5 Bahan Anti-aging Terbaik, Cek Kandungan Skincare Kamu!

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 27 September 2021 16:12
5 Bahan Anti-aging Terbaik, Cek Kandungan Skincare Kamu!
Jadi, jangan sembarang beli skincare, ya.

Dream - Seiring berjalannya usia, kerutan pada wajah tak lagi bisa dihindari. Di dunia per-skincare-an, ramai kaum hawa menyerbu serum dengan kandungan 'ajaib' yang disinyalir bisa bikin kerutan di wajah hilang dalam semalam.

Apa betul hal tersebut bisa dipercaya? Belum tentu, Sahabat Dream.

Sebab, hanya sedikit bahan yang terbukti secara klinis memiliki efek anti-penuaan.

Ilustrasi© shutterstock

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik, mendengarkan dokter kulit bersertifikat, menggunakan bahan-bahan yang direkomendasikan, adalah hal utama dalam membantu memilih skincare tentu dengan pilihan bahan kandungan yang tepat.

Dikutip dari Byrdie, dr Anthony Rossi Jr, dr Dennis Gross, dan dr Marmima Turegano, membahas tentang bahan anti-penuaan terbaik. Topik ini tentu cocok buat kamu yang ingin wajah tampak muda dengan kerutan samar.

Jadi, kamu dapat membeli skincare dengan kandungan bahan yang dibahas tiga dokter di atas.

1 dari 4 halaman

1. Suncreen

Berbicara tentang perawatan kulit anti-penuaan, mencegah lebih baik dari mengobati. Salah satu kebiasaan yang efektif yang dapat diterapkan secara dini (lebih cepat, lebih baik) dengan mulai memakai sunscreen, minimal dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

" Sunscreen adalah bahan anti-penuaan yang telah dipelajari," kata Turegano.

Ilustrasi© shutterstock

Sebab, tambah Turegano, tanpa tabir surya, produk yang kamu gunakan akan sia-sia kerusakan akibat paparan sinar UV.

Sunscreen tidak hanya melindungi DNA di kulit dari kerusakan akibat sinar UV, tetapi juga memberi sel-sel kulit untuk beristirahat dan beregenerasi. Sehingga membantu mengurangi perkembangan kerutan dan warna kulit tidak merata.

Pakai sunscreen dengan dua ruas jari untuk melawan sinar UV. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya setiap hari meski hanya di rumah, karena pancaran sinar matahari dapat masuk melalui jendela.

Dalam hal ini, Rossi juga merekomendasikan untuk menggunakan physical sunscreen yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida. Namun ingat, physical sunscreen dengan bahan tersebut menimbulkan whitecast yang membuat kulit jauh lebih putih dari warna kulit asli.

2 dari 4 halaman

2. Antioksidan seperti Vitamin C dan Asam Ferulat

Vitamin C termasuk antioksidan kuat yang telah terbukti bekerja baik dengan sunscreen untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas.

Kolagen terjadi secara alami dalam tubuh manusia dan merupakan zat penting untuk mempertahankan penampilan kulit uang kencang serta kenyal. Namun akan berkurang seiring bertambahnya usia.

" Vitamin C juga membantu membangun kolagen, dan dapat membantu sel-sel kulit superfisial mengatasi hiperpigmentasi," kata Turegano.

Menggunakan serum dengan kandungan vitamin C, melindungi kulit dari kehilangan kolagen akibat sinar UV, juga membantu merangsang prosuksi kolagen.

Untuk formola vitamin C yang lebih kuat, cari serum yang diformulasikan dengan asam ferulat. Kehadiran asam ferulat tidak hanya membantu menstabilkan kandungan vitamin C, tetapi juga merupakan antioksidan kuat.

" Asam ferulat bekerja dengan menetralkan radikal bebas yang menggerogoti produksi kolagen kita yang ada," kata Gross.

Radikal bebas berasal dari kerusakan UV dan kerusakan cahaya biru. Dengan demikian, asam ferulat membantu menjaga produksi kolagen yang ada dan mempertahankan penampilan yang lebih muda.

3 dari 4 halaman

3. Retinoid

Retinoid dianggap sebagai bahan anti-penuaan yang paling top. Yang kandungannya menjadi penyelamat kulit atau memberikan perubahan besar yang positif.

Retinoid adalah molekul turunan vitamin A yang bekerja lebih dalam di kolagen, serta di permukaan kulit yang dapat membantu pergantian sel kulit dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Retinol yang biasa kita dengar termasuk jenis retinoid tertentu. Namun, retinoid lebih kuat dibanding retinol, karena mengandung konsentrasi produk yang lebih tinggi sehingga sel-sel kulit beregenerasi lebih cepat daripada retinol.

Ilustrasi© shutterstock

" Retinol adalah bahan anti-penuaan pembangkit tenaga yang bekerja untuk merangsang pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen alami kulit kita di epidermis dan dermis," kata Gross.

Banyak orang khawatir karena kandungan retinol dalam skincare termasuk keras sehingga dapat menipiskan kulit. Maka dari itu, penting untuk menemukan retinol yang mengandung antioksidan dan bahan menenangkan yang memperkuat kelembapan saat retinol bekerja.

Retinol dapat dicampur dengan bahan Bakuchiol karena dapat memperkuat kelembapan pada saat yang sama retinol dipakai, sehingga mencegah kulit menjadi iritasi atau hilangnya kelembapan.

4 dari 4 halaman

4. Hyaluronic Acid

Siapa sih yang tidak kenal dengan kandungan bahan satu ini? Sudah banyak sincare yang menawarkan produk dengan kandungan hyaluronic acid.

Hyaluronic acid sendiri termasuk salah satu bahan anti-penuaan terbaik. Asam hialuronat merupakan bahan akif yang dapat menahan 1000 kali berat dalam air yang dapat membantu menghidrasi kulit sehingga cocok untuk kulit kering dan keriput.

Ilustrasi© shutterstock

5. Peptide

Fungsi utama peptide adalah menyusun protein. Peptida membangun protein dan mengirimkan sinyal untuk membantu membangun kolagen bahkan meningkatkan kelembapan kulit.

Meski jarang dibahas seperti bahan-bahan seperti SPF dan retinol, penelitian telah menunjukkan bahwa peptida cukup efektif dalam hal anti-penuaan.

Laporan: Syifa Putri Naomi

Beri Komentar