini yang dipilih, sementara masih banyak nama lain Allah?

Dikutip dari Islami.co, Ali Al Shabuni dalam Ibanatu Al Ahkam menafsirkan dua nama ini. Menurut dia, Ar Rahman adalah al mun'imu bi jalailin ni'am (berhubungan dengan nikmat-nikmat yang besar), sedangkan Ar Rahim adalah al mun'imu bidzaqaiqiha (berhubungan dengan nikmat-nikmat kecil).

Dalam Tafsir Jalalain, dua nama ini dimaknai iradatul khairi li ahlihi (suatu kebaikan yang dikehendaki Allah untuk hamba-Nya).

1 dari 1 halaman

Ini Maknanya

Seluruh penjelasan mengenai Ar Rahman dan Ar Rahim selaras dengan fungsi Islam yang tidak ditujukan kepada golongan manusia tertentu saja, melainkan untuk seluruh alam semesta. Kita mengenalnya dengan Al Islamu rahmatan lil 'alamin atau Islam adalah rahmat bagi seluruh alam.

Islam tidak memberi ruang pada kebencian dan permusuhan. Islam justru menyebarkan kedamaian dan ketentraman.

Berdasarkan pandangan para pakar tafsir, lafal Ar Rahman dan Ar Rahim dipilih dalam basmalah dari 99 nama lainnya. Ini menegaskan kasih sayang Allah jauh lebih besar dari sifat-sifat lainnya.

Namun demikian, para salafush sholih sejak dulu kala menyatakan tidak ada satupun orang yang mampu menafsirkan secara utuh makna basmalah. Ini mengingat basmalah adalah induk dari semua ayat Alquran.

Sumber: Islami.co

Beri Komentar