Doa Lengkap Memohon Ampunan Atas Segala Kesalahan

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 18 Januari 2020 18:01
Doa Lengkap Memohon Ampunan Atas Segala Kesalahan
Kesalahan dalam hidup manusia tidak bisa dihindarkan.

Dream - Tidak ada manusia yang terlahir sempurna. Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan baik yang dilakukan secara sadar maupun tidak. Tentunya, timbulnya kesalahan dapat berpengaruh dalam kehidupan kita.

Tak hanya dalam aktivitas keseharian, kesalahan bisa pula terjadi dalam kehidupan beragama kita. Hal ini dapat menjadi pemicu timbulnya dosa.

Dalam keadaan dasarnya, manusia memang tempatnya salah. Tetapi, bukan berarti kesalahan tak bisa dihapus.

Untuk itulah seorang Muslim dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Salah satunya lewat doa Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

 

1 dari 5 halaman

Doa Ampunan Segala Kesalahan

 Doa Ampunan Segala KesalahanDoa Ampunan Segala Kesalahan © Dream.co.id

Allahummaghfirli khothi ati wa jahli wa israfi amri, wa ma anta a'lamu bihi minni. Allahummaghfirli jaddi wa hazli wa khothoi wa 'amdi wa kullu dzalika 'indi. Allahummaghfirli ma qaddamtu wa ma akhkhortu wa ma asrartu wa ma a'lantu wa ma anta a'lamu bihi minni antal muqoddimu wa antal muakhiru wa anta 'ala kulli syaiin qodir.

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

2 dari 5 halaman

Doa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat

Dream - Salah satu sifat yang melekat pada manusia adalah makhluk pembelajar. Sehingga, manusia lahir dibekali kemampuan untuk belajar dan menyerap pengetahuan di sekitarnya.

Pengetahuan itu menjadi bekal manusia dalam menjalani kehidupannya. Pengetahuan tersebut menjadi ilmu yang mengarahkan jalan manusia.

Ilmu banyak sekali ragamnya. Penguasaan akan suatu ilmu melahirkan kemampuan pada diri manusia.

Namun demikian, terdapat pula ilmu yang tak bermanfaat. Ilmu ini cenderung tidak bisa diterapkan dan bisa mengandung unsur bahaya.

Agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim.

3 dari 5 halaman

Doa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat

 Doa Berlindung dari Ilmu Tak BermanfaatDoa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat © Dream.co.id

Allahumma ati nafsi taqwaha, wa zakkiha anta khoiru man zakkaha, anta waliyyuha wa mau la ha, allahumma inni a'udzubika min 'ilmi la yanfa'u, wa min qolbi la yakhsya'u, wa min nafsi la tasyba'u, wa min da'watin la yustajabu laha.

Artinya,

" Ya Allah, karuniakanlan ketakwaan pada jiwaku, sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang menyucikannya, Engkaulah yang menjaga serta melindunginya, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyuk, dan doa yang tidak diijabahi."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Mudah Tergoda Nafsu

Dream - Tak ada manusia yang tercipta tanpa nafsu. Nafsu adalah hasrat yang dapat memengaruhi perilaku manusia.

Nafsu tak selalu berkaitan dengan kebutuhan biologis. Karena pengaruh nafsu bisa terjadi dalam segala hal.

Mulai dari hal kecil hingga besar, manusia bisa dipengaruhi nafsu. Misalnya makan, minum, mengejar kekayaan dan sebagainya.

Dalam nafsu terkandung potensi keburukan yang bisa berubah menjadi kejahatan. Sehingga, manusia selalu diingatkan untuk mengendalikannya agar tidak terjerumus dalam keburukan.

Agar tidak mudah tergoda nafsu, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah dengan doa berikut. Doa ini termuat dalam riwayat dari Ibnu Umar RA.

 

5 dari 5 halaman

Doa Tak Tergoda Hawa Nafsu

 Doa tak tergoda hawa nafsuDoa tak tergoda hawa nafsu © Dream.co.id

Allahumma la takilni ila nafsi thorfata 'ainin wa la tanzi minni sholiha ma a'thoitani.

Artinya,

" Ya Allah, jangan pernah sekejap pun Engkau meninggalkan aku sendirian tanpa bantuan-Mu dan janganlah Engkau ambil kesholehan yang telah Engkau berikan padaku."

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis