Pengembangan Kampung Bali Bekasi Utara Dapat Dukungan Kemenparekraf

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 12 Mei 2021 13:10
Pengembangan Kampung Bali Bekasi Utara Dapat Dukungan Kemenparekraf
Kampung Bali tengah dikembangkan menjadi objek wisata di Bekasi Utara

Dream - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung upya pengembangan Kampung Bali menjadi destinasi wisata di Bekasi Utara. Kampung Bali di Jalan Merpati RT11/RW9 Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasimerupakan destinasi yang tercipta sebagai hasil kreasi masyarakat sekitar, dengan seluruh bagiannya identik dengan adat dan budaya Bali.

" Untuk pengembangan satu destinasi kita perlu melakukan diskusi mulai dari target wisatawan dan sebagainya. Kemenparekraf siap mendukung pengembangan Kampung Bali melalui program-program yang ada," ujar Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani, saat meninjau Kampung Bali pekan lalu.

Sejumlah program yang akan dijalankan seperti pengembangan sumber daya manusia lewat sejumlah program Kemenparekraf. Sehingga, Kampung Bali dapat memberikan manfaat tidak semata kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidup serta toleransi semakin kuat.

Kampung Bali sendiri diinisiasi oleh warga yang 70 persen di antaranya merupakan warga keturunan Bali. Sehingga suasana dan ornamen-ornamen yang ada kental dengan budaya Bali.

 

1 dari 1 halaman

Wisata Edukasi

Meski warga keturunan Bali menjadi mayoritas, toleransi dalam kehidupan masyarakat sangat kuat. Giri mengatakan nilai toleransi akan menjadi kekuatan pada atraksi di Kampung Bali.

" Jadi orang datang ke sini tidak hanya melihat suasana seperti di Bali, tapi juga kehidupan warganya yang hidup dalam toleransi tinggi," kata Giri.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, mengatakan Kampung Bali merupakan satu dari beberapa kampung tematik yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kota. Destinasi ini tidak hanya menggambarkan suasana Bali, tapi juga kental dengan nuansa seni, budaya, sejarah, serta edukasi tentang toleransi di masyarakat.

" Saya berharap masyarakat berada di garda terdepan. Keragaman budaya, keragaman berbangsa dan bernegara," ucap Tri.

Beri Komentar