Bingung Pilih Skincare? Simak Pedoman Dokter untuk Perawatan Kulit Pemula

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 7 November 2022 09:12
Bingung Pilih Skincare? Simak Pedoman Dokter untuk Perawatan Kulit Pemula
Kamu hanya perlu memperhatikan 3 hal ini di awal pemakaian skincare.

Dream - Banyaknya ragam skincare yang dijual di pasaran tidak selamanya memudahkan seseorang dalam merawat kulit. Tidak jarang, hal tersebut membuat seseorang bingung memilih skincare. Terutama, bagi seseorang yang awam seputar kecantikan.

Padahal, prinsip perawatan dasar cukup mudah. Kamu tidak perlu menggunakan banyak produk di awal pemakaian skincare. Apalagi, jika kulitmu tidak terlalu bermasalah.

Fokuslah mencari produk perawatan dasar terlebih dulu, yaitu pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. " Kamu harus penuhi kebutuhan dasar untuk kulit kamu dulu. Jadi, basic skincare berfokus pada membersihkan kulit, menghidrasi, serta memproteksi kulit kamu," ungkap Yessica Tania, Dokter Kulit melalui unggahan Instagramnya.

1 dari 4 halaman

Temukan pembersih, pelembap, dan tabir surya yang nyaman serta berdampak baik pada kesehatan kulitmu jika digunakan secara rutin. Tentunya, hal ini pun tidak selamanya mudah bagi setiap orang.

Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kamu bisa mengalami ketidakcocokkan pada suatu produk di awal pemakaian. Namun, kamu bisa memilih produk yang berformula ringan, berbahan dasar air, dan mencari kandungan skincare sesuai dengan jenis maupun kondisi kulitmu.

2 dari 4 halaman

Setelah menemukan produk yang tidak menimbulkan efek samping dan bermanfaat untuk kulit, cari tahu kebutuhan atau masalah kulitmu. Misalnya, wajahmu memiliki flek hitam, terasa kering, berjerawat, berkomedo, kusam, iritasi, atau mengalami penuaan.

Lalu, cari tahu kandungan yang mampu membantu mengatasi masalah tersebut. " Misalnya untuk kulit kusam, ingredients yang dapat membantu adalah niacinamide, antioksidan, vitamin C, arbutin, tranexamic acid, licorice, chroma bright, AHA, BHA, dan PHA)" .

Yessica juga berpesan agar mencari tahu karakteristik dan persentase setiap kandungan pada skincare untuk memastikan kulit tidak teriritasi. Mulailah dengan persentase bahan aktif yang rendah dan intensitas pemakaian beberapa kali seminggu dalam jumlah sedikit atau melakukan patch test untuk mencegah reaksi iritasi berlebih pada kulit.

3 dari 4 halaman

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selanjutnya, cari tahu kandungan apa saja yang boleh dan tidak boleh dipakai dalam waktu bersamaan. Beberapa kandungan efektivitas pemakaiannya bisa menurun atau menghilang setelah digabung dengan bahan aktif tertentu.

" Jika mau menambahkan ingredients untuk concern lainnya, beri jeda 2-4 minggu. Selalu lakukan patch test saat mencoba produk baru. Jika baru menggunakan ingredients, coba 2-3 kali seminggu terlebih dulu, dan dapat ditingkatkan sesuai toleransi kulitmu," tutupnya.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar