Transformasi Bocah Tergemuk di Dunia Arya Permana Dapat Sorotan Media Inggris, Disebut Tambah Ganteng

Reporter : Sugiono
Selasa, 22 November 2022 11:00
Transformasi Bocah Tergemuk di Dunia Arya Permana Dapat Sorotan Media Inggris, Disebut Tambah Ganteng
'Arya Permana, 16 tahun, sekarang terlihat tampan setelah mengurangi berat badannya dengan bantuan diet ketat dan rutinitas latihan ketat yang dirancang pelatih kebugaran.'

Dream - Nama Arya Permana sempat jadi perbincangan warga Indonesia pada 2016 lalu, karena berat badannya yang mencapai 193 kg. Akibat obesitas yang parah, Arya sampai harus berhenti sekolah.

Setiap hari remaja tersebut hanya di rumah karena tak bisa bergerak dengan leluasa lantaran berat badannya yang abnormal jika dibandingkan bocah seusianya.

Tubuhnya yang terlalu berat membuat Arya hanya bisa duduk-duduk saja. Untuk ke kamar mandi, ia harus menyeret tubuhnya. Bahkan sesekali harus mandi di luar rumah.

1 dari 5 halaman

Karena kondisi obesitas parah yang dideritanya, Arya sampai pernah dikenal sebagai bocah paling gemuk di dunia.

Dulu, Arya bisa makan lima kali dalam sehari. Dia selalu merasa lapar, muda lelah dan terengah-engah.

Kondisi obesitas yang cukup parah, membuat Arya harus mendapat perawatan medis pada 2017. Sederet usaha dilakukan untuk menurunkan berat badannya.

2 dari 5 halaman

Arya pernah menjalani operasi lambung hingga mengikuti saran para ahli diet dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Arya sempat dikunjungi oleh politisi sekaligus anggota DPR Dedi Mulyadi atau yang akrab disapa Kang Dedi.

Kang Dedi juga membagikan foto Arya sedang berdiri bertelanjang dada sambil memakai sarung di teras rumahnya, dengan obesitas yang parah.

Arya Permana jadi pusat perhatian dunia luar.© Instagram/dedimulyadi71

3 dari 5 halaman

Namun pada tahun 2020 lalu, bocah 16 tahun itu berhasil menurunkan berat badan. Sebanyak 110 kg 'dihilangkannya' dan berat Arya tinggal 83 kg.

Arya Permana jadi pusat perhatian dunia luar.© Daily Star

Arya juga dibantu melakukan beberapa latihan fisik untuk mendapatkan berat badan yang ideal untuk remaja seusianya dari binaragawan, Ade Rai.

Arya Permana jadi pusat perhatian dunia luar.© Instagram.com/adrianmaulana

Remaja yang bercita-cita jadi atlet itu pun bertransformasi menjadi sosok pria yang gagah. Penampilannya yang sekarang terlihat begitu ganteng, dengan kacamata.

4 dari 5 halaman

Rupanya, viralnya keberhasilan Arya menurunkan berat badan tidak hanya menarik perhatian media lokal, tapi juga mancanegara.

Arya Permana jadi pusat perhatian dunia luar.© KapanLagi.com

Baru-baru ini Daily Star mengunggah berita tentang keberhasilan bocah paling gemuk di dunia itu menurunkan berat badannya secara drastis.

Arya Permana jadi pusat perhatian dunia luar.© Daily Star

Dengan judul " World's fattest boy undergoes incredible transformation and is now unrecognisable" , media Inggris itu menceritakan perjuangan Arya mengatasi obesitasnya.

Arya yang sebelumnya dikenal sebagai bocah tergemuk di dunia mengalami transformasi luar biasa dan sekarang penampilannya bikin pangling.

Arya Permana jadi pusat perhatian dunia luar.© KapanLagi.com

" Arya Permana, 16 tahun, sekarang terlihat tampan setelah mengurangi berat badannya dengan bantuan diet ketat dan rutinitas latihan ketat yang dirancang pelatih kebugaran," tulis media tersebut.

5 dari 5 halaman

Media tersebut bercerita Arya dulu mengalami obesitas parah saat usianya 9 tahun. Saat itu berat badannya mencapai 190 kg. Dia terkadang harus mandi di kolam karena ukuran badannya yang sangat besar.

Tetapi kini Arya sudah bisa bernapas lega sejak berat badannya akhirnya bisa turun drastis melalui berbagai usaha medis dan latihan fisik bersama Ade Rai.

Sumber: Daily Star

Beri Komentar