Perawatan Kulit Wajah yang Cocok Buat ‘Si Wanita Mobile’

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 1 Juli 2022 18:35
Perawatan Kulit Wajah yang Cocok Buat ‘Si Wanita Mobile’
Jarangnya membersihkan wajah bisa jadi faktor utama timbulnya masalah-masalah di wajah.

Dream -  Gangguan pada kulit yang paling menyebalkan adalah ketika muncul berbagai masalah seperti jerawat, komedo, noda hitam, warna kulit yang tidak merata, hingga kerutan atau garis halus.

Ragam masalah itu disebabkan oleh udara, debu, atau penggunaan makeup yang tidak cocok.

Terkadang masalah kulit wajah juga bisa disebabkan kurangnya asupan air mineral atau makanan sehat. Namun yang paling utama, masalah klasik para perempuan ini adalah jarangnya membersihkan wajah.

Jika kamu termasuk tipe perempuan yang selalu mobile karena padatnya aktivitas, rutinitas membersihkan wajah tidak boleh dilupakan begitu saja. Terlebih ketika setiap selesai beraktivitas di luar ruangan.

Membersihkan area kulit wajah memang membutuhkan waktu yang tak sebentar. Terlebih Jika kamu ingin membersihkan wajah dengan tiga sampai belasan tahap.

Namun jika Sahabat Dream bukan tipe pembersih wajah seperti diuraikan di atas, kamu bisa memilih produk cleansing all in one. Biasanya, produk  cleansing all in one memiliki kandungan yang berfungsi membersihkan kotoran, menutrisi, hingga melembapkan kulit wajah .

1 dari 5 halaman

Apa saja kandungannya?

Ilustrasi© shutterstock

Pembersih wajah dari PT. Eka Jaya Internasional lewat brand Hanasui salah satunya. Mengeluarkan dua produk yaitu Hanasui Waterproof Makeup Remover+Collagen Water dan Hanasui Collagen Micellar Cleansing Water, Hanasui berusaha melengkapi rangkaian perawatan wajah agar tetap bersih, dan lembap.

Dengan kandungan Collagen Water triple action formula, Hanasui Makeup Remover diklaim mampu membersihkan, melembapkan, serta mencerahkan kulit. Sementara kandungan Niacinamide diklaim bisa membuat kulit lebih kenyal.

Tak cuma itu saja, 7 Hyaluron Active pada produk ini juga berfungsi membersihkan kulit hingga ke tujuh lapisan kulit terdalam sehingga bisa membasmi paparan debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah sehari penuh.

2 dari 5 halaman

Bersertifikat halal

Jangan khawatir Sahabat Dream, Collagen Cleanser Series Hanasui ini aman digunakan untuk kulit sensitif dan aman di area mata dan bibir. Penyebabnya, produk ini sengaja dibuat no alcohol added, non rinse, ph balance dan dermatologically tested.

Makeup remover© Hanasui

Collagen micellar© Hanasui

Penting buat kita kaum Muslim untuk mengetahui kehalalan produk kecantikan. Dan, ya, kedua garapan teranyar Hanasui ini sudah bersertifikat halal, BPOM dan harganya pun terjangkau.

Untuk Makeup Remover dibanderol dengan harga Rp35.000, sedangkan Hanasui Micellar Water dibesut Rp25.000. Kamu pun bisa dapatkan duo combo ini baik di toko kosmetik secara langsung atau online.

3 dari 5 halaman

Membersihkan Wajah Terlalu Sering Malah Sebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya

Dream - Rutinitas perawatan kulit yang paling penting dilakukan adalah membersihkan wajah. Pemakaian skincare lainnya tidak akan efektif atau justru menyebabkan masalah kulit jika kamu belum menggunakan facial wash.

Sebagian orang malas membersihkan wajah karena harus melakukan double cleansing dengan micellar water atau cleansing balm maupun oil serta facial wash.

Transformasi Makeup MUA Tuai Pujian, Warganet: Aku Kasih Bintang 5

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Hal tersebut sangat diperlukan untuk membersihkan makeup untuk memastikan tidak terdapat sisa produk pada wajah setelah menggunakan facial wash. Ada juga yang berpendapat bahwa double cleansing juga wajib dilakukan setelah menggunakan tabir surya berformula waterproof.

Tapi, sumber lainnya menyatakan pembersih wajah biasa sudah cukup untuk mengangkat sisa tabir surya dengan beragam formula. Jadi, kamu tidak perlu melakukannya kecuali sedang memakai makeup.

4 dari 5 halaman

Dampak Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Walau sangat penting dilakukan, menurut Dokter Kulit Hari Darmawan, terlalu sering membersihkan wajah juga menyebabkan berbagai masalah kulit. Apalagi, jika kamu juga melakukan double cleansing. Berikut dampak yang bisa dialami akibat membersihkan wajah lebih dari 2 kali sehari di pagi dan malam hari.

1. Menyebabkan Kulit Kering

Wajah TikToker jadi Mirip Sisca Kohl Usai Dirias, Warganet Puji ‘Ciptaan yang Indah’

Memiliki Kulit Kering© Shutterstock

Foto: Shutterstock

" Terlalu sering cuci muka menyebabkan kulit wajah seakan tertarik. Ini merupakan tanda bahwa lipid barrier pada lapisan kulit telah mengalami kerusakan akibat terlalu sering mencuci wajah dengan sabun yang tidak sesuai," jelasnya di salah satu unggahan.

Memakai facial wash yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit pun bisa menyebabkan hal serupa apabila digunakan lebih dari 2 atau 3 kali sehari. Apalagi, jika kulitmu kering atau sensitif.

Jadi, gunakan facial wash secukupnya dan pastikan produk tersebut mampu mempertahankan hidrasi serta minyak alami kulit. " Kulit wajah yang sehat ialah yang masih memiliki lapisan minyak dengan kadar hidrasi dan sebum yang seimbang" .

5 dari 5 halaman

2. Mengganggu pH Kulit


Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tidak Perlu Lash Lift, Cara Ini Bisa Bikin Bulu Mata Lentik, Panjang, dan Tebal untuk Waktu Lama

Selain minyak alami atau sebum, pH kulit juga jadi hal yang harus dijaga agar tetap seimbang. Kulit yang sehat memiliki pH antara 4,2 -5,5. Begitu pula dengan kulit kepala.

Tingkat keasaman kulit berfungsi untuk menjaganya agar tetap lembap dan terhindar dari bakteri maupun virus. Membersihkan wajah terlalu sering bisa mengganggu keseimbangan pH kulit. Jadi, wajahmu bisa terasa lebih kering dan mudah mengalami berbagai masalah seperti munculnya komedo, jerawat, maupun beruntusan.

3. Mengiritasi Kulit

 

Mengalami Iritasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Dapatkan Wajah Flawless Seperti Seleb di Red Carpet dalam 2 Langkah

Sabun dengan kandungan tertentu mampu menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu sering. Kulitmu tidak hanya akan teriritasi, tapi juga bisa kering, kemerahan, dan bersisik. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan skincare dan pakailah secukupnya agar tetap aman serta efektif.

 

Beri Komentar