Tiga Kerugian Jika Terlalu Sering `Bukber`

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 6 Juni 2016 18:40
Tiga Kerugian Jika Terlalu Sering `Bukber`
Bukber sering dijadikan ajang reuni. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak hal kerugian.

Dream - Ramadan sering dijadikan sebagai momentum introspeksi dan ajang silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan, khususnya bila jarang berjumpa.

Momen buka puasa biasanya dijadikan waktu yang paling tepat untuk bertemu sapa dengan kerabat, keluarga bahkan kawan lama. Istilah bukber atau buber alias buka puasa bersama umumnya dijalani oleh sejumlah muda-mudi.

Biasanya tradisi buka bersama mengundang teman-teman sekolah mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Alih-alih dijadikan ajang reuni. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak kerugian bila terlalu sering menghadiri acara buka bersama di luar bersama teman-teman. Berikut ulasannya:

1. Meninggalkan salat, acara buka bersama biasanya dilakukan di sebuah restoran atau rumah makan yang berada di pusat perbelanjaan.

Banyak diantaranya yang keasyikan mengobrol sehingga melupakan salat maghrib dan terawih yang menjadi ibadah lanjutan usai berbuka puasa.

2. Boros, buka bersama akan lebih mengeluarkan banyak uang hanya untuk membayar satu menu makanan dan minuman yang seharusnya bisa disimpan atau diberikan pada ibu untuk buka keesokan harinya.

3. Berkurangnya kebersamaan keluarga, Intensitas bertemu yang kurang seharusnya dapat dimaksimalkan di bulan penuh berkah ini. Obrolan ringan saat berbuka justru menjadi momen berharga saat bersama ayah, ibu, kakak dan adik. (Ism) 

Beri Komentar