11 Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 20 November 2019 06:48
11 Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami
Menjaga kesehatan rambut penting untuk dilakukan bagi para pria maupun wanita.

Dream - Memiliki rambut yang lembut, sehat dan indah adalah harapan semua orang. Selayaknya tubuh kita yang harus dijaga kesehatannya, rambut pun harus selalu kita rawat agar tetap sehat.

Menjaga kesehatan rambut penting untuk dilakukan bagi para pria maupun wanita. Dengan melakukan perawatan rambut secara rutin kamu dapat terhindar dari berbagai macam masalah rambut.

Salah satu masalah rambut yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah rambut rontok. Kondisi rambut yang satu ini dapat menyebabkan rambutmu menjadi terlihat lebih tipis dan tidak sehat.

Sahabat Dream tentu tak mau mengalaminya, bukan? Sebagai pencegahan berikut trik yang bisa dilakukan agar rambut tak mudah rontok.

1 dari 4 halaman

Cara Alami Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Perawatan untuk mencegah masalah tersebut bisa kamu lakukan dengan cara alami yang mudah. Untuk itu berikut kami berikan cara alami mencegah rambut rontok!

Lidah buaya

 Memutihkan kulit dengan lidah buaya, jeruk lemon, dan madu

Cara alami mencegah rambut rontok adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan dasar perawatan rambut.

Lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan membuat rambut menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Aplikasikan lendir lidah buaya pada rambut setelah keramas.

Minyak kemiri

Cara alami mencegah rambut rontok adalah dengan melakukan perawatan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki kandungan yang dapat membuat rambut kamu menjadi lebih hitam dan sehat.

Selain itu minyak kemiri juga dapat mencegah masalah kerontokan rambut karena dapat menjaga akar rambut agar tetap kuat dan merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak rosemary

Cara alami mencegah rambut rontok adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan minyak rosemary. Salah satu jenis dari minyak esensial ini dapat menambah metabolisme sel yang dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebih tebal dan kuat. Sebelum menggunakan minyak rosemary, sebaiknya kamu menguji reaksi alergi pada kulitmu terlebih dahulu agar kulitmu tidak iritasi.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Saat mengalami masalah rambut rontok, kamu pasti seringkali melihat helaian rambut yang tersebar di lantai. Jika helaian tersebut semakin banyak maka rambutmu telah rontok secara berlebihan. Berikut kami berikan cara mencegah rambut rontok berlebihan yang bisa kamu coba!

Memilih sampo yang tepat

 Sabun-Sampo Bayi Efektif untuk Kulit Dewasa, Mitos atau Fakta?

Cara mencegah rambut rontok berlebihan adalah dengan memilih sampo yang tepat. Seringkali rambut rontok berlebihan terjadi karena kamu tidak cocok dengan produk sampo yang digunakan. Untuk itu kamu harus mencari sampo yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mengatasi rambut rontok kamu agar tidak menjadi semakin parah.

Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Cara mencegah rambut rontok berlebihan adalah dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Kondisi rambut yang rontok biasanya memiliki akar rambut yang rapuh. Jika mengikat rambut terlalu kencang, maka rambut akan terus tertarik dan membuatnya mudah patah.

Memerhatikan panas dari alat styling rambut

Cara mencegah rambut rontok berlebihan adalah memerhatikan panas dari alat styling rambut. Alat styling rambut biasanya menggunakan suhu panas saat digunakan. Jika kamu ingin menata rambut dengan alat styling rambut, pastikan suhu alat tersebut tidak terlalu panas saat digunakan pada rambut.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Kamu bisa mengalami berbagai masalah rambut sekaligus. Masalah rambut rontok dan ketombe adalah kombinasi yang sering terjadi pada banyak orang. Untuk itu berikut cara mencegah rambut rontok dan ketombe yang bisa kamu coba!

Teh hijau

 Menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan teh hijau.

Cara mencegah rambut rontok dan ketombe adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan teh hijau. Teh hijau memiliki banyak fungsi yang dapat menjaga kesehatan rambut. Berikut cara merawat rambut menggunakan teh hijau:

- Siapkan 3 kantong teh hijau
- Rebus teh hijau yang sudah disiapkan
- Gunakan air rebusan teh hijau untuk membilas rambut

 

Kentang

Cara mencegah rambut rontok dan ketombe adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan kentang. Berikut cara merawat rambut menggunakan kentang:

- Siapkan 1 buah kentang
- Siapkan 1 sdm madu
- Kupas kentang
- Tumbuk kentang hingga halus
- Peras kentang untuk mendapatkan jusnya
- Tambahkan 1 sdm madu yang telah disiapkan ke dalam jus kentang
- Aplikasikan pada rambut sebagai masker
- Diamkan selama 15 menit
- Bilas dengan air bersih

 

Menjaga kebersihan rambut

Cara mencegah rambut rontok dan ketombe adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Kamu harus keramas secara rutin agar rambutmu selalu dalam keadaan bersih. Gunakan sampo yang sesuai agar masalah rambut rontok dan ketombe dapat teratasi.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Bercabang

Memiliki rambut rontok dan bercabang adalah mimpi buruk bagi sebagian besar orang. Tentunya kamu perlu melakukan metode untuk mencegah hal tersebut. Untuk itu, berikut kami berikan cara mencegah rambut rontok dan bercabang yang bisa kamu lakukan!

Yogurt

 Cara memutihkan kulit secara alami dengan yogurt

Cara mencegah rambut rontok dan bercabang adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan yogurt. Rambut rontok dan bercabang seringkali disebabkan karena rambut tidak memiliki nutrisi yang baik dan kering. Kamu bisa mencampurkan yogurt, minyak kelapa, dan madu sebagai bahan masker rambut untuk merawat rambutmu agar tidak rontok dan bercabang.

Jambu biji

Cara mencegah rambut rontok dan bercabang adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan jambu biji. Berikut cara merawat rambut menggunakan jambu biji:

- Siapkan jambu biji
- Siapkan putih telur
- Hancurkan jambu biji hingga menjadi bubur yang lebut
- Tambahkan putih telur
- Aduk hingga rata
- Aplikasikan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala
- Biarkan selama 40 menit
- Pijat kulit kepala
- Bilas hingga bersih (mut)

 

(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone