Tips Mengatasi Stres Selama Pandemi Covid-19

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 16 September 2020 17:12
Tips Mengatasi Stres Selama Pandemi Covid-19
Cari tahu cara mengatasi stres serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Dream - Stres dan penyakit mental lainnya telah dianggap lumrah terjadi di masa pandemi. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa terdapat lebih dari 1500 orang Indonesia telah berkonsultasi pada dokter spesialis jiwa.

Dari sejumlah orang yang berkonsultasi itu, terdapat 64 persen mengalami berbagai gangguan mental seperti stres, depresi, cemas serta lainnya. Bahkan, ada juga yang mengalami PTSD.

Jika dibiarkan, stres dan masalah mental bisa memberi efek buruk pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengatasinya secara bertahap.

1 dari 2 halaman

Mengontrol stres

Stres© Shutterstock.com
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memvalidasi perasaan. " Jadi, ketahui dan sadari terlebih dahulu kalau kondisi diri sendiri sedang stres," kata Reinita Arlin, Medical Doctor pada peluncuran Trulife Essential Oil by Tupperware, Selasa kemarin.

Lalu, kamu bisa mencari cara untuk bangkit dari stres. Kemudian, makan makanan yang bergizi seimbang bisa berpengaruh baik pada kesehatan tubuh dan mental.

2 dari 2 halaman

Makan sehat

Makan Sehat© Shutterstock.com
" Dalam satu piring harus ada nasi dan sayur-sayuran berwarna-warni. Protein juga bisa ditambahkan sebagai zat pembangun" . Perhatikan dan pertahankan imunitas tubuh dengan berolahraga teratur.

" Lakukan olahraga berintensitas ringan sampai sedang. Yang mana, kita masih bisa mengobrol dan nyaman pakai masker ketika berolahraga. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga sedang sampai berat malah menurunkan imunitas tubuh," jelasnya.

Jangan lupa kuasai teknik relaksasi untuk mencegah produksi hormon kortisol berlebihan. " Cari hal yang bisa menstimulasi panca indra agar lebih senang. Agar metabolisme dan imunitas juga meningkat," tutupnya.

Beri Komentar