Siap-Siap! Ada Tilang Manual Lagi, Khusus untuk Pelanggaran Ini

Reporter : Okti Nur Alifia
Sabtu, 3 Desember 2022 15:37
Siap-Siap! Ada Tilang Manual Lagi, Khusus untuk Pelanggaran Ini
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan bakal menilang kendaraan secara manual yang melepas hingga memalsukan plat nomor kendaraan.

Dream - Tilang Manual yang sempat dihapus, akan kembali diberlakukan untuk beberapa pelanggaran. Sebab polisi menemukan beberapa modus pelanggaran lalu lintas yang baru.

Sebelumnya instruksi tilang elektronik tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 Tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Namun seiring berjalannya waktu, ada modus pelanggaran baru untuk menghindari kamera tilang elektronik seperti mencopot pelat nomor dan memalsukan pelat nomor.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan bakal menilang kendaraan secara manual yang melepas hingga memalsukan plat nomor kendaraan tersebut.

" Nah inilah tetap akan kita lakukan penindakan secara manual. Kita akan memeriksa, akan melihat nomornya. Kalau pelat nomor tidak ada, kita akan cek," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, dikutip dari Merdeka.com.

" Kalau ini ada unsur-unsur yang mendekati unsur pidana. Sehingga, akan kita lakukan penyitaan kendaraan yang tidak sesuai dengan itu," sambungnya.

1 dari 8 halaman

Kendaraan Disita

Menurutnya, kendaraan yang melepas pelat nomornya bisa digunakan untuk melakukan kejahatan di jalan. Oleh karena itu, pelanggaran ini disebut sebagai pelanggaran yang berat dan akan dilakukan penyitaan kendaraan.

" Kendaraan ini bisa digunakan untuk alat kejahatan, kalau melepas pelat nomor ini identifikasi daripada untuk operasional di jalan sudah menyalahi aturan tidak boleh kalau mereka melepas pelat nomor," ujarnya.

" Ini melakukan pelanggaran, merupakan pelanggaran yang cukup berat sehingga kami akan lakukan tindakan tilang untuk penyitaan kendaraan tersebut dengan tilang manual," sambungnya. 

2 dari 8 halaman

Tilang Elektronik

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman merespons cepat instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait peniadaan tilang manual terhadap pelanggar lalu lintas.

" Dengan arahan Pak Kapolri penilangan tidak boleh manual. Kami secara keseluruhan di Jakarta ini untuk surat tilang sudah kami tarik dari seluruh anggota," kata Latif pada bulan Oktober lalu.

Latif menerangkan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus memaksimalkan penggunaan ETLE statis untuk menindak pelanggar aturan berlalu lintas sendiri. Tercatat, ETLE statis telah terpasang di 57 titik ruas jalan DKI Jakarta.

" Saat ini ETLE statis di Jakarta ada 57 titik," ujar dia.

 

3 dari 8 halaman

Kocak, Gegara Bawa Foto Member BTS Berseragam Polisi, Wanita Ini Lolos dari Tilang

Dream - Banyak cara yang dilakukan para pengendara sepeda motor agar terhindar dari tilang polisi. Kebanyakan mereka akan berusaha kabur dan menerobos jalur berlawanan begitu melihat polisi yang menggelar razia.

Namun ketika jalan yang dilalui tak memungkinkan untuk kabur, para pengendara motor ini harus memutar otak dengan cepat. Seperti aksi seorang wanita yang terjaring razia polisi berikut ini.

Pengendara motor ini mencoba mengecoh petugas polisi dengan cara yang cukup unik. Aksi tersebut dibagikan oleh akun Twitter @txtdrberseragam.

4 dari 8 halaman

Dalam postingannya, wanita tersebut mengaku lolos dari tilang polisi karena membawa foto Min Yoongi atau Suga menggunakan seragam polisi. Suga merupakan salah satu anggota boyband Korea Selatan, BTS.

Dalam cuitan ini, terdapat dua foto yang diunggah. Pada foto pertama, wanita tersebut menceritakan kronologi kejadian saat dirinya hendak ditilang polisi.

Ia baru akan mengurus SIM-nya yang mati. Saat hendak pergi ke Kapolres, ia telah menyiapkan beberapa surat yang dibutuhkan.

5 dari 8 halaman

" Tadi tuh gua lagi dalam perjalanan ke Kapolres Cibinong buat bikim SIM baru karena SIM lama udah mati. Dari rumah udah nyiapin alesan kalau nanti takut ditilang. Semua surat udah lengkap tinggal SIM doang yang mati. Sama spion sebelah kanan patah dan belum dipasang lagi," tulisnya.

Bawa Foto Member BTS Berseragam Polisi, Wanita Ini Lolos dari Tilang© Twitter @txtdrberseragam

Sialnya, saat dalam perjalanan ia justru harus menghadapi operasi razia. Pihak polisi lantas meminta agar wanita ini menunjukkan surat-surat kendaraan.

6 dari 8 halaman

Namun, tiba-tiba saja anggota polisi tersebut langsung ciut saat melihat foto yang ada di dompet wanita ini.

Bawa Foto Member BTS Berseragam Polisi, Wanita Ini Lolos dari Tilang© Twitter @txtdrberseragam

" Saat dimintain surat-surat, polisi yang nilang lihat nih foto di dompet dan dia nanyain siapa itu. Reflek jawab 'suami pak'. Eh, dia bilang bukan. Dia langsung balikin STNK sama SIM gua yang udah mati," ujarnya.

7 dari 8 halaman

Setelahnya, polisi tersebut berpesan agar wanita ini mengendarai sepeda motor dengan hati-hati.

Pada foto kedua yang diunggah, tampak dengan jelas potret Suga dengan seragam polisi.

" Penyelamat kah ini? Nggak nyangka aja," ungkapnya

8 dari 8 halaman

Sontak cuitan ini viral dan menuai beragam komentar kocat warganet.

" Apa gue harus lakuin demikin juga?? Ayo sayang kita ke percetakan."

" apakah aku harus mencoba juga? dengan beliau ini."

" aku punya yg lain versi nama asli dan nama samaran 🫠 alias melokal merakyat tapi tidak bisa di akad 🥹."

" Kek nya aku juga harus naro foto nayel nih didompet hmm."

" Aku pake ini sih waktu tuh betul g tanda hahaha."

Beri Komentar