Perawatan Kulit Kepala Berketombe Khusus untuk Hijaber

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 7 Desember 2022 08:12
Perawatan Kulit Kepala Berketombe Khusus untuk Hijaber
Bagi hijaber yang mengalami ketombe, ada langkah penting untuk meredakannya. Yuk, simak.

Dream - Mengenakan hijab, bukan berarti kita menyepelekan kesehatan kulit kepala dan rambut. Salah satu masalah sering dialami para hijaber adalah munculnya ketombe di kulit kepala.

Ketombe, dikutip dari KlikDokter, bisa terjadi karena penumpukan minyak di kulit kepala yang akhirnya akan memicu tumbuhnya jamur. Kulit kepala pun jadi sangat gatal dan kadang memunculkan aroma tak sedap.

Bagi hijaber yang mengalami ketombe, ada langkah penting untuk meredakannya. Yuk, simak.

1. Berjemur
Selalu sempatkan kepala untuk mendapat paparan sinar matahari di pagi hari. Berjemurlah secara rutin di area yang privat agar kulit kepala lebih sehat. Setelah keramas, sebelum menggunakan hijab sepanjang hari, pastikan rambut benar-benar kering.

2. Kelola Stres dengan Baik
Terlalu banyak pikiran atau stres dapat memengaruhi kesehatan, tak terkecuali kesehatan rambut dan kulit kepala. Stres ini bisa memicu timbulnya ketombe dan memperparah kondisi.

Kamu juga perlu mengurangi stres pada rambut dan kulit kepala. Misalnya dengan tidak menggunakan dalaman hijab yang terlalu ketat, atau memilih kain hijab yang mudah menyerap keringat.

1 dari 2 halaman

3. Keramas secara Teratur

Hiijab© Shutterstock

Cuci rambut dengan teratur, jangan terlalu lama atau menunggu hingga kulit kepala berminyak. Memproduksi minyak merupakan fungsi normal dari kulit kepala. Jiika tidak rutin dibersihkan, maka minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat memerangkap kotoran bahkan kuman. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai keluhan di kulit kepala, termasuk ketombe.

2 dari 2 halaman

4. Pilih Sampo yang Tepat

Bagi wanita yang punya kulit kepala berminyak, usahakan untuk keramas setiap hari agar minyak tak bertumpuk di kulit kepala. Kamu juga harus menggunakan produk sampo yang sesuai dengan kulit kepala.

Ada beberapa jenis sampo yang memiliki kandungan ampuh untuk mengusir ketombe. Misalnya, sampo zinc pyrithione. Jenis sampo ini mengandung zat antibakteri dan antijamur yang berfungsi mengurangi jamur di kulit kepala.

5. Pilih Bahan Kerudung yang Tepat
Hal ini juga sangat penting untuk menghilangkan ketombe bagi mereka yang berhijab. Kerudung berbahan katun atau sutra dapat membantu menjaga sirkulasi udara yang baik di area kepala, sehingga tidak mudah berkeringat. Tentunya, hal ini akan mencegah kulit kepala menjadi gatal dan menghindari munculnya ketombe.

Selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More