Perawatan Rutin Kulit Wajah yang Wajib Wanita Lakukan

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 15 Februari 2021 18:12
Perawatan Rutin Kulit Wajah yang Wajib Wanita Lakukan
Apa saja stepnya?

Dream – Untuk mendapatkan wajah berseri, para wanita rela meluangkan waktunya untuk memanjakan kulit dengan ragam perawatan, mulai dari membersihkan, melembapkan, hingga mengencangkan kulit.

Guna memaksimalkan perawatan, mereka juga tak malas memakai masker wajah dan berbagai krim yang baik untuk kesehatan kulit.

Agar lebih mudah menyesuaikan produk dengan kulit wajah, yuk simak secara spesifik tentang produk apa yang perlu digunakan sesuai jenis kulit wajah yang kamu miliki.

1 dari 4 halaman

Kulit kering

Ilustrasi© Shutterstock

Untuk kulit wajah kering, gunakan produk yang kaya asam linoleat, seperti evening promrose oil. Gunakan di pagi hari karena ini adalah produk ringan yang memberikan kelembapan serta kandungan yang cepat menyerap ke kulit tanpa rasa berminyak.

Bahkan dapat meredakan peradangan kulit akibat kekeringan.

Untuk perawatan di malam hari, bisa gunakan bahan-bahan seperti ekstrak milk thistle yang dapat mengembalikan fungsi hati yang dikonsumsi sebagai suplemen. Fungsinya sebagai antioksidan, anti inflamasi, dan pengendali kekbalan kulit.

2 dari 4 halaman

Kulit berminyak

Gunakan produk infusan yang mengandung calamine, ini membantu untuk mengatasi peradangan kulit yang disebabkan minyak berlebih. Bahkan dapat mencegah infeksi sekunder serta menenangkan kulit wajah.

Untuk perawatan rutinitas malam hari, gunakan produk dengan asam polihidroksi (PHA) yang bekerja seperti AHA dan cukup lembut di kulit. Selain itu bisa gunakan perawatan keratin yang tidak begitu mengiritasi untuk mengganti AHA, BHA atau PHA.

Kulit berjerawat

Rutinitas perawatan kulit pagi hari yang paling efektif untuk mengatasi kekeringan kulit karena jerawat adalah dengan menggunakan asam hailuronat.

Untuk malam hari, bisa gunakan ekstrak centella asiatica yang membantu mengeringkan dan meredakan jerawat di kulit. Selain itu, untuk membantu meregenerasi kulit coba pakai tiger grass yang cukup terkenal di Asia, gosokan pada luka jerawat.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India)

3 dari 4 halaman

4 Campuran Masker dari Putih Telur yang Bermanfaat untuk Kulit

Dream - Putih telur sangat kaya akan protein dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, putih telur juga seringkali digunakan untuk perawatan kulit alami.

Hal serupa dikatakan oleh Founder & Chairperson Blossom Kochhar Group of Companies, Blossom Kochhar. Ia mengungkapkan putih telur mengandung banyak mineral, vitamin dan protein yang sangat bermanfaat untuk kulit maupun rambut.

Dilansir dari Times of Indiaberikut tips menggunakan putih telur untuk perawatan kulit.

4 dari 4 halaman

Begini cara memakainya

Untuk mencegah anti penuaan

Campurkan satu sendok teh putih telur dengan 2-3 tetes patchouli essential oil. Lalu, aplikasikan di seluruh wajah.

Bilas setelah beberapa menit menggunakan air bersih dan lakukan secara rutin untuk mengencangkan wajah serta menyamarkan kerutan.

Untuk menutrisi kulit

Campuran satu sendok teh putih telur dan setengah sendok teh madu dapat digunakan untuk menutrisi kuliy serta menyamarkan kerutan.

Membersihkan pori-pori

Campur satu sendok makan telur, satu sendok teh gula dan satu sendok teh tepung jagung hingga merata.

Aplikasikan pada wajah secara rutin untuk mengatasi blackheads dan mengeksfoliasi kulit. Sehingga, wajah pun akan lebih bersih.

Mengontrol produksi minyak alami wajah

Jika wajahmu berminyak, kusam atau mengalami hiperpigmentasi, gunakanlah masker alami yang terbuay dari putih telur, setengah sendok teh tetesan lemon serta satu sendok teh madu.

Beri Komentar