Tips Obati Cantengan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 26 Maret 2020 13:12
Tips Obati Cantengan yang Bisa Dilakukan di Rumah
Kamu pernah cantengan?

Dream - Urusan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam atau yang biasa disebut cantengan jangan kamu sepelekan. Karena selain menyebabkan luka dan rasa sakit, jari kamu akan mudah infeksi.

Untuk itu, perlu kamu obati secara cepat agar tidak bermasalah serius. Untuk pengobatan pertama, Sahabat Dream bisa lakukan di rumah dengan mudah.

Rendam kaki dengan cuka apel

Cuka apel sebagai produk yang memiliki banyak manfaat. Layaknya ramuan, cuka apel punya sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan anti-bakteri yang kuat. Cuka apel dapat membantu menghilangkan infeksi dalam sekejap.

Tambahkan 1/4 cangkir cuka sari apel ke bak air hangat dan rendam kaki selama 20 menit, lalu angkat dan diamkan kaki mengering. Lakukan setiap hari untuk hasil yang terbaik.

ilustrasi cuka apel© Shutterstock

Pilih alas kaki yang tepat

Seringkali kita salah memilih alas kaki, sehingga menimbulkan berbagai macam masalah pada kaki, seperti cantengan.

Jangan memakai hal-hal yang terlalu ketat dan kencang, karena kulit tidak bisa bernafas. Hal tersebut juga memungkinkan untuk terjadi infeksi pada kaki. Sebaliknya, kenakan alas kaki yang pas dan nyaman di kaki.

ilustrasi sepatu© Shutterstock

1 dari 3 halaman

Rendam kaki dengan sabun

Alternatif lain untuk mengobati cantengan adalah merendam kaki dalam air sabun yang hangat.

Sabun memiliki sifat anti-bakteri dan membantu mencegah segala jenis infeksi. Pastikan untuk melakukan ini 2-3 kali sehari dan lihatlah perbedaannya.

ilustrasi rendam kaki© Shutterstock

Taruh kapas di bawah ujung kuku

Salah satu obat yang diklaim ampuh untuk cantengan adalah meletakkan kapas di bawah ujung kuku, untuk mendorongnya tumbuh ke arah yang benar.

Pastikan untuk merendam bola kapas kecil dalam cairan antiseptik sebelum melakukan treatment di atas, sehingga tidak menyebabkan infeksi apa pun. (Miss Kyra)

Laporan: Raissa Anjanique

2 dari 3 halaman

Hanya Perawatan Kaki Bisa Bantu Jaga Kesehatan Tubuh, Kok Bisa?

Dream - Detoksifikasi sama pentingnya dengan makan dan bernafas. Kamu akan menemukan racun setiap hari, dalam air yang diminum, udara yang dihirup, produk kecantikan dan berbagai produk lainnya.

Racun yang menumpuk di hati dan usus serta menghambat fungsinya, menyebabkan banyak masalah di tubuh, lalu memicu datangnya jerawat.

Tren detoksifikasi terbaru adalah detoks kaki. Hal tersebut diyakini sebagai cara yang bagus untuk mendetoksifikasi tubuh karena kaki merupakan tempat dari ujung saraf dan kelenjar keringat.

Spa Kaki© Foto: Shutterstock

Merendam kaki dalam air panas juga dapat menenangkan tubuh, mengurangi pembengkakan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Menurut penelitian, detoksifikasi kaki mampu menghilangkan racun di kaki.

3 dari 3 halaman

Detoksifikasi Tubuh Melalui Kaki


Spa Kaki© Foto: Shutterstock

Merendam kaki: Rendam kaki dalam air dengan beberapa garam epsom dan essential oil.  Biarkan selama 15 menit dan keringkan. Lalu, pijat menggunakan pelembap.

Masker kaki: Masker ini diaplikasikan pada kaki selama beberapa menit dan dibilas. Masker kaki dapat melembutkan kulit, menghilangkan jamur di kuku kaki dan membantu mengatasi kutu air.

Scrub kaki: Scrub kaki harus dilakukan secara teratur.  Cara ini mampu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bau kaki.

Footpad: Footpad digunakan untuk membuat kaki berkeringat. Cara ini diklaim mampu mengeluarkan racun dari tubuh.

Pijat Kaki© Foto: Shutterstock

Pijat acupressure: Telapak kaki mengandung ratusan ujung saraf dan titik acupressure yang dapat dipijat untuk membantu menyembuhkan bagian-bagian tubuh tertentu.(Sah)

Beri Komentar