Kisah Pilu TKW di Arab Saudi Harus Makan Sisa Majikan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 29 Juni 2021 08:00
Kisah Pilu TKW di Arab Saudi Harus Makan Sisa Majikan
Seorang TWK membagikan kisahnya saat hendak pergi berbuka puasa di rumah majikkannya.

Dream - Bekerja di luar negeri pasti banyak suka dukanya, bahkan sampai ada pepatah: hujan emas di negeri orang masih lebih baik hujan batu di negeri sendiri.

Banyak kisah sukses para tenaga migran asal Indonesia di luar negeri. Tapi tidak sedikit kisah pilu yang menimpa para pahlawan devisa kita. Salah satunya datang dari tenaga kerja wanita yang bekerja di Arab Saudi berikut ini.

Kisah itu diungkap oleh pemilik kanal YouTube Asma Family saat hendak pergi berbuka puasa di rumah majikannya bersama seorang teman bernama Halimah.

Dalam tayangan itu, dia mengaku jika waktu berbuka tiba dirinya dan temannya harus menunggu makanan sisa dari sang majikan yang ada di meja makan. Ia tidak diperkenankan makan di waktu bersamaan.

 

" Mbak Halimah sudah buka puasa?," tanya sang pemilik kanal kepada temannya.

" Belum, enggak dikasih makan. Disuruh nunggu," jawab rekannya sembari membereskan dapur.

" Iya, katanya suruh nunggu sisa dari meja makan tadi. Ya Allah seperti ini ya sahabat kalau jadi seorang TKW. Di Arab Saudi ini bukan enak Mbak Halimah jadi seorang TKW, ini aja makanan masih suruh nunggu makan majikannya. Kalau majikannya sudah makan katanya nanti disuruh ambil suruh makan," kata pemilik video.

1 dari 6 halaman

Makan Makanan Sisa

Sang pemilik video juga membagikan kisah pilu kehidupan seorang TKW di Arab Saudi.

Ia memperlihatkan sisa-sisa makanan dari majikannya yang sebelumnya telah disiapkan oleh temannya tersebut. Lantaran permintaan majikan, akhirnya keduanya memakan makanan sisa tersebut.

" Baru buka puasa ya Mbak Halimah, Mbak Halimah baru buka puasa?," tanya pemilik channel YouTube.

" Barusan ini," jawab rekannya.

" Asma makan syurbah karena Asma kalau buka puasa itu selain syurbah sama samosa harus," imbuhnya.

2 dari 6 halaman

Ramai Komentar Netizen

Unggahan tersebut langsung menjadi sorotan netizen. Mereka pun langsung memberikan beragam komentar terkait hal yang menimpa dua TKW di Arab Saudi itu.

" Masya Allah... Yg sabar y mbk. Smg Pahalax d tmbh. Sm Allah Swt Aamiin....," kata Sigit Susanto.

" Bersyukur aja mbknya..
Emang di arab seperti itu aku juga pernah krja di arab Biasa saja kalao buln puasa malah ga terllu nafsu mkn..," tulis akun Tania Alengka Channel

" Walaupun sisa tapi masih layak untuk dimakan.... Makanan nya jg enak2 Alhamdulillah," tutur kanal Nur Aisyah Azzahroh.

" Asalamualaikum🙏🏻🙏🏻semangat kak💪💪💪sehat sllu dan sukses sllu aminnn🤲🤲🤲," doa Wati Nurwati.

3 dari 6 halaman

Videonya

4 dari 6 halaman

Kisah TKW Diharuskan Tidur Sekamar dengan Majikan Pria

Dream - Belakangan seorang YouTuber yang diketahui berprofesi sebagai seorang TKW di Taiwan bernama Titi Tilah blak-blak tentang pengalamannya. Hal tersebut ia bagikan melalui unggahan videonya dengan judul " TKW INI TIDUR SATU KAMAR SAMA MAJIKAN//mas Bos kumat lagi tonton sampai habis" .

Titi yang seorang YouTuber dengan ratusan ribu subscriber, menceritakan bagaimana dirinya harus tinggal berdua dan tidur sekamar denga majikan pria yang ia panggil dengan sebutan 'Mas Bos'.

" Kemarin ada yang komen 'itu mbanya tidur satu kamar sama mas bosnya' gitu," kata Titi menirukan netizen.

" Iya betul saya tidur di sini," jawab Titi.

5 dari 6 halaman

Beberkan Alasan Tidur Sekamar

Dalam video, Titi mengungkapkan jika ia harus tinggal berdua di sebuah apartemen bersama majikannya itu. Bukan tanpa alasan, sebab ia memang ditugaskan merawat seorang pria berkebutuhan khusus yang menuntutnya untuk selalu ada di samping pria itu bahkan ketika tidur.

" Saya tidur di sini (samping) mas bos pakai ranjang listrik. Enggak bareng tidurnya misah jadi jangan punya prasangka yang aneh-aneh," kata Titi.

Tidur sekamar© Merdeka.com

Pria yang disapa mas bos itu disebut merupakan anak dari majikan Titi yang sesungguhnya. Pria tersebut diketahui tidak dapat menggerakkan kaki dan tangannya. Jadi, ia mengandalkan Titi dalam aktivitas kesehariannya.

" Soalnya kalau terpisah (tidur) kalau malam manggil saya butuh apa-apa gimana. Mas bos kan enggak bisa ngapa-ngapain," tambahnya

6 dari 6 halaman

Alasan Tinggal Berdua

Titi dan Mas bos© Merdeka.com

Lebih lanjut, Titi pun mencoba menjelaskan karena banyaknya warganet yang bertanya mengapa ia harus tinggal berdua dengan mas bos. Ia mengatakan, bahwa rumah orangtua mas bos berada di lantai empat. Sehingga cukup sulit dan berbahaya mengingat mas bos hanya bisa beraktivitas di atas kursi roda.

Selain mengurus mas bos di rumah, Titi mengungkapkan bahwa sehari-harinya ia juga menghabiskan waktu di kantor untuk membantu pekerjaan mas bos. Titi sendiri diketahui sudah hampir 10 tahun lamanya bekerja menjadi TKW di Taiwan.

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar