8 Makanan yang Bantu Tingkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 5 Agustus 2020 13:46
8 Makanan yang Bantu Tingkatkan Kesuburan Pria dan Wanita
Jenis makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.

Dream – Jenis makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh bagi kondisi tubuh. Begitu pula untuk mengoptimalkan kesuburan bagi pasangan yang ingin mendapatkan momongan.

Tingkat kesuburan juga dapat bergantung pada nutrisi yang masuk ke tubuh. Wanita juga harus bisa menjaga kesehatan sel telur (ovarium). Telur yang sehat dalam ovariumnya menentukan keteraturan siklus menstruasi, kesuburan di masa depan, dan kemampuan untuk hamil.

Inilah peran penting dari asupan makanan yang dikonsumsi. Dan menjadi bagian dari upaya pasangan suami istri. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang membantu meningkatkan kesuburan.

1 dari 8 halaman

Kacang-Kacangan

Kacang© Pexels.com

Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi dan kaya akan protein. Kandungan inilah yang dapat membantu meningkatkan ovulasi.

Wanita yang mengonsumsi protein dari sumber nabati, cenderung lebih teratur dalam mendapatkan siklus haid bulanan.

Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Dan membantu pembuahan serta perkembangan embrio yang sehat.

2 dari 8 halaman

Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari© Pexels.com

Tak hanya wanita yang harus meningkatkan kesuburannya, namun juga bagi pria. Pria harus dapat menjaga kesehatan reproduksinya. Dan salah satunya dengan mengonsumsi biji bunga matahari.

Biji bunga matahari dapat mempertahankan kadar sperma tanpa harus membuat perubahan pola makan. Selain itu, kandungan vitamin E pada biji bunga matahari menjadi nutrisi penting untuk meningkatkan jumlah sperma dan motilitas.

Biji bunga matahari juga mengandung asam folat dan selenium yang merupakan nutrisi bagi kesuburan pria.

3 dari 8 halaman

Berbagai Jenis Buah Berry

Buah Berry© Pexels.com

Berry adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Buah-buahan ini kaya akan antioksidan. Dan sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Berbagai jenis berry seperti, rasberry, blueberry, dan strawberry semuanya mengandung antioksidan alami dan anti-inflamasi. Dua komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan. Baik bagi wanita dan pria.

Buah ini juga banyak mengandung vitamin C dan asam folat yang membantu pertumbuhan janin yang lebih sehat setelah terjadinya pembuahan.

4 dari 8 halaman

Alpukat

Alpukat© Pexels.com

Alpukat mengandung vitamin K yang membantu tubuh secara efektif menyerap nutrisi sambil menjaga keseimbangan hormon. Alpukat juga tinggi kalium, kunci untuk mengatur tekanan darah.

Alpukat juga terdiri dari lemak tak jenuh (lemak sehat) yang menawarkan banyak serat dan asam folat. Yang sangat penting untuk tahap awal kehamilan.

5 dari 8 halaman

Quinoa

Quinoa© Pixabay.com

Quinoa adalah gandum yang bebas dari karbohidrat. Meskipun begitu, quinoa juga merupakan sumber protein dan asam folat.

Kandungan-kandungan inilah yang membantu mempertahankan pertumbuhan janin yang sehat. Selain itu quinoa juga mengandung asam amino yang biasanya terdapat dalam daging yang juga penting untuk bantu tingkatkan kesuburan.

6 dari 8 halaman

Yogurt

Yogurt© Pixabay.com

Makanan selanjutnya yang dapat membantu meningkatkan kesuburan adalah yogurt. Kandungan dalam makanan ini sangat baik selama menjalani program hamil.

Selain itu, yogurt ini mengandung vitamin D dan probiotik yang membantu folikel di indung telur matang dengan baik, memperkuat tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi yogurt, peluang untuk mendapatkan kehamilan akan semakin besar. Karena siklus ovulasi yang tepat.

7 dari 8 halaman

Salmon

Salmon© Pexels.com

Salmon memiliki kandungan asam lemak, omega 3, vitamin D, dan selenium yang diketahui dapat membantu pria dan wanita meningkatkan kemampuan reproduksi.

Pada wanita, salmon juga dapat membantu meningkatkan kesehatan perkembangan janin. Pria juga mendapat manfaat dari mengonsumsi salmon karena vitamin D dan seleniumnya yang tinggi.

Dua komponen ini dapat meningkatkan kadar semen dan meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria.

8 dari 8 halaman

Telur

Telur© Pexels.com

Telur merupakan sumber yang baik bagi vitamin B dan protein. Kandungan omega yang kaya dari telur diketahui baik bagi kesuburan pria dan wanita.

Asam folat adalah vitamin B-kompleks yang membantu membuat sel darah merah selama kehamilan. Menyediakan kondisi terbaik bagi embrio untuk bertahan.

Omega-3 juga akan meningkatkan kesehatan embrio dan membantu mempertahankan perkembangannya setelah pembuahan.

(Sumber: laurelfertility.com)

Beri Komentar