Jarang Ziarah Kubur, Pemuda Syok Lihat Kondisi Makam Ibunda Tercinta: Maafin Kita ya Mak!

Reporter : Sugiono
Senin, 4 Oktober 2021 10:02
Jarang Ziarah Kubur, Pemuda Syok Lihat Kondisi Makam Ibunda Tercinta: Maafin Kita ya Mak!
Sayangnya, banyak di antara kita yang justru jarang ziarah kubur orangtua. Bahkan sampai melupakannya.

Dream - Salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah ziarah kubur, apalagi makam orangtua sendiri.

Sayangnya, banyak di antara kita yang justru jarang ziarah kubur orangtua. Bahkan sampai melupakannya.

Padatnya aktivitas menjadi salah satu alasan orang-orang tidak melakukan ziarah kubur orangtua atau saudaranya.

1 dari 4 halaman

Lama Tak Ziarah Kubur, Cowok Ini Syok Lihat Makam Ibunya

Orang kebanyakan melakukan ziarah kubur saat bulan Ramadan atau Idul Fitri saja. Padahal, ziarah kubur tidak terikat waktu, dan dapat dilaksanakan kapan saja.

Melalui video yang diunggah di TikTok, baru-baru ini seorang cowok membagikan kisah sedihnya saat ziarah ke kubur ibunda tercinta.

Pemuda syok lihat kondisi makam ibunda.© Video TikTok

Cowok bernama Rendi Haydar itu mengaku sangat syok sekaligus merasa sedih melihat pusara ibunya yang sudah lama tak diziarahi.

" Jadi waktu ziarah, gw kaget sama sedih banget. Karena pas liat makam emak gw, keadaannya udah kayak gini," tulis pemilik TikTok @rendihaydr itu.

2 dari 4 halaman

Sudah Rimbun dengan Tanaman, Bahkan Pohon Cemara

Dalam video berdurasi 19 detik, tampak makam ibunya sudah rimbun dengan berbagai tanaman. Bahkan sebuah pohon mirip cemara tumbuh di atas pusara ibunya.

Pemuda syok lihat kondisi makam ibunda.© Video TikTok

" Udah penuh sama rumput yang tinggi dong ya Allah," tambah Rendi dengan rasa kaget yang mendalam.

Rendi pun merasa bersalah melihat kondisi makam ibunya yang sudah berubah. Dia meminta maaf karena dia dan anak-anak yang lain jarang ziarah ke makam ibunya.

" Ya Allah maafin kita ya mak, yang jarang lihat kondisi makam emak," pungkas Rendi dengan perasaan menyesal.

3 dari 4 halaman

'Tanaman di Atas Kubur Bertasbih dan Mengurangi Dosa'

Video yang diunggah Rendi ini pun viral dan mengundang berbagai komentar dari netizen setelah ditonton lebih dari 3,4 juga kali.

Kebanyakan menyarankan Rendi untuk tidak menebang pohon yang tumbuh di atas pusara. Rendi cukup merapikannya saja.

Kata para netizen pohon yang tumbuh di atas makam ikut bertasbih, dan menjadi penggugur dosa-dosa orang yang dimakamkan di bawahnya.

" Katanya tumbuhan bisa mendoakan."

" Kata orangtua dulu, kalo ada tumbuhan di kuburan jangan dipotong soalnya tumbuhan itu bertasbih."

" Gapapa ada pohonnya, cukup dirapihin aja, karena pohon-pohon bertasbih."

" Katanya tumbuhan tumbuh di atas makam bisa mengurangin dosa."

Sumber: TikTok

Beri Komentar