Tragis, Dipaksa Aborsi Karena Kekasih Tak Mampu Bayar Maskawin

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 23 Februari 2016 18:46
Tragis, Dipaksa Aborsi Karena Kekasih Tak Mampu Bayar Maskawin
Sang kekasih tak mampu membayar maskawin sebagaimana diminta sang ayah. Akhirnya wanita ini harus rela menggugurkan kandungan.

Dream - Seorang wanita muda asal Jiangxi, China, dipaksa menggugurkan kandungan oleh sang ayah. Gara-garanya, sang kekasih tak mampu membayar maskawin sebagai syarat pernikahan yang diajukan sang ayah.

Kisah ini diunggah ke media sosial oleh netizen asal Zhuhai, Guangdong. Menurut kisah itu, perempuan tersebut hamil di luar nikah sejak Desember silam. Keduanya kemudian bercerita kepada orangtua masing-masing. Dan kedua keluarga sepakat menikahkan pasangan muda ini.

Dalam pembicaraan antarkeluarga, ayah sang wanita meminta pemuda itu menyerahkan maskawin sebesar 200 ribu yuan atau sekitar Rp 400 juta. Budaya setempat memang mengenal maskawin. Sebagaimana kebiasaan warga setempat, uang ini nantinya digunakan untuk membiayai kehidupan keluarga setelah keduanya menikah.

Namun, maskawin yang diminta ayah sang wanita dinilai terlalu besar. Sang lelaki mengaku tak sanggup membayar kontan. Dia hanya sanggup mencicil dengan bayaran pertama 50 ribu yuan atau sekitar Rp 100 juta. Sisanya dicicil dalam dua tahun.

Tapi permintaan pemuda itu ditolak. Sang lelaki terus menawar, hingga menyanggupi membayar 120 ribu yuan atau sekitar Rp 250 juta. Tapi tetap saja ditolak calon ayah mertuanya itu.

Keesokan harinya, setelah negosiasi terakhir, sang wanita pun dibawa ke rumah sakit oleh sang ayah. Dia dipaksa menggugurkan kandungan. Tak ada pernikahan untuk keduanya. Tragis.

Tindakan sang ayah ini mendapat sorotan di dunia maya. Pro dan kontra muncul. Ada yang menuduh sang ayah berusaha menjual ananya. Namun tak sedikit pula yang mendukungnya, dengan alasan demi masa depan sang putri.

Menurut laman Whats On Weibo, sebagaimana dikutip Dream pada Selasa 23 Februari 2016, fenomena maskawin di China muncul akibat surplus kaum lelaki. Diprediksi, seperlima lelaki China tak menemukan jodoh pada tahun 2020, karena kurangnya kaum perempuan.

Karena " statistik" menunjukkan sulitnya menemukan pasangan para pemuda di China mau membayar mahal untuk calon istri mereka. Tren ini semakin meningkat sejak dekade 1980-an.

Dan apa yang dialami oleh perempuan muda asal Jiangxi ini menjadi pembicaraan hangat di media China. Terutama di Sina Weibo. Pro dan kontra. Mendukung ayah sang perempuan dan ada pula yang menyayangkan.

" Keluarga pemuda itu tak punya sumber daya, dan sang ayah merawat anaknya seperti putri. Jika sang lelaki tak bisa memberikan 200 ribu yuan, lalu mengapa sang ayah harus menyerahkan putrinya?" tulisa salah satu pengguna Weibo, mendukung ayah perempuan itu.

Terlepas dari kisah di China itu, hendaklah kita semua jangan kebablasan dalam menjalin hubungan. Jangan melampaui batas. Apalagi sampai hamil diluar nikah...

1 dari 4 halaman

Tak Bayar Emas Kawin, Istri Disekap 3 Tahun di Kamar Mandi

Dream - Kisah pilu dialami seorang istri di Bihar, India. Perempuan yang tidak disebut namanya itu disekap di dalam kamar mandi selama tiga tahun oleh suami dan mertuanya. Dia disekap setelah tak bisa membayar emas kawin kepada sang suami.

“ Perempuan muda itu diselamatkan pada hari Minggu di rumah yang terletak di Kota Darbhanga. Di mana dia disekap di sebuah ‘ruang kecil’ dan diberi makan secara tidak teratur,”  kata juru bicara kepolisian setempat, Seema Kumari, dikutip Dream dari Fox News Latino, Jumat 19 September 2014.

Saat dibebaskan, kondisi perempuan berusia 25 tahun itu sunguh memprihatinkan. Bajunya compang-camping, rambutnya awut-awutan. Sementara, kukunya sudah tumbuh sangat panjang. Selama disekap, tak ada perawatan sama sekali.

Drama penyekapan itu bermula saat perempuan itu menikah dengan sang suami pada 2010. Suami perempuan –dan juga anggota keluarga suami– mulai melakukan penyiksaan. Perlakuan buruk semakin menjadi setelah perempuan itu melahirkan bayi perempuan. Selama disekap, perempuan itu dilarang melihat putrinya.

“ Pertama kali yang dilakukan [setelah dibebaskan] adalah bertanya tentang putrinya yang berusia tiga tahun. Mengetahui sang putri tak mengenalinya, dia menangis sejadi-jadinya,” tutur Kumari.

Penyekapan itu terbongkar setelah ayah perempuan tersebut dilarang melihat putrinya. Karena merasa tak terima, sang ayah melapor ke polisi. Sehingga polisi bertindak dan membongkar penyekapan tersebut.

Budaya sebagian masyarakat India memang mengharuskan perempuan membayar emas kawin kepada suami dan mertua. Meskipun sudah dilarang oleh undang-undang, praktik ini masih umum terjadi. Terlebih karena didorong pola hidup konsumtif dan modernisme.

Salah satu kasus yang terjadi baru-baru ini malah lebih sadis lagi. Seorang perempuan di bagian Uttar Pradesh dibakar hidup-hidup oleh suami dan ibu mertua karena tidak mampu membayar emas kawin.

Sebuah laporan dari the Vicente Ferrer Foundation menyebut sekitar 25 ribu sampai 100 ribu perempuan di India meninggal setiap tahun karena alasan ekonomi, yang berkaitan dengan pernikahan.  

2 dari 4 halaman

Penuhi Nazar, Istri di Riau Nikahkan Suaminya

Dream - Pernikahan unik terjadi di Tembilahan, Riau, pada Minggu 3 Januari 2016. Seorang istri menikahkan suaminya dengan perempuan lain. Pernikahan itu dilakukan untuk memenuhi nazar sang istri pertama.

Adalah Siti Aminah (50), perempuan yang memiliki nazar suaminya, Kasmuri (50). Siti mencarikan sendiri perempuan yang dinikahkan dengan kasmuri itu. Dan perempuan yang dipilih oleh Siti untuk istri ke dua Kasmuri adalah Khariah (34), sales obat yang masih kerabat mereka.

Dikutip Dream dari riauposting.com, Rabu 6 Januari 2016, Kasmuri dan Siti sudah menikah sejak 1986. Keluarga mereka berjalan harmonis. Tak ada riak berarti. Selama mengayuh biduk rumah tangga ini, mereka dikaruniai lima anak dan beberapa cucu. Perekonomian mereka juga bagus. Keluarga ini sukses dengan jual beli hasil perkebunan.

Roda hidup memang berputar. Tak selamanya mereka berada di atas. Ada kalanya mereka berada di bawah. Pada 2007, Siti sakit. Kedua kakinya sulit digerakkan.

Berbagai ikhtiar dilakukan. Terapi dokter sampai perawatan tradisional telah dilakoni. Tujuannya hanya satu, menyembuhkan kaki Siti. Namun, rupanya usaha itu tak kunjung berbuah hasil.

Biaya pengobatan menguras pundi kekayaan keluarga ini. Mereka bagai berada di titik nadir. Hingga akhirnya, Siti bernazar alias berjanji akan mencari istri ke dua untuk Kasmuri jika kakinya sembuh. Dan rupanya, nazar itu dijawab Tuhan. Kaki Siti perlahan sembuh.

Dan tak mau ditagih di akhirat, Siti mencarikan istri ke dua untuk sang suami. Dan Siti memilih Khariah untuk Kasmuri.

Tak mudah memang. Keinginan Siti ini ditentang anak-anaknya. Tapi dengan sabar Siti menjelaskan bahwa ini nazar yang harus dipenuhi. Dia mengaku sudah siap menanggung segala risiko.

Dan anak-anak mereka kemudian bisa menerima. Nazar Siti akhirnya terpenuhi. Dia telah menikahkan Kasmuri dengan Khariah. Pernikahan ini resmi tercatat dalam buku administrasi pemerintah di Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Merah.

Janji adalah utang. Dan Siti telah membayarnya. Dia merasa lega, karena terbebas dari nazar itu, meski hidup dimadu. [Baca selengkapnya kisah ini di riauposting.com]

3 dari 4 halaman

Diam-diam Poligami, Suami Dilabrak Istri Pertama di Pelaminan

Dream - Poligami memang dibolehkan dalam Islam. Tapi jika dilakukan diam-diam, tanpa pemberitahuan, bisa-bisa menyakitkan hati istri. Dan akhirnya berakhir tidak bagus untuk keluarga yang telah dibina.

Lihatlah kasus yang terjadi di Malaysia ini. Pria yang baru 3 bulan menikah diam-diam menikah lagi. Meninggalkan sang istri untuk berpoligami. Masih pengantin baru, sudah menikah lagi.Alamak.....

Tapi pernikahan itu terendus oleh sang istri. Kekecewaan dan kemarahan menuntut langkah sang istri menuju pesta pernikahan sang suami yang baru saja menikah dengannya itu.

Dan benar saja, di pesta itu sang istri melihat suaminya tengah bersanding dengan wanita lain. Lengkap dengan busana pengantin.

Benar saja. Emosi yang sudah di ubun-ubun itu akhirnya pecah. Di hadapan para tamu, sang istri menghampiri sang suami. Meluapkan amarah. Memaki-maki suami yang sudah menikah dengan wanita lain itu.

Perempuan itu juga menuding kerabat mempelai wanita berpura-pura tak tahu status suaminya. Sehingga membiarkan kerabat mereka menikah dengan pria beristri.

Kericuhan di pelaminan itu direkam dalam rekaman video amatir. Saat ini tengah menjadi viral di negeri jiran itu. (Ism, Sumber: Mynewshub.cc)

4 dari 4 halaman

Heboh Pesta Pernikahan Pengantin Wanita Jatuh dan Koma

Dream - Kesedihan menyelimuti sebuah pesta pernikahan baru-baru ini di Zaozhuang, Provinsi Shandong, Tiongkok setelah seorang pengantin wanita koma dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Wanita tersebut jatuh dan tidak sadarkan diri setelah dilempar ke udara oleh para pengiring pengantin pria. Namun sial, mereka gagal menangkap tubuh pengantin wanita itu sehingga jatuh ke lantai dan kepalanya terluka.

Wanita itu langsung tidak sadarkan diri sehingga dilarikan ke rumah sakit. Sesuai dengan tradisi di Tiongkok, ketika pengantin wanita tiba di tempat pernikahan untuk bertemu pengantin pria, para pengiring pengantin pria pergi untuk menyambutnya.

Namun, karena sangat gembira, mereka gagal untuk menangkap wanita malang tersebut setelah melemparkannya ke udara.

Pengantin wanita dibawa ke rumah sakit masih dengan gaun pengantinnya dalam tujuh menit. Itupun setelah polisi memastikan bahwa ambulans bisa mencapai rumah sakit dalam waktu sesingkat mungkin. 

Beri Komentar