Cuma Digigit Nyamuk, Pemuda Derita Sakit Aneh dan Tak Ada Obatnya

Reporter : Sugiono
Senin, 12 Oktober 2020 09:33
Cuma Digigit Nyamuk, Pemuda Derita Sakit Aneh dan Tak Ada Obatnya
Bengkak dengan ukuran tak lazim hingga terpaksa menyeret kakinya setiap kali berjalan.

Dream - Pemuda Kamboja Bong Thet tak menyangka hidupnya berubah setelah terkena gigitan nyamuk lebih dari 20 tahun yang lalu.

Kaki kiri pemuda 27 tahun ini bengkak dengan ukuran yang tak lazim. Dia terpaksa menyeret kakinya setiap kali berjalan.

Ketika ada orang menawarkan bantuan untuk membiayai pengobatan kakinya, harapan Bong pupus setelah dokter mengatakan bengkak di kakinya tak bisa disembuhkan

1 dari 4 halaman

Digigit Nyamuk Saat Berusia Enam Tahun

Kisah Bong yang menyedihkan ini berawal dari gigitan nyamuk di kaki kirinya. Karena gatal, dia terus menggaruknya hingga jadi luka kecil.

Luka kecil itu kemudian berubah jadi benjolan. Saat itu usianya baru enam tahun. Namun orangtua Bong mengabaikan kondisinya.

Mereka mengira benjolan itu disebabkan karena Bong sering bermain di luar rumahnya yang terletak di Provinsi Kampong Chhnang.

2 dari 4 halaman

Keluarga Tak Mampu Membiayai Pengobatan

Tetapi benjolan itu lama-lama membesar dan hampir menutupi seluruh kaki kirinya saat Bong berusia 12 tahun.

Orangtua Bong yang hanya buruh pabrik tak mampu mengusahakan pengobatan untuk anaknya. Akibatnya kondisi kaki Bong semakin bertambah parah.

Bong pun terpaksa berhenti sekolah karena dia mulai mengalami kesulitan untuk berjalan jarak jauh.

3 dari 4 halaman

Setelah 20 Tahun Akhirnya Bisa Berobat Secara Layak

Pemuda ini terpaksa menanggung penyakitnya selama lebih dari dua dekade tanpa mendapat pengobatan. Sampai akhirnya ada orang yang mendengar tentang penderitaannya.

Orang baik hati itu seorang wanita pengusaha bernama Dana Try. Dengan dana sebesar uang 10,000,000 Riel Kamboja (Rp36 juta), Dana membawa Bong berobat ke dokter spesialis awal bulan ini.

Inilah pertama kalinya Bong bisa berobat secara layak di rumah sakit. Awalnya Bong berharap mendapat kesembuhan untuk kakinya.

4 dari 4 halaman

Menerima Kenyataan yang Pahit

Namun setelah melakukan pemeriksaan lengkap, dokter mengatakan Bong menderita penyakit bernama Filariasis limfatik. Penyakit ini disebabkan oleh cacing parasit berbentuk benang.

Dokter menjelaskan Bong kemungkinan terinfeksi parasit melalui gigitan nyamuk yang kemudian digaruk hingga berdarah dan menjadi luka saat masih kecil.

Penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kecacatan, dan sampai saat ini belum ada vaksin atau obat untuk menyembuhkannya.

Meski berkecil hati ketika mengetahui bahwa penyakitnya tidak dapat disembuhkan, Bong tetap berterima kasih kepada orang-orang yang membantunya.

(Sah, Sumber: Daily Star)

Beri Komentar