Cara Memilih Cleanser Sesuai Tipe Kulit Wajah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 26 September 2019 13:12
Cara Memilih Cleanser Sesuai Tipe Kulit Wajah
Sesuaikan dengan jenis kulit berikut ini.

Dream - Kualitas udara di Jakarta semakin memburuk dan berpengaruh pada kesehatan kulit. Semakin sering terpapar polusi, kulit wajah akan berubah menjadi kusam dan muncul tanda penuaan.

Archangela Chelsea, seorang MUA internasional asal Indonesia menjelaskan, kulit yang sering terpapar polusi tidak boleh meninggalkan skin care dan tidak membersihkan wajah.

Menurut Chelsea, jangan pilih makeup terlalu berat, sebaiknya memakai makeup yang ringan saja.

" Penggunaan makeup tidak apa-apa, tapi harus diperhatikan cara membersihkan wajahnya. Terus gunakan toner, moisturizer dan sunscreen paling penting,” jelas Archangela Chelsea di acara Bincang Shopee, Jakarta, Rabu 25 September 2019.

Cleansing© Foto: Razdkanya Ramadhanty/Dream

Foto: Razdkanya Ramadhanty/Dream

Chelsea juga menjelaskan pentingnya melakukan double cleansing. Ia menyarankan untuk memakai cleansing balm dan micellar water untuk membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai makeup.

1 dari 5 halaman

Bedakan Tipe Produk

Kombinasi dua produk itu sangat jitu dalam menjaga kesehatan kulit wajah agar terbebas dari jerawat.

“ Pemilihan micellar water itu bukan sesusai jenis kulit tetapi sesusai kondisi. Misalkan kondisi muka kamu lagi kering, gunakan micellar yang bahan dasarnya aloe vera. Kalau kulit kamu terasa berminyak, banyak terkena polusi dan debu, pilih berbahan dasar charcoals,” jelas Chelsea.

Jika kulit terasa kusam, gunakan produk pembersih dan skincare berbahan dasar rose water. Namun jika ingin membersihkan makeup yang cukup tebal, gunakan cleanser berbahan dasar susu atau minyak.

Selain pemilihan skincare yang tepat, Chelsea menyarankan untuk banyak minum banyak air mineral, mengonsumsi vitamin, mengatur pola makan dan berolahraga untuk menjaga kesehatan kulit.

(ism, Laporan: Razdkanya Ramadhanty)

2 dari 5 halaman

Trik Double Cleansing untuk Menangkal Debu dan Polusi

Dream - Kondisi kota yang penuh debu dan polusi, tanpa disadari memberikan pengaruh pada kualiatas udara. Menurut Air Quality Index dari AirVisual, Jakarta menduduki peringkat ke-6 sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Kualitas udara yang buruk juga dapat memengaruhi kondisi kulit, terutama bagi wanita yang menggunakan makeup sehari-hari.

Salah satu kunci melindungi wajah dari debu dan polusi adalah dengan rutin membersihkan wajah. Bukan hanya makeup, banyak kotoran yang harus dihapus setelah seharian beraktifitas.

Debu, makeup dan kotoran yang menumpuk dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo. Lakukan pembersihan dengan memakai teknik double cleansing. Teknik ini mengandalkan dua produk sekaligus untuk mencuci wajah dengan sempurna.

“ Double cleansing itu paling jitu. Double cleansing yang paling baik itu menggunakan cleansing balm dan micellar water. Kandungan produknya oil based, jadi bisa mengangkat semua kotoran di wajah dan fungsinya hydrating,” ujar Archangela Chelsea seorang makeup artist internasional.

Cleansing© Foto: Razdkanya Ramadhanty/Dream

Foto: Razdkanya Ramadhanty/Dream

3 dari 5 halaman

Kombinasi Micellar Water dan Cleansing Balm

Selain itu, produk double cleansing juga harus disesuaikan dengan keadaan kulit. Seperti kulit kering, berminyak dan sensitif.

POND’s berkolaborasi dengan Shopee meluncurkan POND’s Cleansing Balm dan POND’s Vitamin Micellar Water sebagai produk efektif menghapus makeup dan menutrisi wajah.

Cleansing© Selain itu, produk double cleansing juga harus disesuaikan dengan keadaan kulit. Seperti kulit kerin

Foto: Razdkanya Ramadhanty

Kombinasi cleansing balm dan micellar water dapat menghapus sisa-sisa makeup yang tertinggal dengan sempurna. Setelah itu, Sahabat Dream bisa melanjutkannya dengan cleansing foam atau sabun cuci muka.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

4 dari 5 halaman

Tips Hijabers Tantri Namirah Atasi Kulit Sensitif

Dream - Memiliki kulit wajah yang sensitif bukanlah hal mudah. Butuh kesabaran dan ketelitian ekstra dalam menghadapinya.

Salah sedikit, kulit bisa memberi reaksi buruk dari produk yang digunakan. Seperti jerawat, berutusan, komedo hingga iritasi.

Hal itu juga dialami oleh hijabers cantik Tantri Namirah. Istri Haykal Kamil menceritakan pengalamannya di bangku SMA. Seperti remaja pada umumnya, ia pun kewalahan dalam merawat kulit wajah.

“ Waktu SMA aku kurang peduli sama kulit wajahku. Aku (waktu itu) belum tau kalau banyak jerawat karena jenis kulit aku sensitif, jadi aku kurang memberi perhatian pada kulitku. Di daerah sekitar hidung banyak, gede-gede dan rapat-rapat. Kadang juga beruntusan,” ujar Tantri saat ditemui pada acara Bincang Shopee di Jakarta, Rabu 25 September 2019.

Tantri Namirah© Foto: Razdkanya Ramadhanty/Dream

Foto: Razdkanya Ramadhanty/Dream

5 dari 5 halaman

Pakai Cara Ini

Setelah sadar jenis kulitnya sensitif, Tantri mulai peduli pada kesehatan kulit wajahnya ketika berkuliah. Ia memutuskan untuk konsultasi ke dokter dan mulai selektif dalam memilih produk kecantikan.

“ Pokoknya kalau pulang ke rumah setelah banyak aktivitas aku selalu membersihkan wajah menggunakan double cleansing. Kadang kalau tidak kemana-mana, aku tetap menggunakan cleansing balm. Aku juga enggak begitu suka pakai makeup tebal, pakai foundation tipis-tipis aja,” kata adik ipar Zaskia Mecca.

Selain merawat kulit wajah dengan tipe  produk yang sesuai, Tantri juga mengatur pola hidupnya dengan beberapa cara. Diantaranya olahraga secara teratur, minum air mineral 2 botol besar sehari dan menjauhi gorengan dan minuman manis. Tujuannya agar badan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar