Quotes Pramoedya Ananta Toer yang Penuh Energi Positif dan Optimis Hadapi Masa Depan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 6 Juli 2022 14:47
Quotes Pramoedya Ananta Toer yang Penuh Energi Positif dan Optimis Hadapi Masa Depan
Keluar masuk penjara karena sikap kerasnya mengkritik pemerintah, Pramoedya Ananta Toer tidak patah semangat dan selalu optimis untuk terus berkarya.

Dream - Pramoedya Ananta Toer merupakan sastrawan Indonesia yang telah melalui banyak pengalaman pahit dalam hidupnya. Penulis novel Bumi Manusia ini lahir di Blora, 6 Februari 1925 dan bernama asli Pramoedya Ananta Mastoer.

Dikenal dengan sebutan Pram, ia dikenal sebagai sosok pengarang yang produktif dalam belantika sastra Indonesia. Ia berhasil mencipta artikel, cerpen, puisi, dan novel yang membuat namanya sejajar dengan para sastrawan dunia.

Bukan hal yang gampang bagi sastrawan untuk menulis tentang kritik terhadap pemerintah dan sosial, terutama pada era orde baru. Tak heran, Pram kerap keluar masuk penjara karena tulisannya yang kerap mengkritik pemerintah. Bahkan ia pernah ditahan selama 14 tahun di masa orde baru tanpa melalui pengadilan, hingga akhirnya ia diasingkan ke pulau Buru, Maluku.

Jeruji pencara tak membuat Pramoedya Ananta Toer patah semangat. Dia juga selalu optimistis untuk berkarya. Citra negatif yang diciptakan pemerintah kala itu membuat sosoknya dibenci di negeri sendiri, namun karyanya banyak dicintai di negara lain pada saat itu. Bahkan ia mendapatkan banyak penghargaan dari luar negeri untuk karya-karyanya yang fenomenal.

Kini ketika era Orde Baru telah tumbang, nama Pram kembali harum. Karya-karyanya telah membuai banyak pecinta sastra. Cerita dengan deskripsi detail dan alur yang membuat perasaan bercampur baur banyak membuat orang rindu dengan karya-karyanya.

Banyak hal yang bisa diambil pelajaran dari kisah hidup dan quotes Pramoedya Ananta Toer. Berikut ini Dream merangkum dari berbagai sumber beberapa kutipan quotes Pramoedya Ananta Toer yang sangat menginspirasi tentang kehidupan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Quotes Pramoedya Ananta Toer Penuh Energi Positif

Meskipun kondisi kesehatannya semakin memburuk, kehidupan Pram hingga akhir tetap aktif dalam menulis karya sastra. Berbagai penyakit seperti ginjal, jantung, paru-paru dan diabetes pada akhirnya merenggut nyawanya pada 30 April 2006 di Jakarta.

Pramoedya memang sudah menghadap Sang Pencipta, namun karya-karya tetap membumi dan menyertai perkembangan sastra Indonesia. Berikut ada beberapa quotes Pramoedya Ananta Toer yang dapat dijadikan sebagai bahan renungan dalam menjalani kehidupan:

  1. “ Berterimakasihlah pada segala yang memberi kehidupan.”
  2. “ Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini?”
  3. “ Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang-orang lain pandai”
  4. “ seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan”
  5. “ Kehidupan ini seimbang, Tuan. Barangsiapa hanya memandang pada keceriaannya saja, dia orang gila. Barangsiapa memandang pada penderitaannya saja, dia sakit.”
  6. “ Hidup sungguh sangat sederhana. Yang hebat-hebat hanya tafsirannya.”
  7. “ Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
  8. “ Kau akan berhasil dalam setiap pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil, dan berhasillah kau; anggap semua pelajaran mudah, dan semua akan jadi mudah; jangan takut pada pelajaran apa pun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua.”
  9. “ Masa terbaik dalam hidup seseorang adalah masa ia dapat menggunakan kebebasan yang telah direbutnya sendiri.”
  10. “ Jarang orang mau mengakui, kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia ini: suatu karunia alam. Dan yang terpenting diatas segala-galanya ialah keberaniannya. Kesederhaan adalah kejujuran, dan keberanian adalah ketulusan.”
2 dari 2 halaman

Quotes Pramoedya Ananta Toer yang Optimistis

Masih banyak quotes Pramoedya Ananta Toer yang bisa dipetik maknanya. Selain kata-kata di atas, berikut kumpulan quotes Pramoedya Ananta Toer lainnya yang bisa bangkitkan rasa optimis untuk terus maju:

  1. “ Kalau orang tak tahu sejarah bangsanya sendiri – tanah airnya sendiri – gampang jadi orang asing di antara bangsa sendiri.”
  2. “ Persahabatan lebih kuat dari pada panasnya permusuhan.”
  3. “ Manusia yang wajar mesti punya sahabat, persahabatan tanpa pamrih. Tanpa sahabat hidup akan terlalu sunyi.”
  4. “ Benih yang tidak sempurna akan punah sebelum berbuah.”
  5. “ Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri.”
  6. “ Sahabat dalam kesulitan adalah sahabat dalam segala-galanya. Jangan sepelekan persahabatan. Kehebatannya lebih besar daripada panasnya permusuhan.”
  7. “ Hidup yang berarti, dan mati lebih berarti lagi.”
  8. “ Dan alangkah indah kehidupan tanpa merangkak-rangkak di hadapan orang lain.”
  9. “ Kami memang orang miskin. Di mata orang kota kemiskinan itu kesalahan. Lupa mereka lauk yang dimakannya itu kerja kami.”
  10. “ Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah.”
  11. “ Tidak semua kebenaran dan kenyataan perlu dikatakan pada seseorang atau pada siapapun.”
  12. “ Jangan jadi pegawai negeri, jadilah majikan atas dirimu sendiri. Jangan makan keringat orang lain, makanlah keringatmu sendiri. Dan itu dibuktikan dengan kerja.”
  13. “ Kesetiaan memang bisa diharapkan dari mereka (orang kebanyakan), tetapi kebesaran hanya bisa datang dari seorang raja yang bijaksana.”
  14. “ Percaya dengan semua orang memang tak baik, tapi setidaknya ada salah satu orang yang kamu percaya sebagai sahabat baik.”

Demikian itulah kumpulan quotes Pramoedya Ananta Toer yang dikutip dari buku-bukunya. Sebagai sastrawan, ia menciptakan banyak quotes bijak dalam setiap karyanya. Melalui quotes Pramoedya Ananta Toer, Sahabat Dream bisa merasakan energi positif dan semangat yang tangguh untuk menghadapi hidup dan masa depan.

Semoga semakin menginspirasimu untuk terus maju pantang mundur meski banyak rintangan menghadang.

 

Sumber: goodreads.com dan dianisa.com

Beri Komentar