Benarkah Semua Manusia akan Menghampiri Neraka?

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 3 Desember 2015 08:41
Benarkah Semua Manusia akan Menghampiri Neraka?
Apakah benar semua manusia pasti mampir ke neraka meski nanti akan ada di antaranya yang masuk surga?

Dream - Di dalam salah satu surat Alquran, yakni surat Maryam ayat 71-72 dikatakan bahwa semua manusia akan mendatangi neraka. Lantas apa maknanya? Apakah benar semua manusia pasti menghampiri neraka meski nanti akan ada di antaranya yang masuk surga?

Mari simak firman Allah, " Tidak ada seorangpun dari kamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut." (QS. Maryam: 71 – 72)

Ada beberapa pendapat ulama ketika membaca ayat ini. Pertama, riwayat dari Qais bin Abu Hazim bahwa Abdullah bin Rawahah pernah sakit dan kepalanya diletakkan di pangkuan istrinya. Lalu beliau menangis dan istrinya-pun ikut menangis.

“ Mengapa kamu nangis,” tanya Abdullah.

“ Aku lihat kamu menangis, jadi aku ikut menangis,” jawab istrinya.

Lalu Abdullah mengatakan, “ Aku teringat firman Allah Ta’ala, ‘Tidak ada seorangpun dari kamu, melainkan mendatangi neraka itu’. Dan aku tidak tahu, apakah aku bisa selamat ataukah tidak?” (Tafsir Abdurrazaq, 2/11)

Kedua, riwayat dari Abu Ishaq, bahwa Abu Maisarah jika hendak tidur, beliau mengatakan, “ Andai aku tidak dilahirkan ibuku.” Lalu beliau menangis.

“ Apa yang membuat Anda menangis, hai Abu Maisarah?” tanya kawannya.

Kata Abu Maisarah, “ Aku mendapat kabar di Alquran bahwa aku akan mampir ke neraka. Sementara aku tidak mendapat kabar dari Alquran bahwa aku akan selamat darinya.” (Tafsir at-Thabari, 16/82)

Selengkapnya baca di sini.     (Ism) 

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup