Skenario Menhub Antisipasi Pemudik Saat Pemberlakuan Larangan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 8 April 2021 13:00
Skenario Menhub Antisipasi Pemudik Saat Pemberlakuan Larangan
Penyekatan akan dilakukan di sejumlah titik.

Dream - Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan aturan pengendalian moda transportasi pada masa pelarangan mudik. Hal ini sebagai tindak lanjut atas keputusan Pemerintah meniadakan mudik untuk menekan Covid-19.

" Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, kita tegas untuk melarang mudik dan kami juga mengimbau agar Bapak-Ibu yang berkeinginan mudik untuk tinggal di rumah saja," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dikutip dari

Budi mengatakan, Kemenhub telah menyiapkan sejumlah strategi pengendalian seluruh moda transportasi. Agar efektif, Kemenhub juga mengandeng sejumlah institusi.

Seperti untuk pengendalian transportasi darat, Kemenhub telah berkoordinasi dengan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri. Nantinya diberlakukan penyekatan di sejumlah titik.

" Kita akan secara tegas melarang mudik dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi," kata Budi.

 

 

1 dari 1 halaman

Laut dan Kereta Dibatasi

Untuk transportasi laut, Budi menyatakan fasilitas hanya akan diberikan kepada pihak yang dikecualikan dalam kebijakann larangan mudik. Sehingga transportasi laut bisa diakses secara sangat terbatas.

Untuk transportasi perkeretaapian, menurut Budi, layanan akan dikurangi. Pihaknya hanya akan menyediakan layanan Kereta Api Luar Biasa.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan sejumlah hal yang mendasari kebijakan larangan mudik. Situasi saat ini, lonjakan kasus Covid-19 terjadi di sejumlah negara, seperti Amerika Serikat serta sejumlah negara di Eropa dan Asia serta bisa terjadi di Indonesia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar