19 Kuliner Jakarta Legendaris Rekomendasi Traveloka Eats

Reporter : Ayu Siti Rachma
Selasa, 29 Mei 2018 08:00
19 Kuliner Jakarta Legendaris Rekomendasi Traveloka Eats
Yuk, langsung saja lihat daftar yang telah disusun Traveloka Eats di bawah ini sebagai panduan wisata kuliner di Jakarta. Lumayan bisa kamu datangi saat libur lebaran nanti!

Dream - Sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta menyimpan banyak kuliner lezat dan menarik yang bisa kamu eksplor. Mulai dari soto Betawi hingga es krim bisa kamu temukan di Jakarta. Beberapa kuliner Jakarta bahkan ada yang sudah berdiri selama berpuluh-puluh tahun, sehingga dikenal legendaris banget di kalangan warganya.

Nah, mengingat ada banyak kuliner Jakarta yang tersedia, wajar kalau kamu bingung harus mengunjungi tempat makan yang mana dulu. Tenang aja, kamu bisa melihat daftar rekomendasi di bawah ini yang telah disusun berdasarkan ulasan terbaik di Traveloka Eats. Platform satu ini bisa membantu kamu menentukan destinasi kuliner melalui berbagai review-nya.

Yuk, langsung saja lihat daftar yang telah disusun Traveloka Eats di bawah ini sebagai panduan wisata kuliner di Jakarta. Lumayan bisa kamu datangi saat libur lebaran nanti!

1. Sate & Sop Kambing H. Mansyur

 Sate & Sop Kambing H. Mansyur

Photo credit: @terus_habis (Instagram)

Bila membahas soal sate dan sop kambing, H. Mansyur adalah jagonya. Tak hanya harga yang terjangkau, rasa makanan di Sate & Sop Kambing H. Mansyur ini terkenal lezat banget. Bagi kamu yang mau ke sini, tentu saja wajib untuk mencoba dua menu tersebut. Tetapi kalau kamu tidak mau coba yang kambing, bisa juga ambil menu sate ayam. Satu porsinya kamu bisa
melahap 10 sate lezat dengan bumbu khas H. Mansyur.

Alamat tempat makan ini ada di Jalan KH Abdullah Syafei RT 12/RW 9, Bukit Duri. Kamu yang mau mengunjunginya setidaknya harus bawa uang Rp100.000 untuk dua orang. Soalnya, menu di restoran ini harganya memang tak bisa dikatakan murah. Untuk per porsi sate kambing kamu harus merogoh kocek sebesar Rp40.000, sedangkan untuk sate ayam dan sop
kambingnya, kamu bisa menyiapkan Rp35.000. Datanglah pada pukul 11:00 – 22:00 untuk mencobanya.

Foodies yang mau ke sini sebaiknya datang agak pagi karena tempat ini sangat ramai. Apalagi ketika tempat ini cocok banget dijadikan destinasi sarapan bareng pacar atau keluarga setelah olahraga pagi di akhir pekan. Setelah olahraga, kamu bisa langsung cus ke tempat kulineran satu ini. Kalau kamu mau reservasi, bisa menghubungi nomor (021) 8357053 agar
kehabisan tempat.

2. Gado-gado Bonbin

 Gado-gado Bonbin

Photo credit: @peebemratih (Instagram)

Terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Cikini 4 No 5, Gado-gado Bonbin adalah tempat makan yang cocok banget untuk sarapan. Apalagi setelah kamu olahraga pagi bareng keluarga atau teman. Meski namanya Gado-gado Bonbin, makanan yang paling dapat rating tinggi di tempat ini adalah asinannya. Jadi, selain pesan gado-gado ada baiknya kamu juga mencoba asinan untuk dimakan bareng-bareng di restoran yang buka mulai 10:00 – 17:00 ini.

Per porsi makanan di sini tak bisa dikatakan murah untuk ukuran restoran kecil, jadi sebaiknya jangan membawa uang pas. Bagi kamu yang mau cobain kuliner Jakarta ini, setidaknya siapkan uang Rp100.000 untuk dua orang. Tapi kalau kamu kurang berselera makan gado-gado atau asinan, mi ayam dan lontong di tempat ini juga terkenal lezat. Karena tempatnya tergolong kecil, kamu bisa menghubungi (021) 2942484 lebih dulu agar tidak perlu mengantre.

3. Soto Betawi H. Ma’ruf

 Soto Betawi H. Ma’ruf

Photo credit: @adhyaksabagaskara (Instagram)

Kalau berada di Komplek Taman Ismail Marzuki, tak ada salahnya untuk mampir ke Soto Betawi H. Ma'ruf. Tempat makan ini terkenal legendaris karena sudah berdiri cukup lama di Jalan Cikini Raya No 73. Rasa sotonya cukup lezat dengan harga Rp44.000 saja. Meski tempatnya tidak terlalu besar, kamu tak perlu takut akan mengantre. Jadi, aman kok didatangi bersama keluarga kapan saja mulai jam 09:00 – 23:00.

Selain soto, di tempat ini kamu juga bisa mencicipi dua makanan lain yang jadi favorit reviewer Traveloka Eats. Menu andalannya adalah laksa dan sate Betawi. Masing-masing diberi harga Rp30.000 dan Rp50.000. Jadi, kamu setidaknya harus menyiapkan uang Rp100.000 per dua orang. Memang tidak tergolong murah, kamu dijamin tak akan menyesal mencobanya. Bagi kamu yang mau coba reservasi bisa menghubungi 021 3148817.

4. Mie Ayam Gondangdia

 Mie Ayam Gondangdia

Photo credit: @miegondangdia (Instagram)

Meski nama restorannya mengandung mi ayam, di Mie Ayam Gondangdia kamu bisa menyantap lebih dari dua puluh jenis masakan. Rata-rata menunya adalah chinese food dengan harga mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000. Untuk mi ayamnya yang terkenal bisa dicoba dengan harga Rp24.000. Jadi, kalau mau datang ke tempat makan ini, minimal kamu harus bawa Rp80.000 per dua orang.

Terletak di Jalan Cikini IV No 12A, Mie Ayam Gondangdia sudah terkenal juara dengan rasa yang ditawarkannya. Namun, karena suasananya bukan seperti kafe kekinian, sebaiknya kamu tidak memilih tempat ini untuk kencan. Mie Ayam Gondangdia lebih tepat untuk dijadikan tempat kumpul keluarga atau teman. Menurut para reviewer di Traveloka Eats, tempat ini dekat dengan daerah macet, jadi kamu bisa jaga-jaga dengan telepon ke (021) 31937835 untuk reservasi.

5. Gandy Steak House

 Mie Ayam Gondangdia

Photo credit: @gandysteakepicentrum (Instagram)

Penggemar steak di Jakarta tak boleh kelewatan makan di restoran ini. Soalnya, Gandy Steak House tidak hanya menawarkan steak enak, tetapi juga suasana vintage yang cocok banget untuk kencan maupun acara keluarga. Ada lima cabang yang bisa kamu kunjungi, jadi tak perlu bingung tentang lokasinya. Gerai yang paling populer terletak di Menteng, Epiwalk, dan Hayam Wuruk. Jam buka masing-masing tempat berbeda, tapi kalau mau aman datang saja pukul 11:00 – 20:00

Menu yang cukup disukai oleh para reviewer di Traveloka Eats adalah Grilled US Sirloin yang bisa kamu santap dengan harga Rp230.000. Harga yang lumayan menguras kantong ini tentu tak akan bikin kamu menyesal. Soalnya, dagingnya empuk dan sausnya luar biasa lezat. Jadi, kalau kamu mau datang berdua ke sini bawalah Rp400.000 ya! Untuk reservasi kamu bisa
melakukannya di nomor (021) 3102542 untuk cabang Menteng dan (021) 6391109 untuk cabang Hayam Wuruk.

6. Bakmi Gang Kelinci

 Gandy Steak House

Photo credit: @bakmigangkelinci.id (Instagram)

 

Foodie yang demen banget sama bakmi wajib makan di Bakmi Gang Kelinci. Ada sebelas cabang yang tersebar di seluruh area Jakarta. Yang terkenal ada di empat area, yakni Pasar Baru, Blok M, Wijaya dan juga Semanggi. Tapi yang punya rating tertinggi di para foodies yang bikin review di Traveloka Eats adalah Bakmi Gang Kelinci Pasar Baru yang terletak di Jalan
Kelinci Raya No 1 – 3. Tempat ini merupakan Bakmi Gang Kelinci pertama yang ada di Jakarta.

Menu paling favorit di tempat makan yang cocok buat didatangi bareng keluarga ini adalah bakmi spesial AK yang bisa disantap dengan membayar Rp24.000. Kalau kamu mau datang berdua bisa menyiapkan uang Rp70.000 agar bisa mencoba minuman dan menu lainnya. Kalau mau datang ke sini, kamu bisa mengunjunginya mulai dari pukul 07:00 – 09:00. Untuk
pemesanan, kamu bisa telepon ke (021) 3522288.

7. Restoran Trio

 Restoran Trio

Photo credit: @restoran_trio (Instagram)

Meski tempatnya tidak bisa dibilang mewah, Restoran Trio yang teletak di Jalan R.P. Soeroso No 29A ini punya reputasi yang bagus, apalagi soal makanannya. Restoran yang sudah jadi favorit sejak 1985 ini menghadirkan lebih dari 20 menu makanan Chinnese food. Tapi karena harganya terbilang cukup mahal (rata-rata di atas Rp50.000) dan suasananya jadul banget, kamu sebaiknya datang bersama keluarga.

Menu favorit di Restoran Trio ini adalah Babi Hong yang bisa kamu santap dengan harga Rp70.000. Untuk berdua, sebaiknya kamu menyiapkan sekitar Rp200.000 dan bisa datang mulai pukul 10:00 – 14:00, kemudian Restoran Trio buka lagi pada pukul 17:00 – 21:30. Karena tempatnya tidak besar dan ber-AC, bagi kamu yang enggan makan di tempat bisa memesan melalui telepon di (021) 31936295.

8. Bubur Kwang Tung

 Bubur Kwang Tung

Photo credit: @bubur_kwangtung (Instagram)

Bagi yang suka makan bubur, kamu bisa mengunjungi Bubur Kwang Tung yang terletak di Pecenongan, Senopati, dan Kelapa Gading. Tempat menyantap bubur ini dikenal luas karena sudah menjadi favorit banyak orang. Tapi, jangan pikir bubur di sini cuma bubur yang diberi topping ala kadarnya. Bubur Kwang Tung menyajikan menu dengan isi yang melimpah. Menu favorit di sini adalah bubur ayam yang dijual dengan harga Rp40.000.

Untuk berdua, setidaknya kamu harus membawa uang sekitar Rp150.000 agar bisa menyantap menu lain di tempat ini. Tak hanya bubur, Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam untuk cabang Pecenongan ini juga menyediakan menu lainnya seperti nasi goreng atau cah kailan. Tempatnya cocok banget untuk dibuat santap pagi bareng keluarga. Kalau kamu mau pesan sebelum datang, kamu bisa menghubungi (021) 3865688 untuk cabang Pecenongan dan (021) 72796299 untuk Senopati.

9. Roti Bakar Eddy

 Roti Bakar Eddy

Photo credit: @rotibakareddy (Instagram)

Mau makan yang hangat tapi bikin kenyang saat malam hari? Roti Bakar Eddy yang terletak di Jalan Raden Patah No 11 ini bisa jadi pilihan kamu. Soalnya, tempat makan ini buka pukul 06:30 – 02:30. Cocok banget untuk nongkrong sepulang kerja bareng teman-teman kamu.

Di sini kamu tak hanya bisa makan menu favorit roti bakar aneka rasa yang hangat dengan harga murah (Rp12.000 hingga Rp14.000 per porsinya), tetapi juga menu berat seperti sate ayam dan nasi goreng. Rata-rata harga di tempat makan ini di bawah Rp20.000 saja. Jadi, kamu perlu bawa Rp50.000 untuk makan berdua. Murah banget, kan? Kalau kamu mau coba
pesan, bisa menghubungi nomor (021) 97520002.

10. Fish Streat

 Fish Streat

Photo credit: @fishstreat (Instagram)

Kalau kamu lagi di sekitar Pondok Indah, tak ada salahnya kulineran di Fish Streat yang terletak di Jalan Pinang Emas 1, Blok UT No 14 ini. Menurut para reviewer di Traveloka Eats, makan di sini tak hanya murah tetapi porsinya juga memuaskan. Apalagi tempatnya nyaman banget, sehingga cocok buat kamu kencan atau nongkrong bareng teman.

Menu paling populer di sini adalah Fish n Chips yang dihargai cuma Rp29.000. Jadi, untuk berdua kamu cukup membawa Rp70.000 saja. Tapi, karena menunya beragam dan enak-enak, ada baiknya kamu membawa lebih. Untuk dibawa pulang, kamu bisa telepon ke 081210793331. Kamu juga bisa cobain menu yang jadi Special Offer khusus bagi para pengguna aplikasi Traveloka di smartphone dari Fish Streat. Ada empat menu yang ditawarkan dengan potongan harga lumayan.

Menu pertama adalah Fish n' Chips plus minum yang dijual dengan harga Rp42.845 (dari harga asli Rp45.100). Kemudian ada Small Platter plus minum yang bisa kamu santap cukup dengan Rp45.000 (dari harga asli Rp55.000). Yang ketiga adalah satu porsi Fish & Creamy Pasta plus satu minum, dijual dengan harga Rp43.296 (harga asli Rp 52.800). Sedangkan, menu
terakhir adalah Fish & Marinara dan satu minum, bisa kamu coba dengan harga Rp39.688 (dari harga asli Rp 48.400).

11. Joni Steak

 Joni Steak

Photo credit: @jonisteak_resto (Instagram)

Kalau mencari daging steak yang empuk dan enak, Joni Steak tempatnya. Terletak di Jalan H Samanhudi No 65, kamu bisa mencoba daging steak yang menurut reviewer Traveloka Eats aman untuk yang lagi sakit gigi. Hebat banget, kan? Menu favorit di tempat yang cocok buat kencan atau nongkrong sama teman ini adalah Tenderloin Steak yang dijual dengan harga
sekitar Rp70.000 saja. Untuk makan steak berdua, kamu cuma perlu membawa bujet sekitar Rp200.000 saja.

Kalau mau reservasi atau takeaway, kamu bisa menghubungi nomor (021) 3500691 atau (021) 34831213. Tempat ini buka pukul 11:00 – 24:00, sehingga cocok banget dijadikan destinasi makan malam kamu. Tapi bagi yang tidak menyukai suasana panas di tempat makan, ada baiknya kamu coba makan di ruang outdoor dari Joni Steak. Pasalnyanya, AC di tempat ini
dikatakan kurang sejuk, terlebih saat pengunjung padat.

12. Bebek Kaleyo

 Bebek Kaleyo

Photo credit: @jepit_ijo (Instagram)

Tempat makan yang terletak di Jalan Cempaka Putih Raya 108 ini dipuji-puji oleh reviewer Traveloka Eats sebagai bebek yang punya rasa khas. Ada beberapa lokasi lainnya yang bisa kamu kunjungi dan tersebar luas di Jakarta, tapi lokasi di Cempaka Putih ini adalah pusatnya. Kamu yang mau makan di sini wajib mencoba menu Bebek Goreng Utuh yang jadi
favorit. Harganya Rp49.000 untuk porsi empat orang.

Karena porsinya besar, kalau makan di Bebek Kaleyo lebih baik ajak saja keluarga atau beberapa teman kamu agar lebih seru. Per dua orangnya, kamu bisa menyiapkan bujet sebesar Rp100.000 – Rp200.000 Cukup terjangkau, bukan? Ada beberapa menu lain juga di tempat ini, tapi mayoritas merupakan spesialisasi aneka bebek dengan bumbunya yang lezat. Untuk reservasi atau takeaway, kamu bisa menghubungi Bebek Kaleyo di (021) 42873000 atau (021) 42875000.

Jam bukanya pukul 11:00 – 23:00 untuk hari Senin hingga Sabtu. Tapi untuk kamu yang datang ke cabang Kaleyo Satu (Cempaka Putih), kamu bisa datang pukul 18:00 – 24:00. Restoran ini tutup di hari Minggu, jadi jangan sampai kamu salah datang ya. Kalau kamu yang lagi berada di jalan tol dan mau cobain Bebek Kaleyo juga bisa. Karena cabang keenam belas
Kaleyo terletak di Jalan Akses Tol Karawang Barat.

13. Sate Maranggi Ibu Yayah

 Sate Maranggi Ibu Yayah

Photo credit: @satemaranggi_ibuyayah (Instagram)

Meskipun tempatnya sederhana, Sate Maranggi Ibu Yayah yang terletak di Pasar Modern Grand Wisata Blok PR1 No 19, Jalan Raya Mustika Jaya, Duren Tiga ini memiliki suasana yang cukup nyaman. Kalau kamu sedang mencari alternatif tempat makan kenyang untuk berdua, restoran ini bisa jadi pilihanmu. Sate Maranggi Ibu Yayah punya lebih dari sepuluh jenis makanan yang bisa kamu santap seperti sate sapi, kambing, dan ayam.

Menu yang paling populer di tempat ini adalah Sate Maranggi Sapi Special yang bisa kamu santap hanya dengan Rp32.000 saja. Bila kamu datang bersama dua orang, setidaknya kamu harus menyiapkan Rp100.000 karena rata-rata per orang biasanya akan menghabiskan kurang lebih Rp50.000. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini pukul 11:00 – 22:00. Perlu diketahui juga kalau kuliner Jakarta ini tidak membuka cabang. Kalau mau takeaway, kamu tinggal telepon ke 085102262171.

14. RM Pondok Djaja

 RM Pondok Djaja

Photo credit: @aboutfood_123 (Instagram)

Terletak di Jalan Hasim Ashari No 13, Gambir, kamu bisa menyantap aneka menu rumahan khas Padang di RM Pondok Djaja. Harganya cocok untuk kantong di tanggal tua dan tempat ini cocok banget didatangi oleh kamu dan teman-teman saat makan siang. Menu favoritnya adalah Ayam Gulai yang bisa kamu santap cuma dengan Rp23.000. Porsinya lumayan dan tempat ini adalah salah satu tempat makan padang tertua di Jakarta. Menarik banget, kan?

Kalau berniat datang berdua, kamu cukup menyiapkan uang kurang lebih Rp80.000. Selain itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan jam kunjungan karena RM Pondok Djaja hanya buka pukul 11:00 – 16:00. Kalau kamu tak mau kehabisan, bisa juga memesan takeaway di (021) 6333662.

15. Nasi Uduk Gondangdia

 Nasi Uduk Gondangdia

Photo credit: @nasiudukgondangdia (Instagram)

Wanginya nasi uduk yang disajikan di Nasi Uduk Gondandia membuat reviewer Traveloka Eats memberikan rating tinggi untuk tempat ini. Terletak di Jalan Cikini IV No 12, kamu harus memesan nasi uduk plus daging yang dijual dengan harga Rp20.000 di restoran ini. Tapi, karena suasana tempatnya yang bukan tempat makan romantis, kamu sebaiknya datang ke sini bersama keluarga atau teman aja.

Kamu bisa datang ke Nasi Uduk Gondangdia pukul 10:00 – 23:00. Untuk makan berdua, kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp70.00 – Rp100.000, tergantung dari berapa banyak lauk yang kamu tambahkan pada menu. Kalau mau takeaway, kamu bisa langsung telepon ke (021) 98566900 atau 081377745555.

16. Bubur Ayam Cikini H. Sulaiman

 Bubur Ayam Cikini H. Sulaiman

Photo credit: @rb.eats (Instagram)

Hal yang bikin bubur ayam ini populer banget adalah tempatnya yang terletak di dekat stasiun MRT Cikini. Jadi, kuliner Jakarta ini pun mudah diakses oleh banyak orang. Tepatnya di Jalan Cikini Raya, kamu wajib coba bubur ayam plus telur yang jadi menu favorit para reviewer Traveloka Eats. Bisa kamu santap dengan harga hanya Rp20.000. Tempat makan yang
dibuka 07:00 – 11:00 dan 17:00 – 02:00 bisa kamu datangi berdua dengan membawa uang sekitar Rp50.000. Cukup terjangkau, bukan?

Kalau mau datang, sebaiknya datanglah pada pagi hari ataupun tengah malam. Jadi, kamu tak perlu antre lama-lama di tempat populer ini. Bubur Ayam Cikini H. Sulaiman cocok buat dijadiin tempat kumpul kamu dan teman-teman pascalemburan. Selain bubur ayam, kamu juga bisa menikmati aneka martabak lezat di sini. Kalau mau pesan untuk takeaway, kamu tinggal telepon ke 082311764588.

17. Pempek Megaria

 Pempek Megaria

Photo credit: @michaelblisss (Instagram)

Tempat makan pempek satu ini sudah terkenal sejak cukup lama, jadi kamu gak perlu meragukan kelezatannya. Menunya yang paling favorit adalah Kapal Selam yang bisa kamu coba dengan harga Rp24.000. Jadi, kalau datang berdua kamu cukup bawa Rp50.000 – Rp70.000 saja. Kalau mau datang ke Pempek Megaria, kamu bisa menuju Metropole 21, Jalan
Pegangsaan Timur No 21 setiap pukul 12:00 – 21:00.

Ada reviewer Traveloka Eats yang mengatakan kalau bumbu di tempat ini lebih ke rasa manis daripada pedas. Jadi, kalau kamu suka banget sama pempek dengan bumbu manis, jangan sampai lewatin Pempek Megaria, ya! Tapi kalau tidak, jangan kaget. Tempat ini cocok buat didatangi sama keluarga atau rombongan bareng teman sepulang kerja. Untuk takeaway, kamu
tinggal menghubungi 021 3910921.

18. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

 Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Photo credit: @generasigendut (Instagram)

Ada banyak cabang dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini, tapi yang paling terkenal adalah yang ada di Kebon Sirih, tepatnya di Jalan Kebon Sirih Barat, Menteng. Kamu bisa mencoba makan nasi goreng tengah malam di tempat ini karena bukanya mulai pukul 17:00 – 02:00. Untuk soal harga, nasi goreng kambing satu porsi di sini diharga Rp27.000. Porsinya
cukup besar, sehingga akan membuat kamu kenyang banget. Kalau kamu mau takeaway bisa menghubungi nomor
0811190775.

Per dua orangnya, kamu setidaknya perlu bawa uang sekitar Rp70.000 – Rp100.000. Bagi kamu yang mau ke sini juga sebaiknya tidak datang dengan terlalu banyak rombongan. Soalnya, lokasinya kurang memadai untuk orang banyak. Jadi, sebaiknya kamu bisa datang ke sini dengan satu atau dua orang temanmu saja.

19. Cut The Crab

 Cut The Crab

Photo credit: @meeth4 (Instagram)

Suka kepiting? Segera cobain makan di Cut The Crab yang terletak di Ruko Garden House, Blok B No 1 - B, Bukit Golf Mediterania ini. Buka pukul 11:00 – 24:00, kamu pun bisa reservasi tempat atau takeaway di (021) 29033519. Tempat ini punya nuansa nyaman ini, cocok didatengin semua kalangan baik pacar, teman, maupun keluarga. Menu paling populer di sini
adalah Double Trouble two crab dengan harga Rp250.000

Untuk berdua, setidaknya kamu harus membawa uang Rp350.000. Di sini, kamu tak perlu takut tangan yang kotor karena makan kepiting karena Cut The Crab menyediakan sarung tangan. Jadi, kamu bisa langsung lepas sarung tangannya ketika selesai makan dan tak ada ceritanya tangan yang bau amis. Enak, kan? Jangan lupa juga untuk memesan special offer dari Traveloka Eats yang menawarkan set meal untuk dua orang dengan harga Rp208.500 saja.

Dari sederet daftar kuliner Jakarta di atas, mana yang paling ingin kamu coba lebih dulu? Atau jangan-jangan kamu sudah pernah coba beberapa di antaranya? Semoga kuliner-kuliner tersebut cocok dengan selera kamu, ya. Jangan lupa ajak teman-teman atau keluarga biar kamu bisa saling mencicipi menu yang dipesan. Selamat berwisata kuliner!

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary