`Balasan` Tak Tepati Nazar

Reporter : Ayik
Jumat, 1 Mei 2015 07:00
`Balasan` Tak Tepati Nazar
Ketika Nazar terucap, berarti ada suatu janji yang harus ditepati. Namun apabila seseorang yang telah mengucapkan Nazar tidak ditepati, maka mereka akan mendapatkan balasannya.

Dream - Mengucapkan janji akan suatu hal bisa disebut juga Nazar. Dalam bahasa Arab Nazar berarti mewajibkan seseuatu yang pada mulanya tidak wajib atas diri sendiri sehubungan terjadinya suatu peristiwa.

Ketika Nazar terucap, berarti ada suatu janji yang harus ditepati. Namun apabila seseorang yang telah mengucapkan Nazar tidak ditepati, maka mereka akan mendapatkan balasannya. Berikut ini beberapa balasan bagi seseorang yang tidak menepati Nazar:

1. Dalam HR. Bukhari no. 6693 dan Muslim no. 1639, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan bahwa bernazar itu sendiri dilarang oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena hanya orang pelit atau bakhil yang mengeluarkan nazar dan nazar berarti tidak dapat menolak sesuatu sama sekali.

2. Terulang di dalam HR. Muslim no. 1640, sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyatakan bahwa sebaiknya umat Islam tidaklah bernazar, ini dikarenakan takdir tidak dapat ditolak sedikit pun oleh nazar dan hanya orang pelit yang mengeluarkannya.

Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk baca di sini Baca di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

Baca Juga: Benarkah Ayam Bisa Melihat Malaikat? 'Ainul Hayat' Mata Air Bisa Memperpanjang Umur Sepiring Nasi Kakek Tukang Sampah Getarkan Hati Begini Caranya agar Doa Cepat Terkabul Makna Surga di Telapak Kaki Ibu

Beri Komentar