Resmi Berlaku! Ponsel Tanpa IMEI Akan Diblokir

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 18 Oktober 2019 12:00
Resmi Berlaku! Ponsel Tanpa IMEI Akan Diblokir
Pemerintah mengaku potensi kehilangan pendapatan hingga Rp2 triliun akibat Ponsel ilegal yang masuk ke Indonesia.

Dream - Aturan pemblokiran telepon seluler (Ponsel) via IMEI resmi berlaku mulai hari ini, Jumat, 18 Oktober 2019. Tiga kementerian telah resmi menandatangani beleid tentang blokir Ponsel tersebut.

Ketiga kementerian itu adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ketiga menteri menandatangani beleid itu di Kantor Kemeterian Perdagangan sekitar pukul 08.30 WIB.

" Tolong bantu garisbawahi, sekali lagi, tidak ada dampaknya terhadap user sekarang. Adanya (dampak) ke user yang bawa (ponsel) ke luar negeri," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Wacana tentang blokir Ponsel lewat IMEI sudah mulai muncul sembilan tahun lalu atau pada 2010. Pemerintah menilai kebijakan ini diperlukan untuk mencegah potensi kerugian negara sekitar Rp2,8 triliun per tahun dari sektor pahak.

" Kita tertunda pendapatan dari pajak sekitar Rp 2 T setahun. Kalau kita tunda (pengesahan) sehari, ada opportunity loss (potensi kerugian) senilai Rp 55 miliar," ujar Rudiantara.

 

1 dari 5 halaman

Cara Sistem Blokir Ponsel Lewat IMEI Bekerja

Airlangga Hartanto, menteri perindustrian menambahkan surat keputusan bersama ini sudah lama dibahas kementerian terkait. Dengan pengesahan hari ini, pemerintah memastikan semua sistem pemblokiran telah siap dijalankan.

Sistem nantinya akan bekerja dengan mengecek data yang dimiliki oleh Kemenperin. Sementara pengawasan dilakukan oleh Kemkominfo dan Kemendag.

" Tujuannya untuk memerangi black market. 1,4 miliar data IMEI dan akan dikolaborasikan dengan data GSMA jadi sebenarnya data individu itu aman, baik itu beli di dalam atau luar negeri," ujar Airlangga.

Kemenperin memperkirakan pengaruh regulasi blokir Ponsel lewat IMEI ini akan mulai terasa sekitar enam bulan ke depan.

Selama ini, produsen Ponsel resmi terkena kewajiban pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Ketentuan ini sama sekali tak dilakukan oleh Ponsel blackmaret.

Jika dinilai secara ekonomis, kerugian akibat mengemplang PPN Ponsel bisa menjadi Rp2 triliun. Sementara efek lanjutannya bisa mencapai Rp20 tirliun.

" Sekali lagi, sistem ini tidak akan mengganggu baik individual user maupun pedagang. Kita harapkan semua yang berdagang itu legal," tutur Airlangga menegaskan.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

2 dari 5 halaman

Segera Cek! Ponsel Tanpa IMEI Bakal Diblokir

 Bahaya Mengerikan Layar Ponsel untuk Kecantikan

Dream - Pemerintah berencana menghentikan peredaran telepon seluler ilegal. Tiga kementerian yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, terlibat dalam pembahasan aturan ini.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Janu Suryanto, mengatakan, rencananya pemerintah akan memblokir International Mobile Equitment Identity (IMEI) ponsel ilegal.

" Blokir IMEI, sedang rapat dengan pihak Kominfo, Perdagangan. Mohon bersabar. Untuk membuat aturan dan setting sistem, effort-nya berat," kata Janu, kepada Liputan6.com, Senin, 1 Juli 2019.

Janu mengatakan, IMEI ponsel yang beredar di Indonesia akan terintegrasi dengan data Kemenperin.

Dengan kebijakan pemblokiran ini, Janu berharap bisa menekan peredaran impor ilegal sekaligus mendorong investasi industri ponsel di Tanah Air.

" Untuk pendalaman struktur industri elektronika kita. Investasi akan masuk dengan sendirinya," ucap dia.

Janu menyebut, masing-masing kementerian rencananya akan menerbitkan Peraturan Menteri untuk mendukung kebijakan ini.

" Tunggu penandatangan oleh tiga menteri. Saya dan teman-teman terkait hanya menyiapkan Permen-nya. Masing masing Kementerian sesuai Tupoksi-nya, tugas pokok dan fungsinya masing-masing‎," kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Septian Deny)

3 dari 5 halaman

Cara Mudah Lacak Orang dengan Ponsel

Dream – Perkembangan teknologi, terutama ponsel pintar, mempermudah siapa saja dalam mendapatkan informasi. Salah satunya adalah melacak seseorang dengan nomor ponsel mereka.

Melalui internet dan aplikasi ponsel saat ini, menemukan seseorang dalam waktu cepat bukan lagi hal yang tidak mungkin. Semua bisa terwujud hanya dengan gerakan jari.

Kamu bisa melacak dengan mudah dari mana pengirim pesan spam seperti “ mama minta pulsa”. Kamu juga bisa melacak keberadaan seseorang melalui nomor ponsel dari aplikasi atau operator seluler.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu 24 Februari 2019, ada dua cara melacak seseorang melalui nomor ponsel. Pertama, melalui aplikasi ponsel dan kedua, menggunakan layanan operator telekomunikasi.

 

4 dari 5 halaman

Melalui Aplikasi iSharing

 Bahaya Mengerikan Layar Ponsel untuk Kecantikan

Dengan adanya perkembangan zaman terutama pada bidang teknologi, berbagai aplikasi pun bisa tersedia pada ponselmu. Salah satunya, aplikasi iSharing, yang dapat membantu kamu melacak posisi seseorang saat ini.

Namun begitu, penggunaan aplikasi ini tidak bisa sembarangan. Kamu tidak boleh seenaknya sendiri melakukan pencarian.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, diharuskan mengundang atau diundang seseorang bergabung. Lalu kamu harus menginstal aplikasi yang sama pada ponsel mereka.

Nah berikut ini cara melacak orang lewat no hp melalui aplikasi iSharing

1. Install aplikasi iSharing

Aplikasi ini tersedia pada google play store atau pun pada app store. Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi iSharing pada ponselmu.

2. Lakukan pendaftaran

Mendaftar adalah syarat wajib untuk bisa menggunakan aplikasi iSharing. Tetapi, kamu tak perlu khawatir repot karena bisa mendaftar menggunakan akun Facebook atau Google.

Supaya lebih mudah, kamu bisa meng-klik pilihan masuk melalui Google. Karena dapat dipastikan kamu memiliki akun google pada ponselmu.

3. Pilih akun email

Setelah kamu memilih masuk melalui google, kamu diharuskan memilih akun google yang tersedia. Akan tetapi bila nama akun google punyamu tak ada, maka kamu bisa menuliskan alamat email kamu.

4. Masukan nomor ponsel

Langkah selanjutnya, masukkan nomor ponsel untuk didaftarkan pada akun iSharing ini. Jangan lupa untuk mencantumkan kode negara juga ya.

5. Pengaturan alarm jarak

Langkah ini bersifat opsional. Kamu bisa memilih pengaktifan alarm saat ada seseorang yang berada di jarak tertentu. Tetapi, bila tidak ingin mengaktifkannya, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

6. Cari saya

Selanjutnya kamu akan mendapatkan pilihan untuk “ cari saya” ini dilakukan untuk mendeteksi dimana lokasi perangkat kamu saat ini berada. Selain itu, kamu juga ada mendapatkan notifikasi mengenai perizinan untuk mengakses lokasi atau tidak.

7. Undang teman

Setelahnya kamu bisa loh mengundang teman agar ikut menginstal aplikasi iSharing. Kamu bisa mengundang teman yang ada pada daftar kontak ponselmu.

Jika kamu telah memiliki teman pada aplikasi iSharing ini, kamu sudah bisa mengetahui dimana posisi teman kamu saat ini.

5 dari 5 halaman

Lacak Orang Melalui Operator

Ternyata kamu bisa loh melacak seseorang dengan operatornya. Tentu saja melacak seseorang menggunakan nomor ponselnya ini mengandalkan tower dari masing-masing operator.

1. Melacak nomor ponsel Indosat

Untuk kamu pengguna Indosar kamu bisa melacak nomor hp melalui layanan sms loh. Kamu hanya perlu mengetik LACAK (spasi) nomor hp Indosat tujuan kemudian kirim ke 9111.

2. Melacak nomor ponsel XL

Bagi kamu pengguna provider ini kamu juga bisa menggunakan layanan sms yang diberikan. Ketik CARI (spasi) no hp XL tujuan dan kirim ke 9455. Untuk layanan sms ini kamu akan dikenakan biaya sebanyak Rp 1000 tiap sms.

3. Melacak nomor ponsel Telkomsel

Terakhir untuk kamu yang menggunakan provider Telkomsel, kamu bisa menggunakan Telkomsel Finder. Kamu bisa melacak nomor Hp dengan memasukan nomor tersebut pada kolom yang tersedia di layanan tersebut. 

 

(Sumber: Liputan6.com/Novita Ayuningtyas)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone