7 Manfaat Tepung Beras untuk Wajah, Bahan Alami yang Bikin Kulit Halus dan Kencang

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 12 Agustus 2022 19:12
7 Manfaat Tepung Beras untuk Wajah, Bahan Alami yang Bikin Kulit Halus dan Kencang
Tepung beras yang teksturnya kasar ini bisa menjadi eksfoliator alami.

Dream – Bagi sahabat Dream yang hobi di dapur tentunya sudah tidak asing lagi dengan tepung beras. Biasanya jenis tepung ini digunakan untuk membuat kue-kue yang lezat dan cantik. Tapi, tahukah kamu kalau manfaat tepung beras juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan? 

Penggunaan tepung beras untuk kecantikan ternyata sudah banyak digunakan para perempuan di negara Asia Timur, seperti Korea Selatan, Cina, dan Jepang. Tepung ini digunakan sebagai bahan pembuatan makeup yang biasa mereka gunakan. Tak mengherankan jika perempuan-perempuan di negara-negara tersebut memiliki kulit yang halus dan sehat.

Manfaat tepung beras untuk wajah memang tidak bisa dianggap remeh. Apalagi bahan ini mudah sekali sahabat Dream jumpai. Baik di warung hingga supermarket dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba di rumah.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat tepung beras untuk wajah, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui brilistyle.brilio.net.

1 dari 3 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah© Freepik.com

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat tepung beras untuk wajah yang pertama adalah bisa mengangkat sel kulit mati. Saat ini ada banyak sekali produk yang bisa sahabat Dream gunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi jika ingin menggunakan yang alami, maka kamu bisa memilih tepung beras.

Tepung beras sendiri memiliki tekstur yang kasar, sehingga mampu menjadi eksfoliator. Tak hanya itu saja, tepung beras juga bisa menyerap sebum di kulit dan membuat kulitmu kelihatan lebih bersih. Sahabat Dream hanya perlu menggunakan dua sendok makan tepung beras, lalu aplikasikan ke wajah sampai rata sembari digosok. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

Menyerap Minyak Berlebih

Kulit wajah memang membutuhkan minyak. Namun jika berlebihan, maka hal tersebut tidak akan baik untuk kulit itu sendiri. Karena bisa memicu hadirnya jerawat. Namun dengan bantuan tepung beras, hal ini bisa membantu sahabat Dream yang memiliki minyak berlebih di kulit wajah. Tepung beras berperan sebagai pengontrol minyak dan mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan tepung beras yang sudah dibuat menjadi masker sampai rata dan diamkan beberapa menit. Lalu bilaslah dengan air biasa.

2 dari 3 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah© Unsplash.com

Melindungi dari Sinar Matahari

Bagi sahabat Dream yang sering melakukan aktivitas di luar rumah, tentu mudah sekali terkena paparan sinar matahari. Jika sinar matahari mengenai kulit secara langsung dan terjadi secara sering, maka hal ini bisa membahayakan kulit. Nah, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kamu bisa menggunakan tepung beras.

Perlu diketahui bahwa tepung beras memiliki kandungan asam ferulat dan PABA yang ampuh melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu ada juga kandungan asam para-aminobenzoic yang bisa merangsang pertumbuhan sel kulit.

Cara menggunakannya adalah dengan membuat tepung beras menjadi masker dan mengaplikasikannya ke wajah sampai rata. Lalu diamkan hingga beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus adalah impian setiap perempuan. Bahkan dengan memiliki kulit yang halus, seseorang bisa tampil percaya diri. Selain menggunakan produk-produk kecantikan, sahabat Dream juga bisa memanfaatkan tepung beras.

Untuk mendapatkan manfaat tepung beras ini, sahabat Dream hanya perlu mencampurkan satu sendok tepung beras dengan setengah sendok teh oatmeal dan madu. Kemudian aduklah sampai rata dan aplikasikan ke wajah. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah© Freepik.com

Mengencangkan Kulit

Manfaat tepung beras untuk wajah berikutnya adalah bisa mengencangkan kulit. Setiap perempuan tentu ingin memiliki kulit yang kencang bukan? Hal ini menandakan bahwa kulitmu sehat. Kamu bisa mendapatkanya secara alami dengan menggunakan tepung beras.

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu mencampurkan tepung beras dengan putih telur dan madu. Kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan hingga beberapa menit. Lalu bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Mengatasi Jerawat

Manfaat tepung beras untuk wajah yang sayang jika dilewatkan adalah bisa mengatasi jerawat, Mengingat bahwa jerawat menjadi masalah kulit yang banyak dialami. Baik laki-laki maupun perempuan. Ada berbagai cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan menggunakan tepung beras.

Tepung beras memiliki kandungan berupa asam fitat yang kaya akan asam alfa hidroksi antioksidan (AHA). Untuk mendapatkan manfaatnya, sahabat Dream hanya perlu menyediakan satu sendok makan tepung beras dan satu sendok air jeruk lemon. Kemudian aplikasikan dan diamkan hingga beberapa menit, lalu bilaslah dengan air biasa.

Mengatasi Mata Panda

Manfaat tepung beras untuk wajah juga bisa membantu mengatasi mata panda. Mata panda ditandai dengan adanya bagian bawah mata yang berwarna hitam. Biasanya hal ini dialami oleh orang yang kurang tidur. Kondisi ini bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri dan menunjukkan bahwa dirinya sangat lelah.

Untuk mengatasinya, sahabat Dream bisa menggunakan tepung beras. Caranya adalah dengan mengaplikasikan pasta tepung beras di bagian bawah mata dan diamkan sampai beberapa menit. Lalu bilas dengan air biasa. Hasilnya bisa membuat mata menjadi lebih segar.

Beri Komentar