Tips Mengatasi Kuku yang Rusak di Rumah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 27 Agustus 2019 14:47
Tips Mengatasi Kuku yang Rusak di Rumah
Pernah mengalami kuku rusak tiba-tiba?

Dream - Masalah kecantikan tidak hanya soal wajah. Bagian tubuh lain juga perlu dirawat untuk menambah penampilan cantik kaum wanita.

Kuku, misalnya, juga perlu dirawat. Sebab, bila kuku Anda kusam, atau bahkan rusak, tentu akan mengurangi penampilan. Bila sudah begitu, kuku butuh perawatan khusus.

Saat ini memang sudah banyak wanita yang peduli dengan kecantikan kuku. Mereka melakukan perawatan kuku, termasuk ke salon. Tapi tak sedikit pula yang belum tahu tentang kecantikan kuku.

Dikutip dari Makeup.com, Selasa 27 Agustus 2019, berikut ini tips merawat kuku dari Celebrity Manicurist, Angel Williams:

1 dari 5 halaman

Apa yang menyebabkan kuku patah?

Kuku rapuh dan kurang lembap akan lebih mudah rusak. Kuku juga bisa pecah karena kekurangan vitamin atau mineral serta memakai cat maupun penguat kuku terlalu lama.

 shutterstock© shutterstock.com

Mengapa kamu harus selalu memperbaiki kuku yang patah?

Tergantung pada seberapa parah kerusakan kukumu. Setiap kuku harus terlihat sehat dengan segala ukuran.

2 dari 5 halaman

Bagaimana caranya memperbaiki kuku yang patah?

Jika ingin mengatasinya di rumah, kamu bisa memotong kantong teh atau kertas saring kopi dengan ukuran sedikit lebih besar dari area kuku yang rusak.

Oleskan sedikit lem kuku pada area yang rusak dan tempelkan kertas di atasnya. Pastikan lem menyebar ke seluruh bagian kertas yang digunakan.

Hapus sisa lem di pinggiran kuku setelah mengering dan oleskan top coat. Ketika memperbaiki naiI yang rusak, gunakan kuas untuk mengoleskan lem agar lebih mudah.

 shutterstock© shutterstock.com

Adakah alat atau trik lain saat memperbaiki kuku yang patah?

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan nail powder. Oleskan lem tipis pada seluruh kuku yang rusak.

Taburkan atau penuhi kuku dengan nail powder dan biarkan lem menyerap. Biarkan hingga kering, bersihkan permukaannya agar lebih rapi dan aplikasikan top coat. Nail powder akan menambahkan lapisan yang membuat area kuku rusak keluar dan mempercepat penyembuhan.

3 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Kuku yang Rusak di Rumah

Langkah 1: Potong kantong teh atau filter kopi untuk membuat perban
Langkah 2: Oleskan sedikit lem dan tempelkan kantung teh atau filter kopi
Langkah 3: Setelah lem mengering, rapikan sisi-sisi kuku
Langkah 4: Aplikasikan top coat

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

4 dari 5 halaman

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kuku

Dream - Hobi menggigit kuku? Inilah salah satu kebiasaan buruk yang merusak kuku yang dilakukan tanpa kita sadari.

Disadari atau tidak, kaum wanita seringkali tidak terlalu memperhatikan kondisi dan kesehatan kuku.

Padahal, memiliki kuku yang cantik bisa menjadi salah satu penunjang penampilan seorang wanita. Karenanya, merawat dan memelihara kuku harus dilakukan agar kuku tetap sehat dan terlihat cantik.

Dilansir Reader's Digest, inilah 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak kuku.

Jarang Banget Lakukan Ini

1. Jarang membersihkan cat kuku

Meski tidak membahayakan, membiarkan cat kuku menempel terlalu lama bisa merusak kuku. Membersihkan cat kuku secara teratur akan membuat kuku tetap sehat dan cantik.

Jika membiarkannya menempel terlalu lama, pigmen di dalam cat kuku bisa masuk ke dalam lapisan atas kuku sehingga sulit untuk menghilangkannya.

Selain itu, usahakan tidak terlalu sering memesan nailart 'panggilan' untuk melakukan perawatan kuku. Lebih baik biarkan kuku bernapas sedikitnya dua minggu sebelum memesan nailart panggilan lagi.

  5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kuku© shutterstock.com

2. Tidak mencuci tangan sampai bersih

Meskipun mencuci tangan beberapa kali sehari, namun seringkali tidak menjangkau bagian kuku. Mengabaikan kuku dalam proses mencuci tangan bisa membuat bakteri menumpuk di bawahnya. 
Akibatnya ujung jari menjadi tempat utama bakteri yang bisa menimbulkan infeksi. Cuci tangan dengan sikat kuku sampai bersih setidaknya sekali sehari.

5 dari 5 halaman

Pakai Kuku Buat Alat Pembuka

3. Menggunakan kuku sebagai alat pembuka

Jangan pernah menggunakan kuku sebagai alat pembuka kaleng minuman, melepas selotip, mengikis label harga, dan sebagainya. Gunakan alat yang memang diciptakan untuk mengerjakan semua itu.

4. Bersih-bersih tanpa memakai sarung tangan

Sebaiknya sediakan sarung tangan khusus untuk dipakai bersih-bersih perabotan atau mencuci piring. Kuku yang terpapar bahan kimia yang ada di cairan pembersih bisa membuatnya kering dan mudah patah. Hindari memakai cairan pembersih yang mengandung alkohol.

Selain itu, kuku akan membengkak jika terlalu lama terendam air. " Hal ini bisa berujung pada kuku yang mudah terkelupas dan patah," kata Katie Jane Hughes, duta Butter London Global Colour, kepada TODAY.

5. Mengabaikan nutrisi penguat kuku

Keadaan kuku mencerminkan makanan yang Anda makan. Jika terbiasa memilih yang buruk, jangan berharap memiliki kuku yang sehat dan cantik.

Makanan yang kaya akan zat besi seperti telurbayam, daging merah, dan sebagainya, dapat memperkuat kuku. 
Agar kuku makin sehat, tambahkan dua sendok makan minyak biji rami ke sarapan Anda setiap pagi.

Sumber: Reader's Digest

Beri Komentar