Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Mudah dan Praktis

7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Mudah dan Praktis © MEN

Komedo merupakan kumpulan-kumpulan minyak atau sebum yang menumpuk di wajah kita. Minyak yang menumpuk di pori-pori kita kemudian tercampur dengan bakteri dan sel kulit mati menyebabkan munculnya komedo. Ada 2 jenis komedo yang sering kita jumpai didaerah wajah yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Komedo lebih sering muncul didaerah hidung, dagu, dan kening yang biasa disebut dengan “zona T" pada wajah. Tetapi, tidak menutup kemungkinan daerah lain yang ada ditubuh kita memiliki komedo yang membandel. Menghilangkan komedo tidak bisa hanya dalam satu malam saja. Untuk itu, cara menghilangkan komedo di hidung ini tidak bisa hanya menggunakan satu produk saja, tetapi harus menggunakan beberapa skincare atau perawatan lainnya. Untuk hasil yang maksimal, Sahabat Dream juga harus konsisten dengan pemakaian skincare rutin kamu.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami

a.    Menggunakan Lidah Buaya


Lidah buaya terdapat beberapa kandungan yang bisa membunuh bakteri dan mikroba yang bersarang di wajah kita. Kandungan yang dibutuhan untuk mengatasi komedo yaitu zat saponin dan astringent. Tidak hanya kedua kandungan itu saja yang diperlukan, gel yang terdapat pada daging lidah buaya juga dapat membantu mengurangi minyak yang dihasilkan oleh wajah. Penggunaan secara teratur akan dapat membantu wajah kita menghalangi komedo bermunculan.

Khasiat Lidah Buaya untuk RambutCara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskan gel yang terdapat di daging lidah buaya ke seluruh permukaan wajah. Diamkan gel lidah buaya tersebut meresap kedalam pori-pori wajah dalam waktu sekitar 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan jangan lupa untuk mengulani cara tersebut minimal 2-3 kali seminggu.

b.    Menggunakan Putih Telur


Putih telur berguna untuk mengecilkan pori-pori yang ada diwajah kita. Kandungan asam amino dan asam folat yang terkandung pada putih telurlah yang bermanfaat untuk mengatasi komedo. Dengan mengecilnya pori-pori, akan semakin berkurangnya produksi minyak yang ada diwajah kita. 

Manfaat Putih Telur yang Belum Banyak Diketahui Orang
Cara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan putih telur cukup mudah dengan mengoleskan putih telur pada area yang terdapat komedo. Diamkan putih telur tersebut hingga mengering dengan sendirinya. Diusahakan untuk menggunakan kapas ataupun tisu agar lebih memudahkan kita untuk mengangkat komedo. Putih telur juga dapat dikreasikan dengan mencampurkan charcoal ataupun perasan lemon.

c.    Penggunaan Uap Air Panas


Uap ternyata juga sangat membantu mengatasi komedo loh Sahabat Dream. Uap dapat membantu untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang menumpuk diwajah. Apabila uap mengenai wajah kita dalam beberapa menit, pori-pori yang ada diwajah kita akan melebar dan akan sangat mudah untuk kita mengeluarkan kotoran yang mengendap.

Inhalasi Uap
Cara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan uap cukup sederhana dengan menyiapkan air yang sudah mendidih ke mangkok atau wadah yang tidak terlalu kecil untuk ukuran wajah kita. Kemudian condongkan wajah kita kearah uap tersebut hingga uap tersebut benar-benar mengenai wajah. Untuk lebih memudahkan kita mengambil kotoran yang mengendap, setelah melakukan penguapan dapat langsung menggunakan produk yang bertujuan untuk mengangkat komedo.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan 'Double Cleansing'

a.    Pembersihan Ganda 'Double Cleansing'

Sebelum Makeup, Jangan Lupa `Double Cleansing`!

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa komedo muncul dikarenakan adanya penumpukan minyak atau sebum yang bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati. Untuk itu,cara menghilangkan komedo di hidung dengan melakukan pembersihan ganda sangat disarankan bagi kalian. Sahabat Dream bisa menggunakan pembersih yang berjenis cair dan berminyak.

b.    Produk yang mengandung BHA


Yang berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati yang ada di pori-pori wajah. BHA sendiri memliki sifat yang mudah larut dalam minyak, karena BHA terbentuk dari susunan lemak. BHA lebih cocok digunakan oleh kulit wajah yang berminyak, berjerawat dan bisa juga digunakan oleh kulit normal. Hal tersebut dikarenakan BHA tidak memiliki sifat untuk melembapkan, sebaliknya BHA memiliki sifat mengeringkan kulit.

BHA yang digunakan bisa berupa pembersih wajah, tetapi akan lebih baik menggunakan BHA sebagai toner atau produk yang bisa digunakan lebih lama dikulit wajah.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mengangkat Kulit Mati

c.    Mengangkat sel kulit mati


Salah satu faktor munculnya komedo karena adanya sel kulit mati yang masih menempel diwajah. Untuk mengatasi komedo, Sahabat Dream harus selalu membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Selain dapat menyebabkan munculnya komedo, sel kulit mati yang menumpuk juga menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Mengangkat sel kulit mati bisa dengan menggunakan produk yang mengandung AHA.

AHA sendiri berbeda dengan BHA, AHA lebih memiliki sifat yang melembapkan kulit. Selain melembapkan kulit, AHA memiliki sifat yang mudah larut dalam air. Untuk itu, AHA lebih ccocok digunakan pada jenis kulit kering dan kulit normal.

d.    Menggunakan masker wajah

masker wajah

Penggunaan masker wajah juga sangat bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung. Tidak semua masker berfungsi untuk mengatasi komedo, gunakan masker yang memiliki unsur clay atau lumpur alami.

Clay mask merupakan salah satu produk masker wajah yang cocok diperuntukan bagi wajah berminyak. Tujuannya adalah untuk menyerap kelebihan minyak yang ada pada pori-pori di wajah kita.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Ampuh dan Cepat, Cukup Gunakan 3 Bahan Ini!

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Ampuh dan Cepat, Cukup Gunakan 3 Bahan Ini!

Komedo di area hidung telah menjadi masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan selain jerawat. Yuk, simak cara menghilangkannya!

Baca Selengkapnya
Bintik Komedo Kecil Jangan Diabaikan, Atasi Segera dengan Bahan Rumahan

Bintik Komedo Kecil Jangan Diabaikan, Atasi Segera dengan Bahan Rumahan

Tak jarang ketika menatap cermin terasa kesal saat menyoroti titik-titik komedo kecil yang muncul di hidung.

Baca Selengkapnya
Kain Hijab Terkena Noda Membandel? Jangan Khawatir, Segera Bersihkan dengan 4 Tips Mudah Ini

Kain Hijab Terkena Noda Membandel? Jangan Khawatir, Segera Bersihkan dengan 4 Tips Mudah Ini

Cara membersihkan noda membandel pada hijab. Cobain, yuk!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Trik  Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Trik Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Rambut yang dicat dengan warna lebih terang daripada aslinya membutuhkan perawatan khusus. Cari tahu perawatan rambut berwarna agar warnanya tidak memudar.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Mencuci pakaian olahraga terkadang butuh cara khusus agar bau keringatnya menghilang. Kamu bisa gunakan bahan alami untuk membuatnya semakin bersih dan wangi.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
6 Tips Menghilangkan Dengkur Saat Tidur

6 Tips Menghilangkan Dengkur Saat Tidur

Mendengkur memang seringkali dianggap sebagai masalah remeh, tapi bagi sebagian orang, itu bisa menjadi pengganggu serius, terutama bagi pasangan tidur.

Baca Selengkapnya