7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Mudah dan Praktis

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 28 Mei 2019 13:42
7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Mudah dan Praktis
Sebentar lagi lebaran, tapi komedo masih membandel? Eits, tidak perlu kahawatir Ini cara menghilangkan komedo di hidung. Penasaran?

Dream - Komedo merupakan kumpulan-kumpulan minyak atau sebum yang menumpuk di wajah. Minyak yang menumpuk di pori-pori kita kemudian tercampur dengan bakteri dan sel kulit mati menyebabkan munculnya komedo.

Ada 2 jenis komedo yang sering kita jumpai didaerah wajah yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Komedo lebih sering muncul didaerah hidung, dagu, dan kening yang biasa disebut dengan “ zona T" pada wajah. Tetapi, tidak menutup kemungkinan daerah lain yang ada di tubuh memiliki komedo yang membandel.

Menghilangkan komedo tidak bisa hanya dalam satu malam saja. Untuk itu, cara menghilangkan komedo di hidung ini tidak bisa hanya menggunakan satu produk saja, tetapi harus menggunakan beberapa skincare atau perawatan lainnya.

Untuk hasil yang maksimal, Sahabat Dream juga harus konsisten dengan pemakaian skincare rutin kamu. Berikut beberapa cara menanganinya: 

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

a.    Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya terdapat beberapa kandungan yang bisa membunuh bakteri dan mikroba yang bersarang di wajah. Kandungan yang dibutuhan untuk mengatasi komedo yaitu zat saponin dan astringent.

Tidak hanya kedua kandungan itu saja yang diperlukan, gel yang terdapat pada daging lidah buaya juga dapat membantu mengurangi minyak yang dihasilkan oleh wajah.

Penggunaan secara teratur akan dapat membantu wajah menghalangi komedo bermunculan.

 Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskan gel yang terdapat di daging lidah buaya ke seluruh permukaan wajah.

Diamkan gel lidah buaya tersebut meresap kedalam pori-pori wajah dalam waktu sekitar 20-30 menit.

Bilas wajah dengan air bersih dan jangan lupa untuk mengulani cara tersebut minimal 2-3 kali seminggu.

b.    Menggunakan Putih Telur

Putih telur berguna untuk mengecilkan pori-pori yang ada di wajah. Kandungan asam amino dan asam folat yang terkandung pada putih telurlah yang bermanfaat untuk mengatasi komedo.

Dengan mengecilnya pori-pori, akan semakin berkurangnya produksi minyak yang ada di wajah. 

 Manfaat Putih Telur yang Belum Banyak Diketahui Orang
Cara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan putih telur cukup mudah dengan mengoleskan putih telur pada area yang terdapat komedo.

Diamkan putih telur tersebut hingga mengering dengan sendirinya. Diusahakan untuk menggunakan kapas ataupun tisu agar lebih memudahkan untuk mengangkat komedo.

Putih telur juga dapat dikreasikan dengan mencampurkan charcoal ataupun perasan lemon.

c.    Penggunaan Uap Air Panas

Uap ternyata juga sangat membantu mengatasi komedo loh Sahabat Dream. Uap dapat membantu untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang menumpuk di wajah.

Apabila uap mengenai wajah kita dalam beberapa menit, pori-pori yang ada di wajah akan melebar dan akan sangat mudah untuk mengeluarkan kotoran yang mengendap.

 Inhalasi Uap
Cara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan uap, cukup sederhana dengan menyiapkan air yang sudah mendidih ke mangkok atau wadah yang tidak terlalu kecil untuk ukuran wajah.

Kemudian condongkan wajah ke arah uap hingga uap benar-benar mengenai wajah. Untuk lebih memudahkan kita mengambil kotoran yang mengendap, setelah melakukan penguapan dapat langsung menggunakan produk yang bertujuan untuk mengangkat komedo.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan 'Double Cleansing'

a.    Pembersihan Ganda 'Double Cleansing'

 Sebelum Makeup, Jangan Lupa `Double Cleansing`!

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa komedo muncul dikarenakan adanya penumpukan minyak atau sebum yang bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati.

Untuk itu, cara menghilangkan komedo di hidung dengan melakukan pembersihan ganda sangat disarankan bagi kalian.

Sahabat Dream bisa menggunakan pembersih yang berjenis cair dan berminyak.

b.    Produk yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid)

Yang berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati yang ada di pori-pori wajah. BHA sendiri memliki sifat yang mudah larut dalam minyak, karena BHA terbentuk dari susunan lemak.

BHA lebih cocok digunakan oleh kulit wajah yang berminyak, berjerawat dan bisa juga digunakan oleh kulit normal.

Hal itu dikarenakan BHA tidak memiliki sifat untuk melembapkan, sebaliknya BHA memiliki sifat mengeringkan kulit.

BHA yang digunakan bisa berupa pembersih wajah, tetapi akan lebih baik menggunakan BHA sebagai toner atau produk yang bisa digunakan lebih lama di kulit wajah.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mengangkat Kulit Mati

c.    Mengangkat sel kulit mati

Salah satu faktor munculnya komedo karena adanya sel kulit mati yang masih menempel di wajah. Untuk mengatasi komedo, Sahabat Dream harus selalu membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah.

Selain dapat menyebabkan munculnya komedo, sel kulit mati yang menumpuk juga menyebabkan kulit wajah menjadi kusam.

Mengangkat sel kulit mati bisa dengan menggunakan produk yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA sendiri berbeda dengan BHA, AHA lebih memiliki sifat yang melembapkan kulit. Selain melembapkan kulit, AHA memiliki sifat yang mudah larut dalam air.

Untuk itu, AHA lebih ccocok digunakan pada jenis kulit kering dan kulit normal.

d.    Menggunakan masker wajah

 masker wajah

Penggunaan masker wajah juga sangat bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung. Tidak semua masker berfungsi untuk mengatasi komedo, gunakan masker yang memiliki unsur clay atau lumpur alami.

Clay mask merupakan salah satu produk masker wajah yang cocok diperuntukan bagi wajah berminyak. Tujuannya adalah untuk menyerap kelebihan minyak yang ada pada pori-pori di wajah. Selamat mencoba! (ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone