Tips Beli Make Up Supaya Enggak Salah Pilih

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 11 Juli 2019 08:36
Tips Beli Make Up Supaya Enggak Salah Pilih
Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Dream - Kini produk make up sudah menjamur tidak hanya di mal atau pusat perbelanjaan, tapi juga di toko online.

Namun, kemudahan itu bisa menjadi kemudahan sekaligus malapetaka bagi pecinta make up. Pasalnya, barang yang kamu beli di toko online tidak bisa dicoba maupun dikembalikan.

Make Up Artist, Phillips Kwok, menyarankan agar membeli make up di toko offline agar bisa dicoba dan dicek tanggal kedaluwarsanya.

“ Hati-hati belanja online. Either itu real atau expired, kita enggak tahu. Usahakan beli lipstik atau make up selalu dicoba dulu,” tutur Phillips di The Crowne Plaza, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

 shutterstock

Saat membeli di toko offline pun kamu harus berhati-hati saat mencobanya. “ Sebelum dicoba, ambil tisu dulu dan dilap. Kalau enggak, dikerok supaya dapat permukaan yang lebih bersih,” tambahnya.

 shutterstock

Phillips menyarankan untuk mencoba pigmentasi dan warna produk pada pergelangan tangan. “ Kalau mau uji sensitifitas, di belakang kuping. Gatal atau nggak dan dibawa jalan-jalan dulu, 3 jam kemudian baru balik lagi,” tutupnya.

1 dari 6 halaman

Bersolek Pakai Makeup Waterproof, Bagaimana Wudhunya?

Dream - Makeup sudah jadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari wanita. Dengan makeup, wanita bisa selalu tampil cantik dalam setiap kesempatan.

Masalah yang sering mengganggu kaum hawa saat menggunakan perias wajah ini adalah makeup luntur jika terkena air. Mereka terpaksa memoles kembali wajahnya dan butuh waktu lebih lama.

Masalah itu kemudian teratasi dengan peralatan makeup tahan air atau waterproof. Alat makeup jenis ini membuat riasan wajah bisa bertahan lama sehingga banyak wanita yang menyukainya.

Tetapi, jika seorang Muslimah mengenakan makeup waterproof, bagaimana dengan wudhunya?

2 dari 6 halaman

Anggota Wudhu Harus Terbasahi

Dikutip dari Bincang Syariah, ketika wudhu, terdapat keharusan untuk menyapukan air ke bagian tubuh tertentu. Salah satunya adalah wajah.

Air yang dibilaskan harus menyentuh kulit secara langsung dan tidak boleh terhalangi. Jika sampai terhalang, maka wudhu menjadi tidak sah.

Bagi Muslimah yang mengenakan makeup waterprrof, maka diharuskan menghapus riasannya lebih dulu. Setelah itu, barulah dia boleh berwudhu.

Hal ini seperti tercantum dalam riwayat Imam Ahmad dan Abu Daud. Riwayat itu didapat dari Khalid bin Mi'dan dari istrinya, yang menjelaskan Rasulullah MuhammadSAW pernah menyuruh seseorang mengulang wudhunya karena ada anggota wudhu yang tidak terbasahi air.

" Rasulullah pernah melihat seorang sholat sedangkan di punggung kakinya ada bagian mengkilap karena tidak terbasuh air wudhu, seukuran sekeping dirham. Lalu Rasulullah menyuruhnya mengulang kembali wudhunya."

3 dari 6 halaman

Makeup Waterproof Tutupi Kulit

Rasulullah mengajarkan air wudhu harus membasahi seluruh anggota wudhu. Jika ada yang tidak tersapu air, maka wudhunya tidak sah.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah memerintahkan umat Islam untuk menyempurnakan wudhunya.

" Celaka atau lembah wail (di neraka jahanam) bagi para pemilik tumit yang tidak terkena air wudhu. Sempurnakan wudhu kalian!"

Makeup waterproof dapat menutup kulit teutama pada pori-pori. Sehingga, diharuskan menghapus makeup tersebut agar air wudhu tetap bisa membasahi wajah.

Sedangkan untuk selanjutnya lebih dianjurkan menggunakan makeup yang aman. Juga tidak menganggu aktivitas ibadah.

Sumber: bincangsyariah.com

4 dari 6 halaman

Cara Mudah Membuat Makeup Tahan Keringat

Dream - Salah satu masalah menjengkelkan yang sering dihadapi kaum hawa terkait makeup adalah luntur karena keringat.

Bayangkan! Sudah lelah menghabiskan waktu yang lama untuk merias wajah, tapi luntur karena berkeringat saat beraktivitas.

Tapi Sahabat Dream tidak usah khawatir. Makeup Artist, JopingKeo dari New York akan berbagi tips mengatasi makeup yang mudah luntur karena keringat.

Menurut Joping, ada dua cara untuk mengatasi hal tersebut. Cara pertama adalah memakai primer.

Penggunaan primer pada wajah memiliki dua tujuan. Pertama, primer bisa mencegah makeup agar tidak crack.

Kedua, primer berfungsi sebagai penghalang wajah dari berbagai hal, termasuk keringat untuk keluar atau masuk.

Gunakan Setting Spray

Setelah mengaplikasikan makeup, gunakan setting spray pada wajah. Untuk cuaca panas, sebaiknya pilih setting powder daripada yang berformula krim atau cair.

Setting powder akan membantu menyerap cairan pada permukaan kulit. Sebaliknya, setting cream atau liquid justru mempertegas tampilan wet look.

  Makeup Tahan Keringat

Selain itu hindari produk makeup berkilauan atau berwarna-warni. Karena itu akan membuat tampilan wajah terlihat makin mengilap.

Untuk cara kedua, Joping menyarankan agar selalu menyiapkan kertas minyak atau blotting tissue di tas. Kertas minyak ini ampuh mengatasi keringat setelah memakai makeup.

5 dari 6 halaman

Solusi yang Cukup Aneh

Namun Joping punya solusi yang cukup aneh. Dia menyarankan untuk memanfaatkan keringat daripada menyembunyikannya.

  Makeup Tahan Keringat

" Jika eyeliner luntur karena keringat, jangan buru-buru untuk memakainya kembali. Langsung baurkan sehingga terlihat seperti smokey eye," katanya.

6 dari 6 halaman

Gunakan Saja Jari yang Bersih

Joping menambahkan, sedikit berkeringat di cuaca panas masih bisa diterima karena kita bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan penampilan.

" Hal positif ketika sedikit berkeringat di cuaca panas adalah wajah akan sepenuhnya terhidrasi. Sehingga makeup dapat lebih mudah berbaur," katanya.

  Makeup Tahan Keringat

Jadi, jika perona pipi atau bronzer mulai luntur, gunakan saja jari yang bersih untuk membaurkannya.

Lagipula, wajah yang terlihat matte di cuaca yang panas akan terlihat aneh dan kurang natural.

(ism, Sumber: Makeup.com)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham