Ini Tempat Paling Aman Hindari Covid-19 Saat Duduk di Pesawat

Reporter : Ulyaeni Maulida
Sabtu, 13 Juni 2020 13:10
Ini Tempat Paling Aman Hindari Covid-19 Saat Duduk di Pesawat
Bagaimana tetap aman selama naik pesawat di tengah virus Covid-19?

Dream – Wabah Covid-19 telah menyebabkan berbagai penerbangan di seluruh dunia dihentikan sementara. Setelah beberapa bulan pembatasan wilayah, kini sejumlah rute penerbangan mulai kembali dibuka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Meskipun begitu, masyarakat tetap diminta untuk selalu waspada. Karena penyebaran virus yang dapat terjadi kapan dan di mana saja.

Untuk itu, selalu patuhi panduan kesehatan seperti memakai masker saat berpergian, mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitizer sendiri, hingga selalu menjaga jarak aman dengan orang lain.

Saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, infeksi virus covid-19 juga dapat terjadi. Yaitu melalui permukaan di mana tetesan droplet menempel. Seperti pada kursi atau meja di dalam pesawat.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Mencegah Penularan Covid-19 Saat di Pesawat?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kontak fisik dapat terjadi dengan orang yang terinfeksi saat sedang duduk dalam baris yang sama di kursi pesawat.

Tetapi selama penerbangan yang perlu diwaspadai adalah ketika orang-orang tidak hanya sekedar duduk di dalam pesawat. Mereka juga pergi ke kamar mandi, mengambil barang, atau bahkan meregangkan kaki.

Untuk itu, selama di pesawat agar selalu berhati-hati. Saat memegang permukaan benda yang rentan terkena sentuhan. Jangan sering menyentuh wajah, meskipun sedang memakai masker. Karena bisa saja virus yang berada diluar masker, masuk ke hidung atau mulut akibat sentuhan tersebut.

2 dari 3 halaman

Penumpang di Kursi Dekat Jendela Kemungkinan Kecil Tertular

Tim Penelitian FlyHealthy mengamati perilaku penumpang dan awak pada sepuluh penerbangan lintas benua AS sekitar tiga hingga lima jam. Dipimpin oleh Vicki Stover Hertzberg dan Howard Weiss dari Emory University, mereka tidak hanya melihat bagaimana orang bergerak di sekitar kabin. Tetapi juga pada bagaimana hal itu memengaruhi jumlah dan durasi kontak mereka dengan orang lain.

" Misalkan kamu duduk di kursi lorong atau kursi tengah dan saya berjalan ke toilet, kami dapat melakukan kontak langsung. Artinya kami akan berada dalam jarak satu meter. Jadi jika saya terinfeksi, saya dapat memberikan infeksi pada orang yang berada didekat saya,” ucap kata Weiss, profesor biologi dan matematika di Penn State University.

Seperti yang diungkapkan oleh penelitian pada 2018, sebagian besar penumpang meninggalkan tempat duduk mereka.  Umumnya mereka menggunakan kamar kecil atau memeriksa tempat sampah yang berlebihan. Secara keseluruhan, 38 persen penumpang meninggalkan kursi mereka sekali dan 24 persen lebih dari sekali. 38 persen lainnya tinggal di kursi mereka selama penerbangan.

Aktivitas ini membantu menentukan tempat paling aman untuk duduk. Para penumpang yang paling tidak mungkin untuk bangun berada di kursi jendela. Hanya 43 persen bergerak di sekitar kursi kabin. Dengan demikian, penumpang kursi dekat jendela memiliki pertemuan yang jauh lebih sedikit daripada orang di kursi lain.  

3 dari 3 halaman

Selalu Ikuti Protokol Kesehatan

Demi melindungi diri dari penyebaran virus covid-19 selama berada di pesawat, selalu ikuti protokol kesehatan yang berlaku. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau gunakan handsanitizer.

Selain itu hindari sering menyentuh wajah. Dan sebisa mungkin untuk tidak melakukan kontak langsung dengan penumpang lain. Terutama jika mereka sedang dalam keadaan kurang sehat.

(Sumber: nationalgeographic.com)

Beri Komentar