Step by Step Maksimalkan Penggunaan Exfoliating Toner yang Bikin Wajah Glowing

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 2 Desember 2022 13:29
Step by Step Maksimalkan Penggunaan Exfoliating Toner yang Bikin Wajah Glowing
Ada beberapa tips lain yang harus diperhatikan untuk membuat pemakaian toner jadi lebih maksimal. Cari tahu lebih jauh yuk, Sahabat Dream!

Rutinitas penggunaan skincare kini semakin lengkap dengan kehadiran berbagai produk untuk perawatan kulit yang lebih maksimal. Salah satunya adalah exfoliating toner yang sedang banyak diincar beauty enthusiast. Secara umum, produk tersebut memang mirip dengan toner pada umumnya. Yang membedakan adalah formula exfoliating atau mengeksfoliasi kulit.

Sesuai dengan namanya, toner ini memiliki fungsi untuk mengangkat dan mengikis sel kulit mati di permukaan kulit wajah untuk membantu merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Penggunaan secara teratur memang bisa membuat kulit jadi lebih glowing, tapi tetap perhatikan jadwal penggunaan ideal agar tidak overexfoliating yang malah memicu iritasi.

Selain itu, ada beberapa tips lain yang harus diperhatikan untuk membuat pemakaian toner jadi lebih maksimal. Cari tahu lebih jauh yuk, Sahabat Dream!

1 dari 5 halaman

Pilih Kandungan Sesuai Kebutuhan Kulit

Step by Step Maksimalkan Penggunaan Exfoliating Toner yang Bikin Wajah Glowing© Shutterstock

Exfoliating toner belakangan ini banyak diincar para beauty enthusiast karena kandungan bahan aktif di dalamnya, yaitu AHA dan BHA. Keduanya memiliki manfaat yang hampir sama, yaitu mengangkat sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Namun, harus mempertimbangkan lebih jauh untuk menentukan saat menggunakan AHA atau BHA.

AHA dinilai lebih cocok untuk pemilik kulit kering. Sementara itu, BHA dianggap lebih cocok bagi pemilik kulit berminyak. Biarpun begitu, hasil akhirnya akan tetap kembali pada kondisi kulit masing-masing.

2 dari 5 halaman

Gunakan Exfoliating Toner pada Wajah Bersih

Step by Step Maksimalkan Penggunaan Exfoliating Toner yang Bikin Wajah Glowing© Shutterstock

Secara umum, penggunaan skincare jenis apapun memiliki rules yang sama, yaitu aplikasikan pada kulit wajah yang bersih. Jadi, sebelum menggunakan toner ini, jangan lupa untuk menerapkan langkah cleansing face terlebih dulu.

Awali dengan membersihkan wajah dengan mineral water atau jenis pembersih wajah yang sesuai jenis kulit lainnya. Setelah itu, cuci dengan air dan facial foam. Jika wajah sudah benar-benar kering, kamu bisa mengaplikasikan exfoliating toner.

3 dari 5 halaman

Perhatikan Petunjuk Penggunaan Exfoliating Toner

Step by Step Maksimalkan Penggunaan Exfoliating Toner yang Bikin Wajah Glowing© Shutterstock

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan exfoliating toner. Beberapa produk biasanya nggak menyarankan durasi penggunaan yang lama. Cukup 10 menit saja kemudian langsung bilas kembali dengan air hangat untuk mencegah iritasi.

Selain itu, perhatikan juga trik layering skincare saat menggunakan exfoliating toner. Dalam waktu 24 jam, disarankan untuk tidak menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif lain seperti retinol, vitamin C, hingga niacinamide. Hal ini penting banget untuk diperhatikan agar perawatan bisa maksimal dan minim iritasi.

4 dari 5 halaman

Aplikasikan Hydrating Toner

Step by Step Maksimalkan Penggunaan Exfoliating Toner yang Bikin Wajah Glowing© Shutterstock

Kandungan aktif dalam exfoliating toner memang efektif mengangkat sel kulit pada wajah. Namun, hal ini juga dapat membuat kulit jadi terasa kering. Untuk merawat kulit agar tetap lembap dan tidak terasa kering, jangan lupa aplikasikan hydrating toner setelah pemakaian exfoliating toner.

Dengan penggunaan produk skincare yang dapat melembapkan, kamu bisa menjaga agar kulit tetap sehat dan lembut. Hal ini juga meminimalisir risiko yang bisa ditimbulkan oleh bahan aktif yang terkandung dalam exfoliating toner.

5 dari 5 halaman

Jangan Lupa Gunakan Sunscreen

Setelah menggunakan exfoliating toner, jangan lupa menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar rumah. Pemakaian produk dengan bahan aktif seperti exfoliating toner bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Jika tidak memberikan perlindungan yang maksimal, maka kulit akan rentan mengalami iritasi.

Nggak hanya untuk mencegah iritasi, penggunaan produk sunscreen juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang menyebabkan wajah jadi kusam. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan perawatan dengan exfoliating toner untuk kulit yang lebih glowing.

Perhatikan step by step pemakaian exfoliating toner di atas agar perawatan wajah makin maksimal menggunakan produik incaran. Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Beri Komentar