Akibat Pandemi Covid-19, Hotel Keluarkan 20 Aturan Baru Buat Tamu

Reporter : Sugiono
Senin, 18 Mei 2020 11:11
Akibat Pandemi Covid-19, Hotel Keluarkan 20 Aturan Baru Buat Tamu
Mulai dari pakaian dalam, pulpen hingga bola golf

Dream - Negara-negara yang sebelumnya mengerapkan lockdown atau pembatasan akibat wabah virus corona mulai melonggarkan aturannya.

Sebagian keran bisnis pun mulai dibuka, contohnya dunia pariwisata yang benar-benar terimbas pandemi Covid-19.

Baru-baru ini negara Spanyol menyiapkan aturan untuk menyambut pembukaan kembali sektor pariwisata usai dihantam pandemi virus corona.

Pemerintah dengan tegas meminta petugas maupun tamu hotel untuk menaati aturan jika ingin industri pariwisata normal kembali.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah mengeluarkan setidaknya 20 poin dalam aturan tersebut yang disusun sedetail mungkin.

Tujuannya agar Spanyol tidak mengalami serangan wabah virus corona gelombang kedua. Spanyol menjadi salah satu negara terparah di Eropa dengan angka kematian akibat Covid-19 mencapai 27.321 jiwa.

1 dari 4 halaman

Aturan Begitu Masuk ke Hotel

Selain 20 poin tersebut, pemerintah juga mewajibkan mereka yang datang ke Spanyol untuk menjalani karantina mandiri selama dua minggu.

Seperti dikutip dari The Sun, Jumat 15 Mei 2020, berikut daftar poin dalam aturan yang harus ditaati jika masuk ke sebuah hotel di Spanyol.

1. Tamu hotel harus melalui alat disinfektan begitu tiba di lobi untuk membersihkan alas kaki.

2. Tidak ada lagi layanan valet. Semua barang bawaan tamu hotel akan dilap dan disemprot disinfektan sebelum dibawa ke dalam kamar.

3. Pembatasan jarak di seluruh area hotel, termasuk di area penerimaan yang diberi tanda khusus. Antrean diperkirakan semakin panjang saat check-in.

4. Tidak ada jabat tangan atau pelukan antara staf dan tamu hotel. Tidak peduli anda tamu reguler atau VIP.

5. Dilarang meminjam alat tulis saat mengisi formulir atau menandatangani berkas di meja resepsionis. Jika memang terpaksa pinjam, maka alat tulis harus dilap dengan disinfektan terlebih dahulu.

2 dari 4 halaman

Aturan Lift, Kamar, dan Toilet

6. Diperbolehkan menggunakan lift dengan anggota keluarga. Jika bersama orang lain, maka wajib memakai masker.

7. Staf hotel akan memakai ADP lengkap yang diganti dalam beberapa kali. Seragam staf hotel dicuci setiap hari dan pakaian dinas mereka harus dimasukkan ke dalam tas tertutup. Seluruh barang pribadi, mulai dari ponsel hingga kacamata, harus disemprot disinfektan.

8. Tamu hotel harus keluar ketika kamar sedang dibersihkan petugas yang akan menggunakan ADP lengkap.

9. Hotel harus menyediakan gel disinfektan dan fasilitas mencuci tangan di setiap sudut.

10. Toilet umum akan dibersihkan dan disemprot disinfektan enam kali sehari. Tidak ada lagi handuk tebal. Hotel hanya menyediakan tisu sekali pakai.

3 dari 4 halaman

Hanya Menerima Pembayaran Elektronik

11. Tidak boleh pinjam atau meminjamkan buku sembarangan pada teman seperjalanan. Semua buku harus disemprot disinfektan dan dikarantina selama seminggu.

12. Mini bar akan dihilangkan dari kamar tamu, kecuali jika hotel bisa menyemprot seluruh ruangan setelah tamu pulang. Perabot tidak penting seperti lukisan dan karpet dihilangkan karena dikhawatirkan menjadi sarang kuman.

13. Semua barang di dalam kamar akan disemprot disinfektan. Mulai dari perabot kamar mandi hingga telepon, lampu dan sikat toilet.

14. Setiap kali keluar, tamu hotel harus menyerahkan kunci kamar karena akan disemprot disinfektan.

15. Pembayaran hotel hanya memakai kartu atau alat pembayaran elektronik lainnya. Hotel tidak menerima uang tunai.

4 dari 4 halaman

Laundry hingga Permainan Golf

16. Layanan setrika mungkin dibatasi atau bahkan ditiadakan. Selimut dan bantal yang tidak dipakai dimasukkan dalam kantong tertutup. Sedangkan pengering rambut akan dilap disinfektan secara rutin.

17. Hotel tidak lagi menyediakan minyak, garam atau merica di meja restoran. Interaksi para tamu juga akan dibatasi.

18. Tamu dilarang menaruh pakaian dan handuk kotor di lantai. Kedua barang tersebut harus dimasukkan dalam kantong tertutup sebelum dikumpulkan petugas kebersihan dan ditaruh di dalam kantong kedua. Aturan yang sama juga diberlakukan pada pakaian dalam.

19. Permainan golf mungkin akan berbeda. Setiap pemain harus mendisinfeksi bola golf miliknya. Pemain tidak boleh berbagi buggy atau menyentuh bendera. Sehingga bendera akan tetap di tempatnya sepanjang waktu.

20. Standar higienis yang ketat akan diberlakukan pada layanan pusat kebugaran hotel. Antar kelas akan ada jeda waktu yang signifikan. Angkat beban, bola fitnes, dumbel, dan peralatan lain ditiadakan bila hotel tak bisa menjamin kebersihannya.

Beri Komentar