Alami Jerawat dan Menstruasi Tidak Teratur? Ini Sebabnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 24 Januari 2022 12:13
Alami Jerawat dan Menstruasi Tidak Teratur? Ini Sebabnya
Kenali kondisimu dan berkonsultasilah pada dokter.

Dream - Setiap bulan, wanita akan mengalami haid atau menstruasi. Jika menstruasimu lancar, siklusmu pun akan teratur. Artinya, jangka waktu haid di setiap bulannya akan sama.

Namun jika jangka waktu haid tidak selalu sama setiap bulan atau selisih waktunya cukup jauh, itu tandanya siklus menstruasimu kurang lancar. Pada beberapa orang, siklus menstruasi yang kurang lancar dialami bersamaan dengan munculnya jerawat atau beruntusan.

Jika mengalami kedua hal tersebut, mungkin kamu mengalami hiperandrogenism. Kondisi tersebut terjadi akibat kadar hormon seks pria atau testosteron yang berlebihan pada wanita hingga memberikan efek tertentu, seperti kulit berjerawat serta siklus haid tidak lancar.

1 dari 6 halaman

Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Dilansir dari unggahan Instagram Dermatologis, Dia Febrina, hiperandrogenism juga ditandai dengan tumbuhnya rambut halus pada tubuh, kulit berminyak, serta kebotakan.

Peningkatan libido, berkurangnya ukuran payudara, serta suara yang lebih dalam atau rendah seperti laki-laki juga bisa menjadi pertanda hiperandrogenism.

Meski telah mengetahui beberapa tanda hiperandrogenism, namun sebaiknya kamu jangan mendiagnosa sendiri. Tetap pastikan kondisi kesehatanmu pada dokter.

Jika kamu mengalami siklus haid tidak teratur dan kulit berjerawat, berkonsultasilah pada dokter spesialis kandungan serta dermatologis agar mendapatkan solusi yang tepat.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

3 dari 6 halaman

Trik Menyamarkan Jerawat dengan Obat Tetes Mata

Dream – Meski makeup bisa membuat wajah terlihat lebih flawless, menyamarkan jerawat tidak semudah yang dibayangkan. Kamu memerlukan teknik dan cara yang tepat untuk bisa benar-benar menyamarkan jerawat.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu perlu menggunakan beberapa produk makeup hanya untuk menutupi jerawat di area wajah tertentu. Jika kesulitan menyamarkan jerawat, cobalah tutorial dari Makeup Artist, Victor Cembellin.

Diminati dan Dapat Penghargaan, Skincare Lokal Buktikan Tak Kalah Saing dengan Produk Luar Negeri

Pertama-tama, dia menyarankan untuk tidak memencet jerawat agar tidak terjadi peradangan dan mempermudah penyembuhan. Lalu, siapkan campuran concealer berwarna peach dan kuning untuk menyamarkan noda kemerahan akibat jerawat.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, aplikasikan tetes mata menggunakan cotton bud untuk menyamarkan noda kemerahan pada jerawat. Lalu, aplikasikan sedikit eye base makeup untuk membuat pengaplikasian concealer lebih tahan lama.

Memakai Primer© TikTok @victorcembellin

Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 dari 6 halaman

Setelah itu, aplikasikan sedikit campuran concealer pada jerawat menggunakan spons. Tingkatkan coverage-nya dengan mengaplikasikan campuran concealer menggunakan kuas.

Mengaplikasikan Concealer© TikTok @victorcembellin

3 Langkah Menentukan Foundation Sesuai Warna Kulit

Buatlah pengaplikasian concealer lebih tahan lama dengan mengaplikasikan translucent powder secukupnya menggunakan kuas. Tekan-tekan kuas yang telah digunakan untuk mengambil bedak agar tidak menggeser pemakaian concealer di bawahnya.

Beri Komentar