Saudi Larang WNA, Amphuri Imbau Calon Jemaah Umroh Bersabar

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Februari 2021 14:01
Saudi Larang WNA, Amphuri Imbau Calon Jemaah Umroh Bersabar
Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) menghormati keputusan tersebut.

Dream - Arab Saudi kembali menerapkan larangan masuk untuk warga asing dari 20 negara termasuk Indonesia. Keputusan ini diberlakukan pada Selasa, 2 Februari 2021.

Menanggapi hal ini, Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) menghormati keputusan tersebut. Amphuri menilai keputusan tersebut diterapkan Saudi untuk mencegah penularan Covid-19 khususnya dari varian baru virus corona.

" Kami menerima informasi dari otoritas Kerajaan Saudi tadi malam, bahwasannya Saudi kembali menangguhkan izin masuk bagi 20 negara, termasuk Indonesia. Amphuri menghormati atas keputusan Kerajaan Saudi tersebut yang didasari sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona varian baru," ujar Ketua Umum DPP Amphuri, Firman M Nur, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Firman mengatakan Kementerian Dalam Negeri Saudi pada Selasa malam mengumumkan penangguhan sementara kedatangan warga asing dari 20 negara. Keputusan ini mulai berlaku pada Rabu, 3 Februari 2021 sore namun dikecualikan bagi warga Saudi, diplomat, praktisi kesehatan beserta keluarga mereka.

Penetapan keputusan dijalankan atas rekomendasi Kementerian Kesehatan Saudi. Dasarnya, Kemenkes Saudi menilai penularan Covid-19 masih terjadi ditambah potensi adanya kasus akibat varian baru virus corona.

" Maka, sesuai dengan tindakan pencegahan dan pencegahan yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan, pada hari ini Pemerintah Saudi kembali menutup pintu masuk," kata Firman.

1 dari 1 halaman

Firman mengakui penutupan ini berdampak pada batalnya keberangkatan jemaah umroh Indonesia. Dia pun meminta penyelenggara perjalanan ibadah umroh segera melakukan penjadwalan ulang.

" Kami harap PPIU dan anggota Amphuri lainnya untuk segera memastikan dengan pihak terkait, jadwal umroh yang terdekat untuk dilakukan reschedule, termasuk dengan pihak maskapai dan hotel di Saudi," ucap dia.

Sedangkan pada calon jemaah, Firman mengimbau untuk bersabar. Juga menerima keputusan tersebut demi kebaikan bersama.

" Kami meyakini sampai saat ini Saudi tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah dan memastikan perjalanan ibadah haji dan umroh dalam keadaan aman dan nyaman," kata dia.

Beri Komentar