Tips Memilih Formula Pelembap Sesuai dengan Jenis Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 4 Januari 2022 15:35
Tips Memilih Formula Pelembap Sesuai dengan Jenis Kulit
Sesuaikan tekstur pelembap dengan jenis dan kebutuhan kulitmu.

Dream – Sebenarnya, tidak sulit menjaga kesehatan kulit. Kamu hanya perlu melakukan perawatan kulit dasar. Itu artinya, kamu hanya perlu memakai pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. Apalagi, jika kulitmu tidak bermasalah atau memiliki kondisi tertentu.

Walaupun terkesan sederhana dan mudah dilakukan secara rutin, kamu harus ekstra hati-hati ketika memilih produk perawatan kulit. Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin memilih produk kosmetik adalah mencari tahu jenis kulitmu.

Secara garis besar, jenis kulit terbagi menjadi tiga, yaitu kulit kering, berminyak, dan kombinasi. Setelah mengetahui jenis kulitmu, mulailah mencari produk dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhannya.

1 dari 3 halaman

Kandungan skincare sesuai jenis kulit

Memakai Skincare© Shutterstock

Jika kulitmu kering, pilihlah produk dengan kandungan yang melembapkan, seperti asam hyaluronat. Untuk kulit berminyak, pilihlah produk dengan kandungan yang mampu mengontrol produksi minyak alami wajah, seperti asam salisilat dan teh hijau.

Namun jika kulitmu cenderung kombinasi, pilihlah produk dengan kandungan yang bisa menutrisi wajah, seperti niacinamide dan vitamin C. Setelah mengetahui kandungan yang tepat, pilih formula produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2 dari 3 halaman

Memilih formula pelembap yang tepat

Kamu bisa mengikuti saran dalam video TikTok unggahan Dermatologis, Kamila Jaidi jika ingin memilih formula pelembap yang tepat. Untuk kulit kering, Kamila menyarankan memakai pelembap yang berbahan dasar ointment atau lotion dan hindarilah kandungan alkohol.

Jika kulitmu berminyak, pilih pelembap berbahan dasar gel atau krim dan hindari produk dengan bahan dasar ointment. Sedangkan untuk tipe kulit kombinasi, hindarilah pelembap berbahan dasar gel dan pakailah yang bahan dasarnya lotion.

Setelah menemukan produk yang tepat, gunakanlah secukupnya di pagi dan malam hari agar kulitmu tetap sehat serta ternutrisi. Pemakaian produk yang terlalu sedikit atau banyak hanya akan membuat kulitmu bermasalah.

Beri Komentar