Siapa yang Memberi Nama Surat dalam Alquran?

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 4 Desember 2015 07:30
Siapa yang Memberi Nama Surat dalam Alquran?
Siapakah yang memberi nama surat dalam Alquran? Nabi ataukah para sahabat?

Dream - Mungkin ada di antara Anda semua yang belum mengetahui atau masih bertanya-tanya, siapakah yang memberi nama surat dalam Alquran? Nabi ataukah para sahabat?

Mengenai hal tersebut, ada beberapa hadis sahih yang menjelaskan jika Rasulullah SAW memberi nama beberapa surat dalam Alquran, di antaranya Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ali Imran dan Al-Kahfi.

Namun para ulama berbeda pendapat perihal apakah Nabi SAW memberi nama seluruh surat dalam Alquran. Ataukah ada sebagian surat yang pemberian namanya berdasarkan ijtihad sahabat.

Ada dua pandangan ulama mengenai hal ini. Pertama, semua surat dalam Alquran, yang memberi nama adalah Rasulullah SAW. Pandangan ini dipegang oleh mayoritas ulama.

Di antaranya, Imam Ibnu Jarir at-Thabari (w. 310 H), beliau mengatakan, “ Semua surat-surat dalam Alquran memiliki nama yang diberikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Jami’ al-Bayan fi Ta’wil Alquran, 1/100)

Demikian pula pendapat Syaikh Sulaiman al-Bajirami (w. 1221 H). Beliau mengatakan, " Nama-nama surat, berdasarkan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena nama-nama surat, urutan surat, dan urutan ayat-ayat, tiga hal ini, semuanya berdasarkan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, atas bimbingan Jibril ’alaihis salam bahwa sistematika Alquran di Lauhul Mahfudz adalah seperti itu." (Tuhfah al-Habib ’ala Syarh al-Khatib, 4/222).

Ingin dengan penjelasan lainnya, selengkapnya baca di sini.    

 

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya