Google Luncurkan Android 10, Smartphone yang Support?

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 7 September 2019 11:01
Google Luncurkan Android 10, Smartphone yang Support?
Apakah ponselmu bisa dapat mengakses Android 10?

Dream - Google merilis sistem Android bernama kode Q. Android 10 dijejali dengan fitur-fitur baru, mode gelap, gerakan ujung-ke-ujung (edge-to-edge), serta dukungan untuk ponsel lipat dan dukungan 5G.

Sejumlah pengguna Android dapat menggunakanpembaruan ini. Tapi, akses fitur penuh ini akan tersedia beberapa bulan lagi.

Ponsel mana yang sudah bisa mengunduh Android 10? Wired menyebut pembaruan ini untuk pertama bisa dirasakan pengguna ponsel besutan Google, Pixel.

Bagi pengguna ponsel merek lain, Google merilis enam versi beta Android pada Maret 2019. Kondisi ini memungkinkan produsen dan pengembang aplikasi menguji fitur-fitur baru.

Berikut ponsel yang sudah bisa menggunakan Android 10.

 android 10

 

1 dari 3 halaman

Samsung dan One Plus

Samsung

Android 10 tersedia untuk ponsel Samsung Galaxy Fold. Tetapi perusahaan Korea Selatan belum merilis roadmap Android 10 untuk perangkat yang ada dan yang akan datang.

Di Eropa, juru bicara Samsung mengkonfirmasi Android 10 akan mulai diluncurkan ke ponsel andalan akhir tahun ini.

One Plus

Versi beta Android terbaru tersedia untuk seri OnePlus 6/ 6T dan 7 dapat diunduh di laman perusahaan. Beberapa pengguna telah menguji fitur inti selama beberapa bulan terakhir dan melaporkan berbagai bug di sekitar gerakan, tombol beranda dan tema gelap.

Ketika ditanya tentang rilis resmi Android 10, juru bicara perusahaan tidak dapat merinci lebih lanjut.

 

2 dari 3 halaman

Huawei dan Sony

HTC

HTC baru saja mulai meluncurkan Android Pie ke model U11 dan U12. Pabrikan Taiwan belum masuk dalam daftar mitra Google untuk versi beta Android 10.

Huawei

Meskipun Google telah mencabut lisensi Android Huawei, sejumlah ponsel masih bisa menggunakan pembaruan ini. Misalnya, Huawei Mate 20 Pro dan P30, Honor 20 series.

Mate 20 Pro diperkirakan akan ditingkatkan ke Android 10 dalam beberapa minggu ke depan. Huawei mengatakan, beberapa seri ponsel yang bisa menggunakan Android 10, diantaranya, Seri P30 Mate 20, Mate 20 lite dan Mate 20 X, Mate 10 dan Mate 10 Pro, DESAIN PORSCHE Mate 20 RS,
DESAIN PORSCHE Mate 10, P smart 2019, dan P smart + 2019, serta P smart Z.

Sony

Xperia XZ3 merupakan satu-satunya perangkat Sony yang ada dalam Android 10 beta.

 

3 dari 3 halaman

Merek-merek Lainnya

Nokia

Nokia memiliki catatan pembaruan cepat yang kuat. HMD Global, perusahaan yang memproduksi ponsel Nokia, membagikan rencana peluncurannya untuk Android 10 pada Agustus. Sistem operasi baru akan tersedia di seluruh portofolio ponsel pintar Nokia.

Model-model ini akan ditingkatkan pada kuartal keempat tahun 2019, Nokia 9 PureView, Nokia 8.1. Nokia 7.1. Model-model ini diharapkan untuk mengikuti pada awal 2020. Nokia 7 Plus, Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus, Nokia 4.2, Nokia 3.2, Nokia 3.1 Plus, dan Nokia 2.2.

LG

G8 ThinQ menjadi satu-satunya andalan LG di Android 10 beta. LG sedang lambat untuk memutakhirkan ponselnya.

Motorola

Ponsel Motorola G7 diperkirakan akan ditingkatkan ke Android 10, meskipun tidak jelas kapan ini mungkin terjadi.

Xiaomi

Di laman resmi Android, tercatat Xiaomi Mi Mix 5G merupakan satu-satunya ponsel yang akan diuji coba menggunakan Android 10.

Oppo

Ponsel Oppo Reno 5G menjadi satu-satunya ponsel yang terpampang di laman resmi Android. (ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone