3 Mie Khas Korea yang Terkenal Kelezatannya

Reporter :
Kamis, 20 Juni 2019 10:12
3 Mie Khas Korea yang Terkenal Kelezatannya
Sejumlah hidangan mi Korea menawarkan variasi pada daging, kaldu, sayuran, dan jenis mi yang digunakan.

Dream - Selain nasi, mie juga termasuk makanan pokok warga Korea. Biasanya disajikan dengan ditumis, siraman kuah hangat atau dalam kondisi dingin. Bumbunya sangat khas dan kaya rempah.

Pada menu Korea, sebagian besar hidangan mie akan disebut dengan 'myeon' atau 'gooksu'. Kata 'myeon' berasal dari 'mien' dalam bahasa China, yang berarti mi.

Mie di Korea dapat dibuat dari tepung ubi jalar, tepung terigu, tepung jagung, tepung beras, dan tepung biji-bijian.

Secara umum, sejumlah hidangan mi Korea menawarkan variasi pada daging, kaldu, sayuran, dan jenis mie yang digunakan. Ada tiga hidangan mie di Negeri Ginseng ini yang terkenal dengan kelezatannya. Apa saja?

1 dari 7 halaman

Japchae

Mi tumis Korea yang sangat terkenal adalah chapchae atau japchae. Berupa mi yang transparan, terbuat dari tepung ubi jalar.

 Japchae

 

Ditumis dengan minyak wijen, kecap ikan, gochujang yaitu pasta pedas korea, sayuran, daging, dan jamur. Untuk sajian lengkap biasanya ditaburi wijen kering dan irisan telur.

2 dari 7 halaman

Mul Naengmyun

Naeng myun atau naengmyoen adalah hidangan dingin Korea yang terbuat dari mi soba tipis, dengan tekstur sedikit kenyal. Biasanya disajikan dengan telur, daging, sayuran, dan kaldu cuka dingin yang gurih.

 Mul Naengmyun

Sajian ini berasal dari kawasan pegunungan Korea bagian utara sebagai makanan pokok musim dingin.

Gandum hitam, bahan dasar mi soba tumbuh dengan subur di dataran tinggi Korea. Mi ini juga menu favorit saat masuk musim panas di Korea.

3 dari 7 halaman

Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah salah satu hidangan mi paling populer di Korea. Enak dan bikin kenyang serta harganya sangat terjangkau. Mi hitam ini juga jadi makanan praktis saat datang dinginnya malam.

 Jajangmyeon

Menu ini merupakan adaptasi Korea dari hidangan mi kacang hitam yang berasal dari China. Versi Korea dari Jajangmyeon dibuat dengan saus berwarna hitam yang terbuat dari kedelai panggang.

Sumber: The Spruce Eat

4 dari 7 halaman

Bumbu Dasar yang Wajib di Dapur Warga Korea

Dream - Makanan Korea kini mulai disukai warga Indonesia. Paduan rasa pedas dan asam khas Korea memang sangat cocok untuk lidah Asia.

Tak hanya itu, masakan Korea juga dikenal dengan campuran bumbu dan bahan yang menyehatkan.

 Bumbu Dasar yang Wajib di Dapur Warga Korea

Tak heran kalau kini mulai banyak warga Indonesia yang membuat masakan negeri Ginseng itu. Sahabat Dream juga termasuk penggemar masakan Korea?

Nah, jika suka mencoba resep-resep masakan Korea, pastikan bahan-bahan berikut ada di dapur.

5 dari 7 halaman

3 Bumbu Jang

Pastikan ada beberapa jenis bumbu Jang, karena bumbu pasta ini digunakan di hampir sebagian besar masakan Korea. Jang adalah saus yang dibuat dari kedelai yang difermentasi, atau disebut meju.

 Bumbu Jang

(Foto: Michelle Min)

Ada banyak jenis Jang, tetapi ada yang selalu ditemukan di setiap dapur di Korea yaitu Ganjang (kecap), Doenjang (pasta kedelai), dan Gochujang (pasta kedelai dengan cabai).

6 dari 7 halaman

Gajeun Yangnyeom

Merupakan campuran rempah dan bumbu kaya rasa. Setiap ibu di Korea memiliki campuran bumbu mereka sendiri yang mereka masukkan ke gajeun yangnyeom mereka. Biasanya merupakan bahan penting untuk membuat tumisan sayur.

 Gajeun

(Foto: Michelle Min)

Terdiri dari campuran rasa asin, manis, pedas dan gurih. Contohnya campuran bawang putih halus, daun bawang, bubuk cabai dan biji wijen.

7 dari 7 halaman

Jangan Lupa 2 Bumbu Berikut

Gochugaru

  Gochugaru

(Foto: Michelle Min)

Gochugaru atau bubuk cabai, juga jadi andalan dalam masakan Korea. Warnanya merah pekat dan terbuat dari cabai dan pilihan rasanya beragam, ada yang tak terlalu pedas dan sangat pedas.

Begitu juga teksturnya, ada yang sangat halus atau kasar. Biasanya digunakan untuk membuat kimchi atau acar sayuran khas Korea agar warnanya merah menggoda.

Sirup Plum

 Sirup plum

(Foto: Michelle Min)

Maesil cheong, atau sirup plum, digunakan sebagai pengganti gula karena dianggap lebih sehat. Terbuat dari buah plum hijau yang akan menambah sensasi rasa yang kaya. Efeknya seperti memberikan cuka pada masakan.

Sumber: Serious Eats

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal