Cara Merawat Kuku Kaki Agar Tampak Sehat dan Terawat

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 31 Mei 2019 15:12
Cara Merawat Kuku Kaki Agar Tampak Sehat dan Terawat
Kuku kaki rapuh? Kuku kaki menebal? Kuku kaki menguning? Itu merupakan gejala kerusakan yang dialami oleh kuku kaki. Ingin mencegahnya? Yuk baca cara mengatasinya disini! Selamat mencoba Sahabat Dream

Dream Kuku kaki tidak kalah pentingnya dengan kuku tangan loh. Pasti sebagian besar Sahabat Dream lebih sering merawat kuku tangannya, hayo ngaku!

Masalah gangguan pada kuku lebih sering dialami pada kuku kaki. Untuk itu, kuku kaki dapat mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.  

Masalah yang sering dialami kuku kaki seperti tumbuhnya jamur dan juga infeksi. Tumbuhnya jamur pada kuku kaki dikarenakan suhu kaki lebih sering lembab, kondisi itu membuat jamur sering tumbuh.

Selain itu, kecerobohan dalam merawat kuku kaki dapat menyebabkan infeksi yang dimana bisa semakin bertambah parah apabila tidak ditangani.

Dengan adanya berbagai masalah yang sering timbul di kuku kaki, Sahabat Dream harus memberikan perhatian juga pada kuku kaki.

Masih bingung bagaimana cara merawatnya? Berikut beberapa cara merawat kuku kaki yang dapat dilakukan di rumah. Selamat mencoba!

 

1 dari 4 halaman

Kebersihan dan Potong Kuku

1.    Menjaga Kebersihan Kuku

Menjaga kebersihan kuku kaki dapat dimulai dengan rutin membersihkannya dengan air bersih dan sabun. Bersihkan kaki kalian setiap selesai beraktivitas di luar ya, karena kuku kaki mudah terkena kuman dan bakteri.

 Cara Merawat Kuku Kaki



2.    Memotong Kuku Kaki secara Teratur

Jangan membiasakan diri untuk memanjangkan kuku kaki. Selain bisa membuat kalian tersandung, memanjangkan kuku kaki dapat memuculkan berbagai gangguan pada kuku. Untuk itu, potonglah kuku kalian apabila telah terasa memanjang dan tidak nyaman atau minimal memotong kuku 1-2 minggu sekali.

2 dari 4 halaman

Cara Memotong Kuku



3.    Perhatikan Cara Memotong

Salah dalam teknik memotong kuku dapat menimbulkan masalah baru loh. Jika salah dalam memotong kuku, bisa-bisa kutikula yang terdapat di kuku kaki akan ikut terpotong juga.

 Cara Merawat Kuku Kaki

Sedangkan, kutikula berfungsi sebagai penghalang kuman dan bakteri masuk ke dalam kuku. Sahabat Dream harus memotong kuku kaki sesuai dengan bentuk kuku kaki kalian ya. Untuk hasil yang maksimal, boleh menggunakan kikir kuku untuk menghaluskan tepian kuku.

3 dari 4 halaman

Pelembab



4.    Menggunakan Pelembab Kuku

Setelah memotong kuku kaki, cuci bersih kaki kalian dengan air yang mengalir dan keringkan menggunakan handuk bersih. Gunakan pelembab kuku untuk tahap selanjutnya agar kutikula yang ada di kuku kaki dapat  ternutrisi.

 6 Tanda-Tanda Penyakit jika Warna Kuku Kaki Mulai Menghitam

Pilihlah pelembab kuku yang mengandung petroleum jelly.  Oleskan di sekitar kuku juga ya dan bahkan bisa juga mengoleskan pelembab ke seluruh telapak kaki.

4 dari 4 halaman

Alas Kaki



5.    Perhatikan Alas Kaki

Alas kaki yang cocok merupakan salah satu cara merawat kuku yang modis. Memiliki kuku kaki yang sehat penting untuk memperhatikan alas kaki yang akan digunakan.

 Cara Merawat Kuku Kaki

Hindari menggunakan alas kaki yang tidak nyaman digunakan di kaki contohnya seperti ukuran yang terlalu kecil. Bahan alas kaki yang akan dikenakan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Pilihlah alas kaki atau sepatu yang terbuat dari kanvas ataupun kulit dan juga pilihlah alas kaki yang memiliki sirkulasi udara.

 (ism, sumber: Fimela.com)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary