Teknik Aneh Pengobatan Jerawat, Mending Pikir-Pikir Lagi!

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 18 April 2020 15:00
Teknik Aneh Pengobatan Jerawat, Mending Pikir-Pikir Lagi!
Tapi cara ini ampuh. Kamu mau coba?

Dream - Sebagian besar orang pasti pernah mengalami radang jerawat, baik ringan hingga berat.

Jerawat membandel membuat wajah jadi terlihat kotor. Bagi para wanita, ini merupakan masalah besar, jerawat membuat seseorang menjadi insecure.

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat membandel, baik dengan menutupnya menggunakan makeup hingga membeli obat jerawat yang harganya selangit.

 ilustrasi laser© Shutterstock

Tapi nggak jarang beberapa orang menyembuhkan jerawat mereka dengan berbagai metode pilihannya.

Dilansir dari laman Misskyra.com, terdapat cara perawatan jerawat menggunakan hal yang sangat aneh dan mengejutkan.

Apa saja?

1 dari 4 halaman

Krim popok

Metode ini didorong Redditor dan salah satu guru DIY terkenal di Youtube, Farah Dhukai dengan mengklaim bahwa ini dapat menyembuhkan dan meringankan bekas jerawat.

Namun, cara ini juga bisa menjadi masalah bagi orang dengan kulit sensitif. Ini dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat kamu.

Kotoran burung

Kotoran burung dipercaya dapat memperbaiki kondisi kulit. Terutama kotoran dari burung bulbul yang dapat menyembuhkan kulit kamu dari radang dan mengurangi tekstur di wajah.

Sebelum memberikan kotoran, kamu harus tahu bahwa kotoran selalu terkontaminasi yang menyebabkan beberapa penyakit seperti psittacosis, salmonella dan sebagainya.

2 dari 4 halaman

Kotoran kucing

Guru kecantikan Michelle Phan pernah mengesahkan bahwa kotoran kucing dapat mengurangi radang jerawat.

Ini dikatakan bekerja sangat baik untuk orang dengan kulit kombinasi berminyak.

Namun, kotoran kucing ini memiliki tekstur terlalu kering untuk orang berkulit kering, butiran tanah dari kotoran dapat menyebabkan robekan mikroskopsis ke kulit.

Lendir siput

Lendir siput dikenal untuk melawan tanda-tanda penuaan dan juga mencegah jerawat, dan juga bisa memudarkan bekas jerawat.

Meskipun tidak ada risiko potensial untuk menggunakan lendir siput, senyawa aktif dalam lendir siput dapat berbeda dari siput lain, faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi kualitas lendir.

Karena tingkat potensi masih dalam perdebatan, orang tidak boleh mencoba DIY ini di rumah.

Laporan: Cindy Azari

3 dari 4 halaman

Ketahui Penyebab Jerawat dari Letaknya

Dream - Terdapat berbagai hal yang menyebabkan timbulnya jerawat. Mulai dari perubahan hormonal, pencernaan yang kurang sehat hingga peredaran darah tidak lancar.

Terlepas dari berbagai penyebabnya, terdapat sebuah teori yang menyatakan bahwa area berjerawat bisa menjelaskan penyebab timbulnya masalah kulit itu.

Dilansir dari Miss Kyra, teori itu menyatakan bahwa jerawat di dahi merupakan tanda stres serta proses pencernaan yang kurang lancar.

Selain itu, jerawat di dahi bisa disebabkan oleh rambut berponi atau sering menyentuh area itu. Lain halnya dengan di dahi, jerawat di pipi menandakan sistem pernafasan yang bermasalah. 

Jerawat di dagu dipercaya disebabkan oleh masalah gigi dan gusi maupun paparan bakteri. T-zone merupakan area yang paling berminyak di antara area wajah lainnya.

  Jerawat© Shutterstock.com

4 dari 4 halaman

Area-area tumbuhnya jerawat

Namun, jerawat yang tumbuh di antara alis, di sepanjang tulang hidung atau dagu bisa juga disebabkan oleh masalah pencernaan, perubahan hormonal maupun alergi.

Teori itu pun mengklaim bahwa jerawat pada hidung disebabkan oleh disfungsi hati dan ginjal.

Jerawat yang tumbuh di area lainnya seperti punggung, lengan atau paha disebut body acne.

Biasanya, body acne disebabkan oleh iritasi kulit, perubahan hormonal atau pengaruh genetik. Gaya hidup seperti mengenakan pakaian ketat, membawa tas terlalu berat dan dehidrasi bisa menyebabkan iritasi kulit serta body acne. 

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar