Perawatan Dasar untuk Si Pemilik Kulit Sensitif

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 21 Juni 2021 09:36
Perawatan Dasar untuk Si Pemilik Kulit Sensitif
Lakukan hal ini untuk mencegah berbagai masalah kulit.

Dream - Perawatan untuk kulit yang sensitif memang cukup menantang. Kamu harus ekstra hati-hati ketika memilih produk yang akan digunakan.

Jika tidak, kulitmu akan sangat mudah berjerawat, gatal, perih, terkelupas atau terasa perih. Apalagi, jika cuacanya sedang ekstrem.

Beberapa perawatan dasar bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah kulit sensitif. Dilansir dari Skincare.com, berikut tips merawat kulit sensitif dan menjaga agar wajah tetap sehat.

Jaga kelembapan

Baik saat kulit berminyak atau kering, kamu harus tetap menjaga kelembapan. Kelembapan berperan sangat penting terhadap kesehatan kulit.

Kamu hanya perlu memilih pelembap yang cocok untuk kulit agar tidak lengket dan berdampak buruk pada wajah.

Biasanya, produk yang mampu menjaga kesehatan kulit mengandung asam hyaluronat. Lalu, gunakan tabir surya untuk mencegah dampak buruk paparan sinar matahari.

1 dari 6 halaman

Tidak menggunakan pembersih wajah di pagi hari

Umumnya, pembersihan dilakukan setiap pagi dan malam. Namun jika kulit sensitif, kamu bisa melakukannya hanya saat menjelang tidur.

Ini dilakukan untuk meminimalisir terkikisnya kelembapan kulit yang bisa terjadi saat membersihkan wajah.

Saat sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar kotoran, kamu tetap bisa membersihkan wajah dua kali sehari.

Hindari pemakaian physical exfoliants

Mengeksfoliasi Wajah© Shutterstock

Kulit sensitif akan sangat rentan terhadap produk yang bertekstur kasar. Jadi, hindari pemakaian physical exfoliants seperti scrub wajah ketika ingin melakukan eksfoliasi.

Pilihlah chemical exfoliants dengan ekstra hati-hati atau lakukan perawatan kulit di salon kecantikan setiap bulan agar bisa mengeksfoliasi tanpa membahayakan kesehatan kulitmu.

2 dari 6 halaman

Memakai masker wajah

Memakai Masker Wajah© Shutterstock

Memakai masker wajah dapat membantu meningkatkan nutrisi kulit. Kamu bisa memakai sheet mask yang hanya digunakan 10-15 menit atau menggunakan sleeping mask secara rutin.

Pakai produk yang bertekstur ringan dan melembapkan

Hindari produk riasan yang terlalu kering dan berformula berat di kulit. Cobalah produk riasan pada tangan atau leher sebelum membelinya untuk memastikan formulanya dengan kulitmu. (mut)

3 dari 6 halaman

Cegah Masalah Kulit Sensitif dengan Cara Ini

Dream - Melakukan perawatan kecantikan harus disesuaikan dengan jenis kulit karena kebutuhan dan cara merawatnya berbeda-beda.

Respons kulit setiap orang akan berbeda terhadap produk atau teknik perawatan tertentu. Kamu harus lebih berhati-hati jika jenis kulitmu sensitif.

Pemakaian produk yang kurang tepat bisa berdampak sangat buruk untuk kulitmu, seperti ruam, kemerahan, beruntusan, pengelupasan dan sensasi terbakar.

Lakukanlah beberapa tips perawatan kulit sensitif seperti yang dilansir Times of Indiauntuk menghindari hal tersebut.

4 dari 6 halaman

Mandi dengan air yang tidak terlalu hangat

Kulit sangat sensitif terhadap suhu yang terlalu hangat atau panas. Pemakaian air yang terlalu hangat atau panas saat mandi bisa menyebabkan kemerahan serta rasa perih.

Kamu pun akan mengalami kulit kering serta dehidrasi. Gunakanlah air bersuhu agak hangat agar lebih aman dan tetap nyaman.

© Dream

Menghindari produk yang mengandung parfum

Pilih produk yang aman untuk kulitmu. Biasanya, produk yang aman untuk kulit sensitif memiliki label 'bebas parfum' atau 'hipoalergenik'.

5 dari 6 halaman

Menggunakan sarung tangan ketika membersihkan rumah

Sabun yang digunakan untuk membersihkan perabot atau lantai biasanya memiliki kandungan berbahaya bagi kulit sensitif.

Kulitmu bisa terasa perih, panas dan terbakar ketika terpapar pembersih yang bersifat basa. Oleh karena itu, gunakanlah sarung tangan agar lebih nyaman saat membersihkan rumah.

Mengaplikasikan pelembap setelah mandi

Jangan lupa gunakan pelembap setelah mandi maupun membersihkan wajah. Pelembap sangat penting untuk memperkuat lapisan kulit.

Sehingga, kulitmu tidak akan mudah bermasalah jika menggunakan pelembap secara rutin di pagi dan malam hari.

6 dari 6 halaman

Menggunakan pakaian yang tepat saat keluar rumah

Kenakan pakaian dengan bahan serta potongan yang pas untuk jenis aktivitas serta kondisi di sekitar lingkunganmu.

Misalnya, mengenakan coat dan sweater saat udara dingin agar kulitmu terlindungi dari paparan udara yang dapat membuat kulit kering.

Menggunakan tabir surya

Tabir surya merupakan produk yang harus digunakan di pagi hingga sore hari. Aplikasikan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap 3-4 jam untuk mencegah kulit terbakar atau kanker. 

Beri Komentar