Vario Buatan Karawang Makin Disukai Biker Luar Negeri

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 29 Januari 2019 10:16
Vario Buatan Karawang Makin Disukai Biker Luar Negeri
Kenapa?

Dream – PT Astra Honda Motor (AHM) mencatat ekspor motor skutik Vario meroket 94 persen pada 2018. Sepanjang tahun lalu, Honda mengekspor 60.308 unit Vario series, baik dalam bentuk completely built up (CBU) maupun completely knocked down(CKD).

Setahun sebelumnya, Honda baru mengekspor Honda Vario sebanyak 31.008 unit.

Pencapaian tahun 2018 semakin memantapkan langkah AHM untuk menggarap pasar ekspor dengan produk roda doa yang dibuat di dalam negeri.

Dilansir dari laman Astra Honda Motor, Selasa 29 Januari 2019, Vario dan BeAT series berkontribusi besar dalam lonjakan ekspor AHM. Secara total, sepanjang tahun 2018, AHM berhasil mengekspor sebanyak 402.102 unit sepeda motor Honda dalam bentuk CBU maupun CKD.

Pencapaian ekspor ini meningkat 48 persen dibandingkan pencapaian ekspor pada tahun sebelumnya. Model skutik memberikan sumbangsih ekspor 193.958 unit, sedangkan ekspor tipe motor bebek tercatat sebanyak 168.927 unit, dan tipe sport 39.217 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet, mengatakan permintaan yang tinggi dari pasar ekspor terhadap sepeda motor Honda buatan Indonesia menunjukkan produk sepeda motor berdaya saing tinggi.

“ Salah satunya Honda Vario series yang tidak hanya disukai di dalam negeri tapi juga di pasar ekspor. Pencapaian 2018 ini akan mendorong kami untuk meningkatkan ekspor di tahun ini dengan modal utama model-model berkualitas karya anak bangsa,” kata dia di Jakarta.

Kurniawati mengatakan Honda Vario series berteknologi eSP mampu memberikan keseimbangan antara performa yang optimal serta konsumsi bahan bakar yang irit.

Selain digemari pasar dalam negeri, model ini juga memikat konsumen di luar negeri seiring angka ekspor yang terus meningkat hamper dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Selain Honda Vario series, AHM juga memasarkan beberapa model sepeda motor buatan anak bangsa lainnya di pasar ekspor, antara lain Honda BeAT series Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire.

Motor-motor itu diproduksi di pabrik AHM, Karawang, Jawa Barat. Adapun pengiriman ekspor secara CBU tersebar di negara Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD, produk sepeda motor karya anak bangsa sudah dikirim ke negara Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. (Sah)

1 dari 3 halaman

Skutik Terlaris Honda `Ganti Baju`, Kece Nggak?

Dream – PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan dua skutik terlarisnya, New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP dengan grafis terbaru. Penyegaran ini membuat tampilan BeAT series semakin lebih agresif dan sporty.

Dikutip dari laman Astra Honda Motor, Senin 28 Januari 2019, nuansa sporty di motor New Honda BeAT eSP ini semakin menonjol dengan balutan grafis baru untuk tip CW dan CBS, serta sporty advanced untuk CBS-ISS.

Selain menawarkan grafis baru, di New Honda BeAT eSP CBS-ISS menyediakan pula pilihan dua warna kombinasi baru mendampingi warna fusion magenta black, yaitu electro blue black dan soul red black.

Perubahan juga terjadi pada model street style yang lekat dengan aktivitas sporti remaja masa kini. Peremajaan diwujudkan pada desain stripe premium hipster pada New Honda BeAT Street eSP.

Desain terbaru ini dilengkapi dengan grafis dan logo baru bertoreh warna orange yang menambah kesan fun dan ekspresif. Pilihan warna baru juga hadir pada model ini, yaitu street silver yang akan menemani pilihan warna Street Matte Black yang tetap dipertahankan.

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, mengatakan penyegaran kepada skutik Honda ini terinspirasi dari tren serta kebutuhan aktivitas remaja masa kini. New Honda BeAT eSP maupun New Honda BeAT Street eSP diharapkan terus dicintai dan menjadi pilihan para remaja.

“ Untuk tetap mempertahankan antusiasme tinggi masyarakat, kami terus memberikan penyegaran pada model ini agar tetap sesuai dengan tren dan gaya hidup terutama remaja masa kini yang menyenangkan, agresif dan sporty,” kata Thomas di Jakarta.

2 dari 3 halaman

Satu Dekade

Sekadar informasi, skutik terlaris ini telah hadir selama 10 tahun. Motor ini disukai karena performanya yang irit, fiturnya yang oke, serta ukurannya sesuai dengan postur rata-rata orang Indonesia. Desainnya yang khas dinilai telah mengekspresikasian anak muda di perkotaan.

New Honda BeAT eSP hadir melalui 8 pilihan warna. Pada tipe CW warna Dance White dan Hard Rock Black dipasarkan dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp15,55 juta. Untuk tipe CBS terdapat pilihan warna Funk Red White, Garage Black dan Techno Blue White dengan harga OTR Rp15,75 juta.

Sedangkan untuk tipe CBS-ISS hadir dengan pilihan warna Fusion Magenta Black, Electro Blue Black dan Soul Red Black dengan harga OTR Rp16,25 juta. Sementara itu, New Honda BeAT Street eSP tersedia tipe CBS Street Matte Black dan Street Silver yang dipasarkan dengan harga OTR Rp16,25 juta.

3 dari 3 halaman

Ini Fiturnya

Motor Honda BeAT eSP dan Honda BeAT Street eSP didukung mesin 110 eSP dengan teknologi terdepan untuk sensasi menghidupkan motor tanpa suara dengan ACG Starter. Motor Honda BeAT eSP dilengkapi ISS (Idling Stop System), fitur canggih yang mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik untuk efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Model-model ini mampu mencapai 57 km per liter dengan metode pengetesan EURO 2. Bahkan dengan menggunakan fitur Idling Stop System, New Honda BeAT eSP mampu mencapai 59 km per liter melalui pengetesan EURO 3. Skutik Honda itu memiliki beragam keunggulan seperti kapasitas fuel tank besar hingga 4 liter dengan kemampuan jelajah lebih jauh hingga 236 km setelah dilakukan pengisian bahan bakar secara penuh.

Pada Honda BeAT eSP, penyesuaian posisi stang yang lebih rendah ke arah depan diadopsi untuk menghadirkan posisi berkendara yang sporty dan jarak pandang lebih baik. Sedangkan pada Honda BeAT Street dilengkapi dengan stang yang lebih lebar dengan posisi yang lebih tinggi untuk mendukung street style. Ban yang digunakan adalah tubeless sehingga lebih tahan kebocoran dan lebih nyaman dikendarai.

Model ini juga turut dilengkapi dengan fitur ECO Indicator pintar yang akan menampilkan tanda berkendara secara irit. Saat berkendara dengan irit, ECO Indicator berwarna hijau ini akan menyala di panel meter dengan 3 pola untuk menunjukkan gaya berkendara yang irit.

Sistem pengereman motor ini menggunakan Combi Brake System (CBS) yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal. Model ini tetap dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch), serta Parking Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.

Skutik compact ini memiliki kapasitas u-box (utility box) yang besar yaitu 11 liter. Dengan ketinggian jok yang nyaman setinggi 740mm memberikan kenyamanan pada saat berkendara sendiri maupun berboncengan, baik pria maupun wanita. Fitur unggulan lain juga dipertahankankan seperti pengaman kunci bermagnet (Secure Key Shutter) yang efektif mencegah pencurian.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie