6 Perusahaan Sukses Ini Berubah Total dari Awal Berdirinya

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 22 Juli 2015 10:00
6 Perusahaan Sukses Ini Berubah Total dari Awal Berdirinya
Tahukah Anda jika BMW ketika pertama kali dibangun bukan untuk memproduksi mobil?

Dream - Perusahaan harus senantiasa menyesuaikan diri dengan perubahan. Bila perlu mengubah bisnis inti yang selama ini dijalani jika dianggap takkan lagi menguntungkan.

Anda selama ini mungkin hanya tahu BMW sebagai merek mobil mewah asal Eropa. Tapi tahukan Anda, jika BMW pada awal berdirinya merupakan perusahaan yang khusus menggarap pesawat.

Mengutip laman The Richest, Rabu, 22 Juli 2015, setidaknya ada 10 perusahaan ternama yang telah mengubah haluan produksinya pada titik tertentu dalam sejarah produksi mereka.

Tidak seperti perusahaan umumnya, perusahaan-perusahaan ini mengambil langkah ekstrem sehingga menjadi industri yang berbeda saat mengembangkan usahanya.

6. Abercrombie & Fitch

Untuk perusahaan ini, produk finalnya hampir sama, yakni pakaian, namun tetap saja ada perbedaan yang signifikan. Dulunya Abercrombie & Fitch adalah toko olah raga berburu. Kisahnya dimulai ketika David T. Abercrombie, pada tahun 1898, membuka sebuah toko kecil di tepi pantai di Manhattan yang disebut " Abercrombie Co" . Pada tahun 1904, seorang teman lama, pengacara Ezra Fitch, membeli sebagian besar saham dari perusahaan dan memberinya nama seperti saat ini. Meskipun Abercrombie menjual sahamnya pada tahun 1907, bisnis mereka begitu sukses sehingga pada tahun 1910 membuka toko yang berlokasi di gedung dua belas tingkat di Madison Avenue, New York. Toko tersebut menjual aneka pakaian olah raga, termasuk menyediakan olah raga menembak dalam ruangan dan sekolah golf. Pada tahun 1939, Abercrombie & Fitch adalah " Toko Peralatan Olahraga Terbesar di Dunia" menurut logonya. Sekarang, lebih dari seratus tahun kemudian, A & F dikenal sebagai jaringan toko pakaian yang menyasar kalangan remaja dengan berbagai jenis pakaian casual dan 'all-American' mulai dari denim jeans, graphic dan polo tees, checked shirts sampai dengan hoodies.

5. 3M

Saat ini orang mengenal 3M sebagai merek dari berbagai jenis lem dan lakban. Padahal, dulu 3M adalah perusahaan penambangan mineral bernama Minnesota Mining and Manufacturing Company (3M) yang didirikan pada 1902. Lima pendiri perusahaan ingin menambang mineral yang disebut korundum di Crystal Bay, dekat Orono. Namun, mineral itu tidak banyak atau tidak menguntungkan, sehingga mereka meninggalkan usaha itu. Tetapi tetap memakai nama 3M. Ketika pada tahun 1925, perusahaan tiba-tiba berubah haluan mulai memproduksi berbagai jenis lem dan lakban seperti sekarang.

4. National Geographic

Majalah yang terkenal karena liputan yang humanis dan foto-fotonya yang menakjubkan ini dulunya hanyalah sebuah jurnal ilmiah bagi sekelompok orang di Washington, D.C. yang haus akan pengetahuan geografi. Didirikan oleh National Geographic Society pada 27 Januari 1888, National Geographic punya anggota dari berbagai latar belakang seperti pengacara, ilmuwan, pejabat militer, guru, kartografer, dan orang-orang kaya. Perubahan besar terjadi pada 1899 ketika terjadi pergantian pemimpin yang akhirnya mengubah haluan dari sekedar jurnal ilmiah yang hanya berisi teks menjadi sebuah majalah yang menonjolkan foto-foto resolusi tinggi. Satu-satunya yang tidak berubah dari National Geographic adalah garis batas warna kuning yang membingkai sampul utamanya.

3. BMW

Didirikan pada tahun 1916, Bavarian Motor Works atau BMW adalah gabungan dua perusahaan yaitu Rapp Engine Works dan Otto Aircraft Works. Perusahaan awalnya adalah perusahaan untuk pesawat. BMW pernah terlibat mendukung tentara Jerman di Perang Dunia I. Tapi setelah Jerman kalah perang, Perjanjian Versailles melarang produksi pesawat di negara Eropa tersebut. Karena sumber utama pendapatan hilang, BMW beralih ke jenis lain dan mulai memproduksi sepeda motor. Sepeda motor BMW masih diproduksi saat ini, tapi tidak segencar mobil mereka, yang merupakan simbol kemewahan dalam dunia otomotif. Mobil pertama yang diproduksi oleh BMW adalah 315 Dixi, sejenis city car dan harganya murah. Berkat 315 Dixi, industri mesin mobil di Jerman kembali berkibar hingga sekarang.

2. Cosmopolitan

Tahukah Anda bahwa Cosmopolitan, atau sering disingkat Cosmo, dulu adalah majalah umum tentang gaya hidup sebelum berubah menjadi majalah khusus wanita dewasa. Awalnya disebut The Cosmopolitan Magazine, publikasi pertama kali dicetak pada tahun 1886 sebagai jurnal fashion, dekorasi rumah tangga, memasak, dan hal-hal ringan tentang budaya Amerika lainnya. Ketika Schlicht & Field, perusahaan penerbitan Cosmo, bangkrut pada tahun 1888, majalah itu dijual kepada Joseph Newton Hallock, yang mengubahnya menjadi sebuah majalah sastra dengan serial fiksi dan buku ulasan. John Brisben Walker mengambil lebih setahun kemudian dan memperluas konten dengan menyertakan cerita pendek dan esai perjalanan, dengan penekanan pada reformasi sosial dan pendidikan. Baru pada 1965, ketika Haley Gurley Brown, penulis Sex and Girl Single, mengambil alih majalah itu, Cosmo berubah dan tampil seperti sekarang ini.

1. Coca-Cola

Coca-Cola adalah minuman ringan yang paling populer di dunia. Bahkan jika bukan yang paling banyak dikonsumsi, Coca-Cola adalah merek minuman ringan bersoda yang paling dikenali. Mungkinkah kepopuleran ini karena Coca-Cola sedikit adiktif? Tidak lagi. Sekarang, Coca-Cola adalah minuman menyegarkan dan bisa dipadukan dengan makanan cepat saji apa saja. Tetapi, tahukah Anda, ketika pertama diciptakan, Coca-Cola dicampur dengan kokain. Minuman ini terinspirasi oleh koktail dengan anggur dan kokain, yang pertama kali dicoba di Perancis. Melihat tren dan peluang, Dr. John Pemberton dari Atlanta, Georgia mulai memproduksinya di rumah dan perusahaannya langsung maju pesat. Sialnya, undang-undang baru di Atlanta dan Fulton County pada 1886 membuat produknya dianggap sebagai barang haram. Untuk menghindari hukum, Pemberton menciptakan sirup non-alkohol tanpa kokain yang rasanya manis. Dia menyebut campuran tersebut Coca-Cola. Meski sekarang semua kalangan boleh minum Coca-Cola, sangat jelas bahwa minuman ini seratus tahun yang lalu ditujukan untuk orang dewasa.

Beri Komentar