10 Kebiasaan Buruk yang Picu Timbulnya Jerawat, Stop Yuk!

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 2 Juni 2020 06:12
10 Kebiasaan Buruk yang Picu Timbulnya Jerawat, Stop Yuk!
Ups...jangan sampai kamu memiliki kebiasaan buruk ini ya, Sahabat Dream!

Dream- Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang mulus dan bebas dari jerawat. Perawatan rutin sampai membeli obat yang diyakini bisa mengusir si bintik merah ini akan rela mereka lakukan meski harus merogoh kocek dalam.

Meski sudah jungkir balik merawat wajah tidak sedikit wanita yang masih saja berjerawat. Penyebab munculnya jerawat sebetulnya disebabkan karena banyak faktor. Seain perubahan hormon, jerawat juga bisa muncul karena asupan makanan yang dikonsumsi maupun faktor genetik.

Namun kebanyakan jerawat memang muncul karena kebiasaan buruk yang tak merawat tubuh dengan tepat. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan kebiasaan itu dan menganggapnya normal. Alhasil, jerawat akan terus muncul dan sulit dihilangkan.

Kebanyakan orang hanya memikirkan bagaimana cara membersihkan jerawat dengan cepat dengan melakukan berbagai perawatan. Mereka tidak menyadari jika menghindari kebiasaan buruk sehari-hari pada kulit wajah dapat membantu menghilangkan jerawat.

Kebiasaan buruk penyebab jerawat ini harus segera kamu lakukan jika tak ingin penampilan kamu terganggu yang akhirnya membuat rasa percaya diri hilang. Bukan tidak mungkin jerawat akan hilang karena kamu meninggalkan kebiasan tersebut.

Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber, tentang kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya jerawat.

1 dari 10 halaman

Terlalu Sering Mencuci Muka

 penyebab jerawat© Ilustrasi foto : shutterstock

Kebiasaan buruk penyebab jerawat yang pertama adalah terlalu sering mencuci muka. Meskipun penting untuk menjaga kulit kamu tetap bersih, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat.

Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Sebagai gantinya, cuci muka di pagi hari saat bangun dan malam sebelum tidur. Saat mencuci muka, kamu bisa menggunakan air hangat atau air bersih, dan sabun pembersih wajah dengan formulasi yang ringan. Oleskan pembersih wajah menggunakan ujung jari dan pijat secara lembut. Hindari menggunakan kain waslap untuk menyeka wajah, karena berisiko menyebabkan iritasi kulit.

 

2 dari 10 halaman

Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Ini adalah penyebab jerawat yang paling sering dilakukan banyak orang. Bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tanganmu dapat menempel kulit dan menyumbat pori-pori. Kebiasaan buuk inilah yang membuat kulit jadi rentan berjerawat.

Selain kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor, benda-benda yang menempel di wajah seperti handphone, alat make-up, bahkan keringat pun dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Untuk menghindarinya, kurangi kebiasaan menyentuh wajah atau gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. Gunting selalu kukumu atau selalu dibersihkan bila ingin memiliki kuku panjang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin cuci tangan.

Sebaiknya, bersihkan juga benda-benda yang sering digunakan sehari-hari seperti handphone, alat makeup, handuk, serta lap wajah secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat membuat wajah Anda semakin berjerawat.

3 dari 10 halaman

Terlalu Cepat Menyerah Dengan Obat Jerawat

Perawatan wajah untuk mengobati jerawat memerlukan waktu sebelum akhirnya menunjukkan hasil. Biasanya tidak mungkin terjadi perubahan yang drastis hanya dalam kurun waktu seminggu.

Jadi jangan langsung buru-buru ganti obat kalau belum terlihat efeknya. Pengobatan jerawat dapat memakan waktu satu bulan atau lebih sebelum hasilnya terlihat. 

4 dari 10 halaman

Sering Mengorek Dan Memencet Jerawat

 penyebab jerawat© Ilustrasi foto : shutterstock

Sebaiknya tinggalkan jauh-jauh kebiasaan ini. Memencet jerawat tidak akan menghilangkannya, tetapi malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Bahkan, banyak dermatologis yang mengatakan bahwa kita tidak boleh sekalipun memencet jerawat.

Hal ini bisa melukai kulit wajah jika sembarangan pencet jerawat. Saat kamu memencet jerawat, justru akan melunakkan kulit, menyebabkan jaringan kulit rentan sobek.

Gunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir timbulnya bekas luka.

5 dari 10 halaman

Stres

Tanpa kita sadari, berbagai tuntutan pekerjaan dan masalah pribadi dapat menyebabkan kita  stres. Berbagai penelitian menunjukkan hubungan stres dan berbagai penyakit di tubuh. Termasuk pada kulitmu.

Ya, beberapa studi telah menunjukkan bahwa stres dapat memicu jerawat untuk menjadi lebih buruk. Stres bukan penyebab jerawat muncul, tetapi dapat membuat jerawat bertambah parah.

Saat stres, kebiasaan buruk dapat menjadi semakin buruk dan dapat menyebabkan jerawat. Kebiasaan buruk meliputi merokok, minum alkohol, makan berlebihan, dan makan terlalu banyak gula. Mengonsumsi banyak gula yang diproses dapat menyebabkan peningkatan insulin, sehingga produksi minyak meningkat dan memperburuk kondisi jerawat.

 penyebab jerawat© Ilustrasi foto : shutterstock

6 dari 10 halaman

Bermain Ponsel Dan Menggunakan Remote TV

Ponsel adalah salah satu barang yang paling sering kita gunakan, karena itulah tidak heran jika di permukaannya terdapat banyak bakteri, virus maupun kuman. Sehingga jika kita langsung tidur setelah bermain ponsel tanpa mencuci tangan terlebih dulu, kemungkinan muncul jerawat keesokan harinya tidak dapat dihindari. Karena itulah sebaiknya rajin bersihkan ponselmu agar terhindar dari virus, kuman maupun bakteri.

Selain ponsel, sebaiknya hindari juga menyentuh remote TV sesaat sebelum tidur. Sama halnya dengan ponsel, remote TV juga dapat ditempeli oleh berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa dengan mudah berpindah ke wajah lewat tangan sehingga memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu jika kamu terlanjur menyentuh remote TV dan ponsel sebelum tidur, sebaiknya segera mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih.

7 dari 10 halaman

Menggunakan Sarung Bantal Dan Sprei yang Kotor

Sarung bantal dan sprei yang kotor tentunya ditempeli oleh banyak kuman, virus maupun bakteri. Karena itulah jika kamu bersandar di atasnya, kotran-kotoran tersebut akan ikut menempel di wajahmu yang kemudian memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti sprei dan sarung bantal secara rutin minimal dua minggu sekali agar tidak ada kotoran yang menumpuk dan menyebabkan jerawat.

Tapi ingat, saat mencuci sarung bantal atau sprei, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan deterjen. Pasalnya hal ini akan meninggalkan residu pada kain dan sprei yang bila terkena kulit bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, saat mencuci sarung bantal dan sprei pastikan kamu sudah membilasnya hingga benar-benar bersih.

8 dari 10 halaman

Konsumsi Makanan Berminyak, Makanan Manis, dan Olahan

Pada beberapa orang, konsumsi makanan berminyak dapat membuat kulit yang cenderung berjerawat menjadi lebih buruk. Oleh karena itu jalankan diet sehat. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan olahan, seperti biskuit, kue, roti putih dan pasta, serta keripik kentang. Makanan dari produk susu juga sebaiknya dibatasi, karena diduga juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat.

9 dari 10 halaman

Pakai kosmetik yang salah

 penyebab jerawat© Ilustrasi foto : pixabay.com

Pemilihan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo. Hal inilah yang menyebabkan kemunculan jerawat.

Jika kulitmu memang rentan berjerawat, pilihlah jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Pastikan juga kosmetik pilihanmu memiliki label non-komedogenik yang tidak menyumbat pori.

 

10 dari 10 halaman

Cara Mencuci Muka Kurang Tepat

 penyebab jerawat© Ilustrasi foto : shutterstock

Pastikan kamu selalu mencuci tangan sampai bersih sebelum cuci muka. Bagi kamu yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka. Setelah itu, jika kamu pakai makeup, maka bersihkan riasan terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih khusus sesuai dengan jenis kulit. 

Setelah itu, barulah ke tahap mencuci muka. Gunakan sabun pembersih sesuai dengan jenis kulit kamu. Pijat wajah dengan lembut selama beberapa detik lalu bilas sampai bersih dengan air yang mengalir.

Selain itu, jangan menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan muka. Karena hal ini dapat mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih. Tepuk-tepuk kain lap yang lembap pada kulit dengan gerakan menyapu ke bawah.

Beri Komentar