Surah An Nas Ayat 1-6 Arab dan Latin Beserta Kandungannya

Reporter : Reni Novita Sari
Senin, 14 Desember 2020 09:25
Surah An Nas Ayat 1-6 Arab dan Latin Beserta Kandungannya
Berikut kandungan surat an Nas yang haru kamu tahu

Dream - Surah an-Nas adalah surat terakhir dalam mushaf Al-Qu'ran. Surah ini merupakan surah penutup sekaligus menjadi surah ke-114. Sebelumnya, terdapat surah Al-Falaq, yakni surah ke-113. Bersama dengan Al-Falaq, surah an-Nas disebut juga sebagai Al-Mu’awwidzatain. Sebab, dua surah tersebut diturunkan secara bersamaan kepada Rasulullah SAW.

Surah an-Nas terdiri dari enam ayat dan tergolong surat Makkiyah. Pada dasarnya, surah ini berisi petunjuk mengenai tempat berlindungnya manusia dari berbagai godaan, yaitu kepada Allah SWT. Selain itu, juga menjelaskan bahwa godaan tersebut tidak hanya yang berasal dari bisikan syetan saja, namun juga manusia.

Sementara dilansir laman NU Online, di dalam Al-Qur'an ada sekitar 169 ayat yang menyebutkan kata " manusia" dengan memakai diksi an-nas. Kata an-nas pun memiliki banyak fungsi. Pada surah an-Nas ini, kata " an-nas" terdapat pada ayat pertama hingga ketiga. Yang berfungsi sebagai perintah agar manusia tunduk dan patuh kepada Allah SWT serta mentauhidkan-Nya atau mempercayai dengan keyakinan akan keberadaannya.

Terkait keutamaannya, menurut Abu Hamid Al-Ghazali dalam kitabnya berjudul Bidayatul Hidayah, surah an-Nas ini bisa dibaca ketika hendak menjalankan sholat. Tujuannya adalah demi berlindung dari segala macam godaan saat akan memulai sholat tersebut. Nah, untuk itu berikut surah an nas ayat 1 sampai 6.

1 dari 2 halaman

Surat An Nas Ayat 1-6

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Qul a’uudzu birobbinnaas

Artinya : “ Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan manusia. 

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Malikin naas

Artinya : Maha Raja manusia

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Ilaahin naas

Artinya : Tuhan yang disembah manusia,”

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Min syarrilwaswaasilkhannaas

Artinya : dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Alladzii yuwaswisu fii shuduurinnaas

Artinya : yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

Ilustrasi© Foto : Dream.co.id

Minal jinnati wannaas

Artinya : dari (kelompok) jin serta manusia.

2 dari 2 halaman

Kandungan Surat An Nas

  1. Surat An Nas mengandung isti’aadzah (permintaan perlindungan) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari segala kejahatan iblis dan bala tentaranya yang dapat melalaikan manusia dengan menebarkan was-was pada diri mereka.
  2. Tiga ayat pertama Surat An Nas menunjukkan tiga sifat bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala yakni rububiyah, mulkiyah dan uluhiyah. Sifat rububiyah didahulukan karena mengandung makna penjagaan dan pemeliharaan, tepat untuk al isti’aadzah (permintaan pertolongan). Lalu mulkiyah menunjukkan bahwa tidak ada pertolongan kecuali dari pemilikNya. Setelah itu Allah menyebutkan uluhiyah untuk menjelaskan bahwa Dialah yang berhak disembah.
  3. Tiga sifat ini sekaligus menunjukkan bahwa hanya Allah-lah Tuhan pemelihara dan pencipta, Dialah yang merajai dan menguasai manusia, serta hanya Dialah yang berhak diibadahi oleh manusia.
  4. Surat An Nas menjelaskan bahwa waswas, adakalanya dari jin dan adakalanya dari manusia. Surat An Nas juga memberikan penjelasan kepada kita bahwa setan itu bisa dari golongan jin dan bisa dari golongan manusia.
  5. Dalam Surat An Nas, kita menyebut tiga sifat Allah (Rabb, Malik dan Ilah) hanya untuk meminta perlindungan dari satu hal yakni waswas.

 

(Sumber : Berbagai sumber)

Beri Komentar